Sukses

Puskesmas di Makassar Belum Terima Dana JKN?

Akibat dana JKN masih tertahan di Pemerintah Daerah, sejumlah Puskesmas di Makassar, Sulsel belum menerima dana kapitasi.

Liputan6.com, Makassar Akibat dana Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) masih tertahan di Pemerintah Daerah, sejumlah Puskesmas di Makassar, Sulawesi Selatan belum menerima dana kapitasi (klaim BPJS untuk puskesmas). Beberapa Puskesmas pun menyampaikan permasalahan tersebut.

Seperti disampaikan Kepala Puskesmas Kassi Kassi, Makassar, Sulawesi Selatan, Dr. Mariaty Jassin, M, Kes, pada Liputan6.com, Jumat (28/3/2014).

"Ya mau bagaimana, yang jelas layanan tetap jalan. Dan tidak ada perubahan pelayanan ke peserta JKN. kita berupaya untuk itu karena kan sumber dana bukan hanya dari JKN saja tapi juga ada dari APBD kota Makassar sendiri. jadi kalo dana JKN belum keluar kita mengambil dana dari situ," kata Mariaty.

Ditemui di tempat terpisah di Kantor Cabang BPJS Kesehatan Makassar, Ketua Divisi Regional IX, Feri Aulia pun mengakui adanya batasan kewenangan mengenai dana JKN yang mestinya diberikan pada puskesmas sebagai biaya puskesmas atau kapitasi.

"Ada batas kewenangan karena ada ketentuan keuangan daerah. Pada kasus ini, dana JKN masuk kas daerah," ujarnya.

Agar dana JKN bisa segera dikelola Puskesmas di Makassar, Feri berharap Pemerintah mengeluarkan Keputusan Presiden (Kepres) mengenai dana JKN yang bisa langsung diberikan kepada Kepala Dinas Kesehatan yang menunjuk pada bendahara kapitasi di Puskesmas. "Dengan begitu, dana JKN juga bisa optimal bagi pasien," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini