Sukses

Wanita di Ethiopia Mengaku Tak Pernah Makan dan Minum Selama 16 Tahun

Wanita berusia 26 tahun ini menyebut kejadian bermula pada suatu hari ketika dia baru berusia 10 tahun. Saat itu, tiba-tiba nafsu makannya hilang.

Liputan6.com, Addis Ababa - Muluwork Ambaw, perempuan berusia 26 tahun asal Ethiopia, mengaku telah menjalani 16 tahun terakhir hidupnya tanpa makan atau minum.

Kebanyakan orang sulit bertahan beberapa jam tanpa mengunyah sesuatu, tapi Muluwork Ambaw bersikeras bahwa dia sudah menghindari makanan selama belasan tahun.

Kejadian ini ia klaim bermula pada suatu hari ketika dia baru berusia 10 tahun, setelah nafsu makannya hilang tiba-tiba, dikutip dari laman Oddity Central, Selasa (14/5/2024).

Terlepas dari kekurangan rezeki, Ambaw dilaporkan memiliki kehidupan normal, kesehatannya baik, dan memiliki banyak energi untuk melakukan tugas sehari-hari, termasuk memasak untuk orang lain dan menjalankan berbagai keperluan.

Wanita muda tersebut telah menjalani beberapa tes kesehatan di Ethiopia, namun tidak ada yang dapat memastikan apakah dia mengatakan yang sebenarnya, meskipun dokter di sebuah rumah sakit di Addis Ababa mengkonfirmasi bahwa tidak ada bukti adanya makanan di ususnya pada saat pemeriksaan.

Kasus Muluwork Ambaw baru-baru ini menjadi viral setelah dia dikunjungi oleh Drew Binsky (vlogger asal Amerika Serikat) yang mendengar ceritanya saat mengunjungi Ethiopia dan memutuskan untuk bertemu langsung dengannya.

Videonya itu cepat menjadi viral, tapi ini bukan pertama kalinya Ambaw menjadi berita utama.

Dia pertama kali menarik perhatian pada tahun 2016, ketika rumor tentang seorang gadis yang bisa bertahan hidup tanpa makanan atau air mulai menyebar di negara asalnya.

Tak lama kemudian, para jurnalis dan reporter TV berkumpul di desa kecilnya untuk mendokumentasikan kasus aneh yang dialaminya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Makanan Terkahir yang Ia Makan

Wanita berusia 26 tahun itu mengaku masih ingat kapan terakhir kali makanan melewati bibirnya.

Makanan terakhirnya adalah kacang lentil merah yang direbus dengan injera, hidangan khas Etiopia, setelah itu nafsu makannya hilang begitu saja.

Pada awalnya, dia berbohong kepada keluarganya bahwa dia telah makan, tapi dia akhirnya harus mengatakan yang sebenarnya kepada mereka.

"Saya dulu tinggal bersama keluarga, dan mereka meminta saya untuk sarapan dan pergi ke sekolah," kenang Ambaw.

"Aku bilang aku sudah makan tapi aku berpura-pura. Saya kehilangan nafsu makan terhadap air atau makanan apa pun."

Wanita muda Etiopia ini mengklaim bahwa karena dia tidak mengonsumsi makanan atau air apa pun selama 16 tahun, dia juga tidak perlu menggunakan toilet selama waktu tersebut.

 

3 dari 3 halaman

Ke Kamar Mandi hanya Untuk Mandi

Rupanya, satu-satunya saat dia perlu ke kamar mandi adalah saat dia mandi.

Pada tahun 2021, blog berita Ethiopia, Borkena, mengumumkan bahwa Perdana Menteri negara tersebut telah mengetahui klaim Ambaw dan telah mengatur agar dia diuji oleh dokter di Dubai.

Dalam wawancaranya baru-baru ini dengan Drew Binsky, perempuan berusia 26 tahun ini mengklaim bahwa dokter tidak menemukan ada yang salah dengan dirinya.

"Saya tidak punya apa-apa untuk dikatakan. Itu pekerjaan Tuhan dan saya terima saja," kata Muluwork Ambau.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.