Sukses

25 Maret 1975: Raja Faisal dari Arab Saudi Tewas Ditembak

Raja Faisal dari Arab Saudi meninggal dunia usai ditembak meskipun ada upaya dokter untuk menyelamatkannya.

Liputan6.com, Riyadh - Raja Faisal dari Arab Saudi meninggal dunia setelah serangan senjata di Riyadh meskipun ada upaya dokter untuk menyelamatkannya.

Raja dilarikan ke rumah sakit dalam keadaan masih bernyawa dan dokter berupaya memacu jantungnya dan memberinya transfusi darah.

Tetapi mereka tidak dapat menyelamatkan raja Saudi, dikutip dari laman BBC, Senin (25/3/2024).

Raja Faisal terluka parah ketika keponakannya Pangeran Faisal Musaed diduga menembakkan tiga peluru ke arahnya dengan pistol dari jarak dekat saat audiensi kerajaan.

Menurut saksi mata, Pangeran Musaed sedang menunggu di ruang depan dan berbicara dengan delegasi Kuwait yang sedang menunggu untuk bertemu raja.

Pangeran Ditangkap

Raja Faisal membungkuk untuk mencium keponakannya tetapi Pangeran Musaed dilaporkan mengeluarkan pistol dan menembaknya di bawah dagu dan kemudian di telinga.

Salah satu pengawal raja memukul pangeran dengan pedangnya yang masih bersarung.

Menteri Perminyakan Arab Saudi kala itu, Sheikh Yamani dilaporkan berteriak kepada penjaga agar tidak membunuh pangeran.

PangeranMusaed ditangkap segera setelah dia menyerang pamannya dan sedang diinterogasi oleh polisi Saudi tentang pembunuhan tersebut.

Dokter dan psikiater telah memastikan bahwa mereka yakin dia "tidak seimbang secara mental".

Baik sebelum maupun sesudah pembunuhan, Pangeran Musaed dilaporkan bersikap tenang.

Sejak pembunuhan itu, Riyadh ditutup total selama tiga hari berkabung.

Raja Khalid, saudara laki-laki raja yang dibunuh, menggantikannya posisi tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.