Sukses

Kenya Beri Larangan Perjalanan ke 3 Negara Sumber Ebola

Sabtu 16 Agustus pekan lalu, Pemerintah Kenya memutuskan melarang parjalanan (travel ban) penumpang / orang dari 3 negara episenter Ebola

Liputan6.com, Jakarta Sabtu 16 Agustus pekan lalu, Pemerintah Kenya memutuskan melarang parjalanan (travel ban) penumpang / orang dari 3 negara episenter Ebola, yaitu Guinea, Sierra Leonne dan Liberia.

Selain Kenya, Nigeria, Zambia dan Pantai Gading juga memberlakukan pembatasan perjalanan amat ketat.

Di pihak lain, Nigeria terpaksa menarik atletnya yang diikutkan di Youth Olympic di Nanjing Tiongkok, karena ada kebijakan dari panitia penyelenggara.

Beberapa perusahaan penerbangan juga membatasi penerbangan ke negara terjangkit atau sekitarnya, seperti British Airwyas, Emirates dan Korean Airlines.

Sementara itu, Presiden Obama sudah memerintahkan penarikan keluarga dari diplomat Amerika yang bertugas di Liberia dan Sierra Leonne.

Dari kacamata klinik, hari-hari terakhir pasien ebola, sebelum meninggal, amat mengenaskan‎.Pasien akan mengeluh nyeri otot hebat, muntah dan diare berat, serta perdarahan luas yang digambarkan sebagai "bleeding out", akibat organ-organ dalam tubuh nya menjadi rusak berat.

Prof Tjandra Yoga Aditama SpP(K), DTM&H, MARS, DTCE
Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan
Kementerian Kesehatan RI

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.