Sukses

Cuma 3 Negara Ini yang Bisa Uji Lab MERS

Uji laboratorium bukan dilakukan di rumah sakit, melainkan di Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Badan Litbangkes).

Liputan6.com, Jakarta Untuk mengetahui apakah pasien terkena korona atau Middle East Respiratory Syndrome Corona Virus (MERS CoV), uji laboratorium bukan dilakukan di rumah sakit, melainkan di Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Badan Litbangkes).

Seperti penuturan Kepala Badan Litbangkes Kemeterian Kesehatan Republik Indonesia, Prof. Dr. Tjandra Yoga Aditama bahwa yang menentukan apakah pasien menderita MERS itu bukan rumah sakit tapi Badan Litbangkes.

Sedangkan untuk uji labolaboratorium MERS, Tjandra mengatakan, hanya bisa dilakukan dilakukan di tiga negara. "Di Asia, uji laboratorium pasien diduga MERS hanya bisa dilakukan di Indonesia, Thailand dan India," katanya saat dihubungi Liputan6.com, ditulis Sabtu (10/5/2014).

Sebelumnya, meski ancaman virus MERS semakin serius karena banyak orang Indonesia diduga MERS usai pulang dari Tanah Suci, namun Pemerintah RI menyatakan semua hasil laboratorium pasien tersebut negatif. Pemerintah bahkan menegaskan bahwa hingga kini belum ada satupun orang Indonesia yang terpapar virus yang diduga berasal dari unta tersebut. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.