Sukses

Alasan Lebih Pilih Sayur Organik

Berikut alasan untuk meyakinkan Anda memilih sayuran dan buah organik ketimbang hasil panen biasa.

Liputan6.com, Jakarta Harga sayur dan buah organik cenderung lebih mahal dibanding yang biasa. Cara pertanian yang berbeda membuat kandungan nutrisi di dalamnya juga berbeda. Meski tak disebutkan efek terhadap kesehatan, studi terbaru menunjukkan hasil panen organik lebih tinggi antioksidan.
 
Studi yang dipublikasikan British Journal of Nutrition menyebutkan sekitar 17% kandungan antioksidan lebih banyak terdapat di sayuran dan buah yang ditanam secara organik dibandingkan biasa. Dalam studi ini disebutkan bahwa kandungan antioksidan yang tinggi terkait dengan penurunan risiko kanker serta beberapa penyakit lain.
 
Tak hanya itu, cara bertani tanaman organik yang lebih ramah lingkungan membuat hasil panen lebih sedikit mengandung pestisida.
 
"Ini menunjukkan cara menanam berdampak pada panen yang dihasilkan. Sayur dan buah organik lebih kaya antioksidan dengan level kalori yang sama dibanding yang ditanam secara biasa," jelas Carlo Leifert, profesor pertanian ekologi Newcastle University seperti dilansir Time, Minggu (13/7/2014).

Bagaimana, sudah yakin beralih ke hasil panen organik?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini