Sukses

Cerita Kucing di China Nyalakan Kompor dan Picu Kebakaran dengan Kerugian Diprediksi Rp224 Juta

Beruntungnya, kucing tersebut selamat dan tidak mengalami luka mesti apartemen sang pemilik terbakar. Begini cerita binatang berbulu itu sampai memicu kebakaran.

Liputan6.com, Sichuan - Seekor kucing di China telah menyita perhatian publik setelah menyalakan kompor di dapur pemiliknya hingga berujung kebakaran.

Kucing bernama Jingoudiao itu diketahui menyebabkan kerusakan senilai 100.000 yuan atau sekitar Rp224,3 juta.

Dilansir SCMP, Senin (29/4/2024), insiden tersebut terjadi pada 4 April lalu, ketika Dandan mendapat telepon dari staf manajemen properti di kompleks rumahnya, yang mengatakan bahwa rumahnya terbakar.

Saat bergegas kembali ke apartemennya yang kosong di Provinsi Sichuan, dia mengetahui bahwa kucingnyalah yang menyebabkan kebakaran di seluruh lantai pertama lotengnya.

Jingoudiao diketahui sedang bermain di dapur, dan secara tidak sengaja menginjak panel sentuh kompor induksi, lalu menyalakannya.

Pertugas pemadam kebakaran pun menemukan kucing dengan ras British Shorthair bersembunyi di lemari dengan kondisi tertutup abu tetapi tidak terluka.

Beruntungnya, kucing ini pun berhasil selamat tanpa luka sedikitpun.

Gara-gara kejadian itu, sang pemilik, Dandan, mengubah nama akun media sosial miliknya menjadi "Sichuan’s most badass cat" atau kucing paling tangguh di Sichuan." Ia juga kemudian segera mengajak kucingnya tampil dalam siaran langsung di media social dan disaksikan hingga delapan juta kali di Douyin, aplikasi video mirip TikTok di China.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Lakukan Siaran Langsung

Pada hari-hari berikutnya, Dandan bercanda bahwa dia memaksa kucingnya "bekerja untuk melunasi utangnya" dengan tampil di sesi streaming langsung, dan bahkan menyebutnya sebagai "pembakar".

Dandan juga mengobrol secara virtual dengan seorang petugas pemadam kebakaran dan memintanya untuk mengajarkan kiat-kiat keselamatan kebakaran kepada Jingoudiao.

Petugas pemadam kebakaran mengatakan ini adalah pertama kalinya dia diminta untuk mengajar kucing dan bercanda bahwa dia telah mencoba menarik perhatian anjing pemadam kebakaran pada masalah keselamatan, tetapi tidak berhasil.

Kemudian pada 13 April 2024, Dandan mengunggah surat permintaan maaf secara online, ditandatangani dengan sidik jarinya dan sidik jari Jingoudiao.

Dia merasa dirinyalah yang harus disalahkan karena tidak mematikan aliran listrik ke kompor, dan bersumpah untuk memperhatikan keselamatan kebakaran di masa depan. Ia juga mendesak orang lain untuk melakukan hal yang sama.

3 dari 3 halaman

Tuai Ragam Reaksi di Media Sosial

Kejadian ini pun kemudian menuai ragam reaksi di media sosial.

"Saya hanya ingin memasak makan malam untuk ibu saya," kata seseorang yang berpura-pura menjadi Jingoudiao.

"Terima kasih. Aku baru saja mematikan kompor listrikku. Aku punya kucing nakal yang suka (main) ke mana-mana di flatku," kata yang lain.

"Kucing saya terus-menerus menyiram toilet, membuat saya harus membayar tagihan air yang besar," imbuh netizen lainnya lagi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini