Sukses

4 Cara Redakan Nyeri Punggung

Jika sakit bagian punggung dibiarkan, lambat laun kondisi turut memengaruhi kualitas hidup pasien.

Liputan6.com, Jakarta Menderita sakit punggung memang tidak mengenakkan. Jika dibiarkan, lambat laun kondisi ini turut memengaruhi kualitas hidup pasien. Karenanya, redakan segera sakit pada punggung Anda dengan cara-cara sederhana.

Posisi tegak dengan postur tubuh sempurna, di mana kepala, bahu, pinggul, dan kaki berada pada garis lurus yang sama terasa sulit untuk dipertahankan dalam jangka waktu yang lama. Karena itu, kita kerap membungkukan punggung untuk merasakan nyaman.

Berikut kiat-kiat sederhana yang dapat Anda lakukan untuk meredakan sakit punggung, seperti dikutip Health Me Up, Kamis (4/9/2014)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1



1. Jangan membungkuk

Membungkuk merupakan cara termudah untuk membuat punggung Anda terasa sakit. Terlebih bila membungkuk dilakukan dalam waktu yang lama.

Biasanya, tindakan kecil yang tanpa kita sadari mampu membuat punggung sakit adalah menggosok gigi di atas wastafel, dan dilakukan lebih dari 1 menit. Ternyata, sikap seperti ini mampu meningkatkan tekanan pada punggung hingga 50 persen.

3 dari 5 halaman

2



2. Tetap bergerak

Ketika punggung terasa sakit, di antara kita ada yang memilih untuk meredakannya dengan cara berbaring di atas tempat tidur. Sebuah studi menunjukan, bila punggung terasa sakit melakukan aktivitas fisik sederhana adalah kunci untuk meredakannya.

Tidak perlu melakukan gerakan yang berat, cukup berjalan selama 20 menit dengan menggerakan tangan, mampu membuka otot dan meningkatkan sirkulasi yang membantu bahu, lengan, dan punggung sembuh dari rasa nyerinya.

4 dari 5 halaman

3



3. Menambahkan bantal

Jika tidur dalam posisi telentang, kita dapat meningkatkan sirkulasi ke tubuh dengan menaruh bantal di bawah lutut. Jika kita tidur dalam posisi miring, taruhlah bantal di antara paha untuk menjaga darah tetap mengalir, dan mengurangi rasa sakit ketika kita beristirahat.

5 dari 5 halaman

4



4. Meditasi sederhana

Duduklah dalam posisi diam dan fokus serta mengatur pernapasan selama beberapa menit, agar kita  merasa santai. Dengan begitu, kita dapat membantu mencegah terjadinya sendi dan kaku pada bagian punggung. Bila cara meredakan sakit punggung di atas dapat dilakukan dengan benar, maka akan membantu meningkatkan keseimbangan dan mobilitas seseorang kian aktif.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini