Sukses

14 Maret 2021: Pasukan Keamanan Myanmar Bunuh 65 Demonstran Anti-Kudeta Militer

Seorang petugas polisi juga tewas, menjadikan hari Minggu 14 Maret 2021 sebagai hari paling mematikan sejak demonstrasi massal menentang kudeta dimulai enam minggu sebelumnya.

Liputan6.com, Yangon - Setidaknya 38 pengunjuk rasa di seluruh Myanmar telah tewas dalam tindakan keras terbaru terhadap gerakan anti-kudeta, kata sebuah kelompok advokasi, ketika para jenderal yang merebut kekuasaan pada 1 Februari 2021 mengumumkan darurat militer di dua wilayah di Yangon tempat pabrik-pabrik China dibakar.

Mengutip Al Jazeera. seorang petugas polisi juga tewas menjadikan hari Minggu 14 Maret 2021 sebagai hari paling mematikan sejak demonstrasi massal menentang kudeta dimulai enam minggu sebelumnya.

Sebanyak 126 orang sejauh ini telah terbunuh dalam "tindakan keras dan sewenang-wenang” sejak kudeta, kata Assistance Association for Political Prisoners (AAPP) atau Asosiasi Bantuan untuk Tahanan Politik, memperingatkan bahwa jumlah korban "meningkat secara drastis".

Jumlah orang yang ditangkap meningkat menjadi lebih dari 2.150 orang pada hari Sabtu (13/3), tambah AAPP.

Pada hari Minggu (14/3) itu, gumpalan asap membubung di kota industri Hlaing Thar Yar di Yangon, kota terbesar Myanmar, ketika dua pabrik Tiongkok dibakar dan pasukan keamanan menembaki pengunjuk rasa. "Setidaknya 22 warga sipil tewas dan lebih dari 20 orang terluka, termasuk tiga orang dalam kondisi kritis," menurut AAPP.

Kedutaan Besar China di Myanmar mengatakan staf Tiongkok terluka dan terjebak ketika pabrik-pabrik tersebut dijarah dan dibakar oleh penyerang tak dikenal.

Sepanjang hari, warga yang bersembunyi di rumah mereka melaporkan mendengar suara tembakan, sementara truk militer terlihat melewati jalan-jalan Hlaing Thar Yar. Daerah ini adalah salah satu daerah termiskin di kota ini dan merupakan rumah bagi orang-orang yang melakukan perjalanan dari daerah lain di Myanmar untuk mencari pekerjaan.

Belakangan, laporan Human Rights Watch pada Desember 2021 menghitung setidaknya 65 orang tewas, dengan korban berusia antara 17 hingga 78 tahun. Banyak korban dimakamkan di dekat Pemakaman Hteinbin.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kebrutalan yang Berkelanjutan hingga Darurat Militer Diterapkan

Meningkatnya kekerasan juga dilaporkan terjadi di tempat lain di Myanmar termasuk kota terbesar kedua, Mandalay, di mana seorang wanita ditembak mati, dan di Bago, di mana dua orang terbunuh.

Sementara itu, televisi pemerintah MRTV mengatakan seorang polisi tewas karena luka di dada setelah konfrontasi dengan pengunjuk rasa di Bago. Dia adalah polisi kedua yang dilaporkan tewas dalam protes tersebut.

Juga pada hari Minggu (14/3), media pemerintah mengatakan darurat militer telah diberlakukan di Hlaing Thar Yar dan kota tetangga Shwepyitha.

Pemerintah militer “memberikan kekuasaan administratif dan yudisial darurat militer kepada komandan regional Yangon untuk berlatih [di kota Hlaingthaya dan Shwepyitha] … untuk melakukan keamanan, menjaga supremasi hukum dan ketenangan dengan lebih efektif,” kata seorang penyiar di televisi pemerintah.

Televisi Myawadday yang dikelola militer mengatakan pasukan keamanan mengambil tindakan setelah empat pabrik pakaian dan satu pabrik pupuk dibakar dan sekitar 2.000 orang menghentikan mobil pemadam kebakaran untuk mencapai lokasi tersebut.

Darurat militer juga diperluas ke empat distrik lagi di kota itu pada hari Senin (15/3), Eleven Media melaporkan mengutip pengumuman di MRTV.

Dokter Sasa, perwakilan anggota parlemen terpilih dari majelis yang telah membentuk pemerintahan paralel, menyuarakan solidaritasnya terhadap masyarakat yang terkena dampak langkah pemerintah militer tersebut. "Pelaku, penyerang, musuh rakyat Myanmar, SAC/State Administrative Council (Dewan Administratif Negara) yang jahat akan bertanggung jawab atas setiap tetes darah yang tertumpah," ujarnya dalam pesan.

3 dari 4 halaman

Utusan PBB Mengecam

Adapun utusan PBB untuk Myanmar mengutuk keras pertumpahan darah yang terus berlanjut di negara tersebut.

"Komunitas internasional, termasuk aktor-aktor regional, harus bersatu dalam solidaritas dengan rakyat Myanmar dan aspirasi demokrasi mereka," kata Christine Schraner Burgener dalam sebuah pernyataan pada hari Minggu (14/3).

Christine Schraner Burgener mengatakan militer Myanmar menentang seruan internasional untuk menahan diri, dan menambahkan bahwa dia telah mendengar "kisah yang memilukan tentang pembunuhan, penganiayaan terhadap demonstran dan penyiksaan terhadap tahanan" dari kontak di negara Asia Tenggara tersebut.

"Kebrutalan yang sedang berlangsung, termasuk terhadap personel medis dan penghancuran infrastruktur publik, sangat melemahkan prospek perdamaian dan stabilitas," katanya.

Dalam sebuah pernyataan, Dan Chugg, duta besar Inggris untuk Myanmar, juga mengatakan pemerintah Inggris "terkejut dengan penggunaan kekuatan mematikan yang dilakukan pasukan keamanan terhadap orang-orang yang tidak bersalah" di Yangon dan wilayah lain di Myanmar.

Dewan Penasihat Khusus untuk Myanmar (SAC-M), sekelompok pakar hak asasi manusia terkemuka yang menyerukan akuntabilitas di Myanmar, mengatakan mereka khawatir militer berada di ambang "tindakan keras besar-besaran" dan menyerukan intervensi politik internasional segera.

"Perilaku militer dan pasukan keamanan baru-baru ini sangat meresahkan karena mengingatkan kita pada hari-hari dan minggu-minggu menjelang serangan genosida besar-besaran terhadap Rohingya di Rakhine utara pada tahun 2017," kata Yanghee Lee, salah satu anggota pendiri SAC- M yang merupakan Pelapor Khusus PBB untuk hak asasi manusia di Myanmar dan menyelidiki tindakan keras tersebut, yang menyebabkan ratusan ribu warga Rohingya mengungsi ke negara tetangga Bangladesh.

Kelompok hak asasi manusia kembali menyerukan sanksi yang ditargetkan terhadap para pemimpin kudeta dan bisnis militer.

“Semakin lama diperlukan tindakan tegas dari komunitas internasional, semakin lama pula para jenderal Myanmar berpikir bahwa mereka bisa lolos dari pembunuhan,” Phil Robertson, wakil direktur Asia di Human Rights Watch mengatakan dalam sebuah pernyataan pada hari Senin (15/3).​

4 dari 4 halaman

Pabrik yang Dibiayai China Jadi Target Pembakaran

Kedutaan Besar Tiongkok menggambarkan situasi yang "sangat parah" terjadi setelah serangan terhadap pabrik-pabrik yang dibiayai China, namun tidak mengomentari pembunuhan oleh militer.

“Tiongkok mendesak Myanmar untuk mengambil langkah-langkah efektif lebih lanjut untuk menghentikan semua tindakan kekerasan, menghukum pelakunya sesuai dengan hukum dan menjamin keselamatan jiwa dan harta benda perusahaan dan personel Tiongkok di Myanmar,” kata pihak kedutaan dalam sebuah pernyataan.

Belum ada kelompok yang mengaku bertanggung jawab atas pembakaran pabrik-pabrik tersebut.

Halaman Facebook kedutaan kemudian dibombardir dengan komentar-komentar negatif dalam bahasa Myanmar dan lebih dari separuh reaksi – lebih dari 29.000 – menggunakan emoji wajah tertawa.

Sentimen anti-Tiongkok telah meningkat sejak kudeta di mana para penentang pengambilalihan militer mencatat kritik yang dibungkam oleh Beijing dibandingkan dengan kecaman Barat.

Tiongkok mengatakan bahwa prioritasnya adalah stabilitas dan ini adalah urusan dalam negeri Myanmar.

Dalam pernyataannya, AAPP mengatakan “pasukan junta tidak meninggalkan jalan-jalan dan lingkungan dan mereka melanggar serta membakar lingkungan [di Hlaing Thar Yar].”

Tindakan keras terbaru ini terjadi sehari setelah Mahn Win Khaing Than, yang bersembunyi bersama sebagian besar pejabat senior dari partai Liga Nasional untuk Demokrasi (NLD) pimpinan Aung San Suu Kyi, mengatakan pemerintah sipil akan berusaha memberikan hak hukum kepada masyarakat untuk membela diri.

Aung San Suu Kyi, yang ditahan bersama dengan para pemimpin senior NLD lainnya pada 1 Februari 2021, akan kembali ke pengadilan pada hari Senin (15/3). Dia menghadapi setidaknya empat dakwaan, termasuk penggunaan radio walkie-talkie secara ilegal dan pelanggaran protokol virus corona.

Tentara mengatakan mereka mengambil alih kekuasaan karena adanya kecurangan dalam pemilu November 2020 lalu, yang dimenangkan NLD dengan telak. Tuduhan mereka telah ditolak oleh komisi pemilihan umum. Mereka berjanji akan menyelenggarakan pemilu baru, namun belum menentukan tanggalnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini