Sukses

Kenalin Bark Air Maskapai Mewah Khusus Anjing Peliharaan, Tiketnya Hingga Rp138 Juta

Pelanggan berbulu ini diberi camilan yang enak, headphone peredam bising, dan minuman pilihan mereka di dalam pesawat.

Liputan6.com, New York - Bukan Superman atau burung, ini pesawat yang dipenuhi anjing!

Bark Air, sebuah maskapai penerbangan mewah yang memprioritaskan kenyamanan anjing, melakukan penerbangan perdananya pada Kamis, 23 Mei 2024.

Maskapai tersebut berangkat dari Bandara Westchester County di New York (HPN) dan mendarat di Van Nuys (VNY), demikian sesuai dengan siaran pers yang dikutip dari People, Minggu (9/6/2024).

Bark, sebuah perusahaan yang sebelumnya dikenal menyediakan produk, layanan, dan konten untuk anjing, mengumumkan maskapai penerbangan yang berfokus pada anjing pada bulan April 2024.

Sebuah perusahaan charter yang memiliki peringkat Argus Platinum ini "bertanggung jawab atas semua hal terkait pesawat, kru, pemeliharaan, dan asuransi," menurut siaran pers perdananya.

Bark Air, yang mengklaim memiliki "pengalaman perjalanan udara pertama di dunia yang dirancang khusus untuk anjing, dan pendamping manusia mereka," memanjakan pemilik anjing dengan hidangan pra-penerbangan yang disiapkan oleh koki di lokasi di New York saat anjing-anjing bercengkerama dengan penumpang berbulu lainnya.

Sebelum naik pesawat, anjing-anjing ditawarkan "camilan penenang, penutup telinga peredam suara, dan jaket penenang untuk memastikan penerbangan mereka bebas stres dan menyenangkan" oleh petugas concierge, yang bertugas "membantu mereka beradaptasi dengan pengalaman mereka melalui sosialisasi dan persiapan kabin yang berpusat pada anjing."

Setelah berada di pesawat, anjing-anjing "dilayani minuman pilihan mereka selama pendakian dan penurunan untuk memastikan mereka tidak mengalami ketidaknyamanan telinga yang umumnya disebabkan oleh perubahan tekanan kabin," menurut siaran persnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Biaya Tiket Mulai Rp97 Juta hingga Rp138 Juta

Penerbangan perdana yang tiketnya terjual habis ini menghabiskan biaya $6.000 atau sekitar Rp97,5 juta bagi pelanggan yang bepergian dengan satu pendamping manusia. Penerbangan berikutnya lepas landas pada Kamis, 30 Mei 2024, dan hanya tersisa beberapa kursi.

Penerbangan internasional pertama Bark Air dari New York ke London lepas landas pada 30 Mei 2024 dan juga telah terjual habis.

Biayanya $8.000 atau Rp130 juta. Penerbangan pertama ke Paris, dengan biaya $8.500 atau Rp138 juta akan lepas landas pada bulan Oktober 2024 dan juga hanya tersisa beberapa kursi.

Salah satu pendiri dan CEO Bark, Matt Meeker, mengakui bahwa harganya "terlalu mahal" dalam suratnya pada bulan Mei 2024, menurut laporan CBS News. "Ini terlalu mahal bagi sebagian besar keluarga, tetapi lebih murah daripada kebanyakan opsi yang ada saat ini. Dan inilah cara sebagian besar produk dan layanan inovatif dimulai," tulisnya.

"Televisi, telepon, VCR dan pemutar DVD, hingga mobil, perjalanan kereta api dan kapal, dan, ya, bahkan perjalanan udara manusia, semuanya dimulai dengan harga yang sangat tinggi hingga permintaan terbukti dan biaya dapat ditekan dengan melayani masyarakat luas."

3 dari 4 halaman

Fasilitas dan Peraturan di Bark Air

Mengutip dari Times of India, ada beberapa fasilitas yang dapat dinikmati anjing dalam penerbangan ini seperti tempat tidur datar khusus anjing, kabin yang menenangkan dengan aroma khusus anjing, dan "tombol gosok perut" di setiap kursi.

Anjing dapat bersosialisasi di taman anjing di pesawat dan menikmati makanan mewah. Kenyamanan tambahan meliputi alat pelindung telinga anti-kebisingan, handuk beraroma bunga lavender, dan camilan khusus untuk meredakan stres selama penerbangan.

Untuk pendamping manusia juga tersedia menu makanan yang bisa dijajal.

Ada beberapa fakta dan peraturan mengenai maskapai mewah ini;

  • Maskapai penerbangan akan menghubungi pemilik untuk mengumpulkan informasi mengenai setiap anjing seperti ukuran, sifat, dan preferensi khusus untuk menghindari kepadatan di dalam pesawat.
  • Terdapat 10 hingga 15 kursi per penerbangan
  • Pendamping hewan peliharaan dan hewan peliharaan tersebut harus tiba di bandara 45 menit hingga satu jam sebelum keberangkatan
4 dari 4 halaman

Rute Bark Air

Pada saat peluncuran maskapai, rute pesawat akan melayani area metro New York City melalui Bandara Westchester County (HPN) dengan penerbangan ke area Los Angeles melalui Van Nuys (VNY) dan London, Inggris melalui Biggin Hill (BQH).

Seperti dikutip dari air.bark.co, melalui kemitraan ini, perusahaan penyewaan bertanggung jawab atas semua hal yang berkaitan dengan pesawat, kru, pemeliharaan, dan asuransi. Sementara Bark Air berfokus untuk menciptakan dan memberikan pengalaman perjalanan udara kelas dunia bagi anjing dan juga pemiliknya.

Bark Air berencana untuk menambah rute baru sepanjang musim panas, dan orang-orang bisa menyarankan rute berikutnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.