Sukses

Kisah Heroik Bocah 8 Tahun Tewas Selamatkan 6 Korban Kebakaran

Bocah itu menjadi orang pertama yang mengetahui adanya api besar yang mulai melalap rumah.

Bocah 8 tahun, Tyler Doonhan, menjadi pahlawan dalam peristiwa kebakaran di Penfield, New York, Amerika Serikat. Berkat aksi heroik Tyler, 6 jiwa berhasil selamat dari kebakaran.

Namun sang pahlawan cilik meninggal dalam kebakaran tersebut saat mencoba menyelamakan 1 orang lainnya, yakni pamannya, Steve Smith . Sang paman juga berpulang dalam insiden tersebut.

Dalam laporan media lokal Democrat & Chronicle yang dimuat News.com.au, Kamis (23/1/2014), Tyler dan kakek yang dalam kondisi disabilitas atau keterbatasan fisik itu terjebak di dalam sebuah rumah trailer atau rumah yang terhubung mobil yang terbakar.

Kejadian tersebut terjadi pada Senin 20 Januari dini hari, sekitar pukul 04.45 waktu setempat.

Tyler menjadi orang pertama yang mengetahui adanya api besar yang mulai melalap rumah. Bocah itu langsung bergerak cepat membangunkan 8 orang yang berada di dalamnya.

6 Orang di antaranya, termasuk nenek dan 2 bocah berhasil selamat dari amukan si jago merah. 2 Lainnya, termasuk Steve si paman masih terjebak.

Setelah berhasil membantu 6 orang, Tyler kembali masuk ke dalam rumah mobil yang terbakar untuk menyelamatkan pamannya yang tak memiliki kaki dan memakai kursi roda. Namun nasib nahas menimpa Tyler dan Steve. Keduanya terjebak di dalam rumah dan terbakar.

Kepala Pemadam Kebakaran Penfield, Chris Ebmeyer mengatakan, Tyler dan Steve ditemukan dalam puing-puing sisa kebakaran dengan jarak yang dekat. Polisi juga menemukan 1 orang lain yang tewas terbakar. "Kami juga menemukan kamar tidur dan seorang jenazah pria," ujarnya.

Chris pun memuji sosok Tyler sebagai bocah pemberani yang menyelamatkan 6 orang. "Kalau tidak ada dia, nyawa 6 orang bisa melayang," katanya.

Keenam korban yang selamat langsung dilarikan ke rumah sakit terdekat. Satu di antaranya mengalami luka bakar yang cukup parah. Mereka mengenang sosok Tyler yang telah menyelamatkannya.

Pahlawan cilik itu bukanlah penghuni tetap rumah mobil itu. Dia hanya menginap 1 malam di rumah pamannya saat liburan sekolah dalam peringatan Hari Martin Luther King Jr, tokoh Hak Asasi Manusia (HAM) AS.

Pihak sekolah sangat kehilangan Tyler. Bocah tersebut akan selalu dikenang sebagai pahlawan kebakaran. "Dengan berani tanpa rasa takut, ia mengorbankan hidupnya sendiri. Dia bisa menyelamatkan nyawa keenam orang lainnya. Dia benar-benar pahlawan." (Riz/Sss)

Baca juga:

Pesta Pernikahan Luar Biasa, 1 Mempelai Pria dengan 2 Wanita
Janda Bung Karno Dilaporkan ke Polisi Karena Dituduh Menampar
Heboh `Kelinci` Tersembunyi di Lubang Telinga Patung Mandela

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini