Sukses

Ternyata Ini Alasan Burung Suka Berkicau di Pagi Hari

Jika alasan burung berkicau di pagi hari karena perilaku nalurinya, tetapi mengapa demikian?

Liputan6.com, Jakarta - Saat Anda terbangun di pagi hari, kemungkinan akan mendengar suara burung yang berkicau. Seakan-akan mereka berbicara dengan sepenuh hati.

Jika alasan burung berkicau di pagi hari karena perilaku naluri burung, tetapi mengapa demikian?

Menurut Woodland Trust, kicauan ini dimulai sejak jam 4 pagi dan berlangsung selama beberapa jam. Burung melakukannya untuk menarik pasangan dan memperingatkan burung lain agar menghindari wilayahnya.

Salah satu teori mengapa mereka memilih waktu larut malam untuk menyampaikan pesan-pesan penting ini karena jarak pandang yang rendah membuat burung sulit melakukan aktivitas lainnya, seperti mencari makan, dikutip dari laman mentalfloss, Selasa (12/3/2024).

Demi menjaga tingkat aktivitas mereka tetap rendah, mereka memilih untuk bernyanyi.

Teori lain menyatakan bahwa burung menggunakan suara pagi hari untuk menunjukkan kekuatan mereka. Dengan berkicau penuh semangat, mereka memberi tahu burung lain bahwa mereka selamat di malam hari.

Lantaran tak ada jaminan bagi hewan untuk bisa bertahan di alam terbuka.

Layaknya studio rekaman yang bagus, pagi hari juga memungkinkan burung mengeluarkan suara dengan nada yang jernih berkat udara yang lebih sejuk dan kering.

Karena burung mempunyai kicauan yang khas, kejelasan tersebut membantunya lebih mudah dikenali oleh burung dalam jarak pendengaran yang mumpuni.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Alasan Burung Suka Hinggap dan Tidur di Kabel Listrik

Kebanyakan dari Anda tentu pernah heran, apa yang membuat banyak burung tidur di kabel listrik. Mereka menunduk dan duduk berjajar. Biasanya hal ini mereka lakukan ketika hendak tidur dan beristirahat.

Pertanyaannya, mengapa lebih senang hinggap di kabel listrik untuk tidur dan beristirahat dibandingkan di ranting pohon?

Ken Picard dari Seven Days, Vermont, menghubungi ahli biologi margasatwa Mark LaBarr untuk mendapatkan jawaban, demikian dikutip dari laman Mentalfloss.

LaBarr, yang merupakan manajer program di Audubon Vermont, mengatakan ada beberapa alasan mengapa kabel listrik menjadi tempat nongkrong burung.

Beberapa spesies juga suka bertemu di kabel sebelum mereka memulai migrasi musiman. Itulah sebabnya selama akhir musim panas dan awal musim gugur Anda akan melihat kabel-kabel penuh dengan burung.

Biasanya mereka perlahan bersiap untuk melakukan perjalanan jauh ke selatan bersama-sama.

LaBarr mengatakan bahwa banyak jenis burung menghindari kabel tinggi selama musim kawin karena, karena jantan akan lebih sulit untuk menemukan pasangannya jika berdiri tepat di sebelah pesaing Anda.

Namun, kabel tidak melukai setiap spesies burung ketika tiba saatnya untuk bereproduksi.

Menurur Miyoko Chu, direktur komunikasi untuk Laboratorium Ornitologi Cornell, mengatakan kepada The New York Times.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.