Sukses

Justru Banyak Petugas Kesehatan yang Tertular Virus Korona

Jumlah penderita virus korona sudah mencapai ratusan. Beberapa di antaranya adalah petugas kesehatan.

Liputan6.com, Jakarta Jumlah penderita virus korona atau Middle East Respiratory Syndrome Corona Virus (MERS CoV) sudah mencapai ratusan. Beberapa pasien di antaranya ternyata petugas kesehatan. Seperti halnya petugas kesehatan asal Amerika yang tertular korona saat bertugas di Arab Saudi.

Kepala Pusat Kesehatan Haji, Dr. dr. Fidiansyah, Sp.KJ, MPH mengatakan, bahwa hal itu wajar karena sifat virus bekerja pada orang yang daya tahan tubuhnya lemah. Dan petugas kesehatan adalah orang-orang yang selalu terlibat dengan para penderita. Pasti mereka tak luput dari penularan itu.

"Setiap pelayanan kesehatan pasti mengundang kuman. Kita sebut infeksi nosokomial. Semua ruangan  oleh pasien yang dirawat pasti ada kumannya," kata Fiansyah pada Tim Health Liputan6.com, ditulis Rabu (7/5/2014).

Fidiansyah menyampaikan, kondisi petugas kesehatan yang kelelahan juga bisa berisiko tertular virus. Karena mestinya dia diisolasi dan menggunakan pakaian khusus.

"Masalahnya seringkali petugas kesehatan tidak diisolasi karena pasien masih suspect dan belum ada hasil lab. Apalagi jika pasien dirawat di umum. Interaksi virus yang tinggi mungkin terjadi pada saat itu," kata Fidiansyah.

Fidiansyah menegaskan, petugas kesehatan mestinya aware karena sifat penularan virus yang tidak terlihat. Untuk mencegah tertular virus, petugas kesehatan harus menjaga kebersihan dan kesehaan. /Abd

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.