Sukses

Agar Lansia Tetap Kuat di Usia Senja, Makanlah Ikan!

Ternyata, makan ikan di usia tua dapat mengurangi kemungkinan terjadinya penyakit medis atau fisik sebesar 39 persen.

Liputan6.com, London Para orang tua yang telah memasuki usia senja, dianjurkan untuk rutin mengonsumsi protein yang berasal dari ikan. Ternyata, makan ikan di usia tua dapat mengurangi kemungkinan terjadinya penyakit medis atau fisik sebesar 39 persen.

Setelah melakukan penelitian terhadap lebih dari 1.000 orang pria dan wanita, para peneliti dari Institut Nasional Kesehatan dan Gizi di Jepang menemukan para lanjut usia yang rutin mengonsumsi ikan lebih mudah menemukan tempat pemberhentian kendaraan umum. Selain itu, mereka juga dapat membayar tagihan rumah tangga seorang diri. Bahkan, para orang tua itu masih mampu mengunjungi teman-temannya dan bersilahturahmi.

Protein merupakan kunci untuk membangun otot yang sangat diperlukan untuk melindungi para orang tua agar tidak jatuh dan patah tulang. Terlebih di dalam ikan, terkandung asam lemak omega-3 yang memiliki manfaat seperti mengurangi rasa sakit akibat radang sendi dan mencegah pikun benar-benar diperlukan lansia.

"Menjaga asupan protein yang lebih tinggi, dapat memberikan kontribusi untuk mempertahankan kapasitas fungsional para lansia," kata peneliti dalam Journal of American Geriatrics Society, seperti dikutip Daily Mail, Rabu (12/3/2014)

Para peneliti mengatakan, meningkatnya kualitas kesehatan lansia berefek pada rumah sakit dan rumah perawatan lain. Dan tentu saja mengurangi biaya pengobatan secara signifikan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini