Sukses

Ini Caranya Agar Tetap Menyusui Meski Puting Sakit

Liputan6.com, New Delhi Momen indah ketika menyusui buah hati bisa berubah menyakitkan dan penyebab utamanya biasanya karena nyeri di puting. Ini masalah yang sering dialami perempuan, baik saat mereka hamil atau sedang menyusui.

Perempuan mengalami nyeri puting selama dua minggu pertama menyusui. Apabila bayi Anda menarik puting ke dalam mulutnya, hal ini bisa menyakitkan. Namun, setelah minggu pertama menyusui, ketidaknyamanan ini akan berkurang.

Puting terasa sakit biasanya berkembang karena posisi yang buruk dan bayi tidak benar menghisapnya. Pastikan periksa posisi dan dorong bayi Anda membuka mulutnya dengan lebar dan menempel. Cobalah posisi menyusui yang berbeda.

Selain posisi yang salah, infeksi jamur bisa menjadi penyebab puting sakit.

Puting sakit bisa disebabkan tiga alasan, yakni penyumbatan, pembengkakan payudara atau mastitis. Jika penyebab puting sakit dari dua alasan pertama, Anda tak perlu khawatir. Berikut beberapa langkah agar ibu nyaman menyusui meski puting sakit seperti dilansir Boldsky, Selasa (18/3/2014):

1. Lepas bra

Bra yang tak pas akan menekan payudara Anda dan membuat kulit Anda tak bernapas. Ini bisa membuat masalah menjadi lebih buruk jika kondisi terlalu lembab.

Jika Anad ingin menyusui dengan tepat saat puting sakit, jangan kenakan bra atau baju yang kurang memungkinkan. Semakin sedikit iritasi yang terjadi di puting, akan membantu mengurangi rasa sakit.

Selain itu, semakin banyak udara di puting Anda, akan menyembuhkan daerah yang sakit. Jadi cobalah membuka kedua sisi bra sebelum menyusui.

2. Sering menyusui

Dengan menyusui setidaknya setiap dua jam, ini akan membuat bayi Anda tak kelaparan dan menyakit Anda ketika posisi bayi agresif di payudara Anda.

Langkah lain yang terpenting adalah menyusui bayi Anda di puting yang kurang sakit.

3. Pompa payudara

Pompa payudara Anda atau peras dengan tangan selama dua menit sebelum menyusui bayi Anda. Ini bisa melunakkan payudara Anda dan bisa membantu memanjangkan puting untuk bayi.

Hal ini bisa memberikan pegangan yang lebih baik agar mulut bayi menempel. Sehingga air susu mengalir dengan mudah dan tak akan membuat bayi Anda berusaha keras untuk menyusui.

Memompa payudara sebelum menyusui bisa melindungi pasokan susu dan meningkatkan pasokan susu untuk bayi, yang merupakan pengobatan yang baik untuk puting yang sakit.

4. Arahkan puting ke bayi

Agar bayi lebih baik menempelnya, cobalah mengarahkan puting Anda ke bayi Anda sehingga bayi membuka mulutnya dengan lebar.

Untuk penyembuhan yang lebih baik dan perawatan untuk puting sakit, cobalah arahkan puting Anda ke bibir bayi. Posisi bayi Anda sudah benar apabila dagu dan bibir bayi menyentuh areola dan mulut atasnya menyentuh bagian besar areola.

5. Oleskan ASI

Cobalah oleskan ASI setelah menyusui. Oleskan pada puting dan areola. Ini adalah perawatan yang baik untuk puting sakit karena ASI mengandung antibodi. Ini adalah proses yang cepat untuk menyembuhkan dan mengobati puting sakit.

6. Teh celup hangat

Perlakuan lain untuk puting sakit adalah meletakkan kantong teh ke puting Anda sebelum Anda mulai menyusui. Menggunakan teh celup yang sudah dipakai bisa menjadi cara yang baik untuk menenangkan puting yang sakit.

Loading