Sukses

Presiden dan PM Singapura Ucapkan Selamat kepada Prabowo, Berharap Dapat Segera Jumpa Lagi

Dengan perolehan suara 96.214.691 dari total keseluruhan suara sah sebanyak 164.227.475, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sah ditetapkan sebagai pemenang Pilpres 2024.

Liputan6.com, Singapura - Presiden Singapura Tharman Shanmugaratnam dan Perdana Menteri (PM) Singapura Lee Hsien Loong mengirimkan ucapan selamat kepada Prabowo Subianto atas kemenangannya dalam Pilpres 2024 melalui pemungutan suara yang berlangsung pada 14 Februari lalu.

"Atas nama rakyat Singapura, saya ingin menyampaikan ucapan selamat yang setulus-tulusnya atas terpilihnya Anda sebagai presiden Republik Indonesia ke-8. Amanah kuat yang Anda terima menunjukkan keyakinan dan kepercayaan masyarakat Indonesia terhadap kemampuan Anda memimpin Indonesia menuju kemajuan yang lebih besar," demikian bunyi surat Presiden Tharman seperti dipublikasi situs web Kementerian Luar Negeri Singapura pada Kamis (21/3/).

"Singapura dan Indonesia memiliki hubungan kuat yang didukung oleh ikatan kekerabatan dan persahabatan yang erat. Saya yakin di bawah kepemimpinan Anda, Indonesia dan Singapura akan terus menjadi teman dekat dan mitra, seiring kita bekerja sama untuk memperkuat hubungan bilateral demi kepentingan rakyat kita."

Presiden Tharman menambahkan, "Saya senang bertemu dengan Anda pada November 2023 di Singapura untuk menganugerahkan Darjah Utama Bakti Cemerlang ... yang mengakui kontribusi signifikan Anda dalam memperkuat hubungan pertahanan yang erat dan telah lama terjalin antara Indonesia dan Singapura. Saya sangat menantikan pertemuan kita berikutnya dan menyambut Anda untuk segera mengunjungi Singapura."

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ucapan PM Lee untuk Prabowo Subianto

Dalam laman yang sama, PM Lee mengawali suratnya dengan menyatakan, "Selamat atas terpilihnya Anda sebagai presiden Republik Indonesia ke-8. Anda mendapat amanah yang kuat dan jelas dari seluruh rakyat Indonesia."

"Singapura dan Indonesia menikmati hubungan yang baik dan bersahabat. Selama karier Anda, Anda telah memberikan kontribusi yang signifikan dalam meningkatkan hubungan erat dan kerja sama antara kedua negara kita. Secara pribadi, saya dan rekan-rekan saya sangat menghargai niat baik dan persahabatan Anda, yang dibangun saat kita bekerja dan bekerja sama satu sama lain dalam banyak hal selama beberapa dekade terakhir. Saya menghargai percakapan kita selama bertahun-tahun, dan selalu menghargai wawasan Anda mengenai perkembangan regional dan global."

"Dengan dukungan Anda sebagai presiden Indonesia berikutnya, saya yakin kita dapat membangun landasan yang kuat untuk memajukan hubungan bilateral demi kepentingan generasi mendatang. Bidang pertumbuhan baru seperti ekonomi hijau dan digital, keberlanjutan, layanan kesehatan, dan pengembangan sumber daya manusia menawarkan banyak peluang menarik di mana kita dapat menggabungkan kekuatan yang saling melengkapi. Secara regional, ada banyak hal yang dapat dicapai Singapura dan Indonesia dengan bekerja sama untuk memajukan kepentingan ASEAN."

Sebagai penutup, PM Lee mengungkapkan, "Saya berharap Anda mendapatkan kesehatan yang baik dan kesuksesan saat Anda memangku jabatan tertinggi di negeri ini. Saya berharap dapat segera bertemu dengan Anda lagi."

Dengan perolehan suara 96.214.691 dari total keseluruhan suara sah sebanyak 164.227.475, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sah ditetapkan sebagai calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) pemenang Pilpres 2024. Hal tersebut diumumkan Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) setelah menyelesaikan rekapitulasi perolehan suara pada Rabu (20/3/2024) malam.

Adapun, pasangan capres dan cawapres Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar ditetapkan KPU meraih 40.971.906 suara. Sementara itu, pasangan capres dan cawapres Ganjar Pranowo dan Mahfud MD memperoleh 27.040.878 suara.

3 dari 3 halaman

Respons China atas Kemenangan Prabowo-Gibran

Presiden China Xi Jinping juga merespons kemenangan Prabowo-Gibran dengan ucapan selamat.

"Menggarisbawahi China dan Indonesia adalah tetangga yang bersahabat secara tradisional, Xi Jinping mengatakan bahwa dengan upaya bersama kedua belah pihak, perkembangan hubungan bilateral telah berada pada jalur cepat dengan semakin terkonsolidasinya rasa saling percaya, sinergi strategi pembangunan yang semakin mendalam, dan kerja sama saling menguntungkan," ungkap laporan kantor berita Xinhua mengutip pernyataan Xi Jinping.

"Kedua belah pihak telah membuka babak baru dalam membangun komunikas China-Indonesia dengan masa depan bersama."

Presiden Xi Jinping menambahkan bahwa dia sangat mementingkan perkembangan hubungan China-Indonesia dan berharap dapat bekerja sama dengan presiden terpilih Prabowo Subianto untuk mencapai prestasi yang lebih besar dalam membangun komunitas dengan masa depan bersama dan memberikan contoh solidaritas dan koordinasi untuk pembangunan bersama di antara negara-negara berkembang besar, sehingga dapat memberikan lebih banyak manfaat bagi kedua bangsa dan memberikan dorongan yang kuat bagi kemakmuran dan stabilitas regional dan global.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini