Sukses

Taiwan Terus Kembangkan Wisata Muslim Friendly Demi Menggaet Pasar Indonesia

Dalam upaya untuk memperluas pasar pariwisata Taiwan di Indonesia, Taiwan Tourism Information Center in Jakarta secara resmi dibuka pada tanggal 28 Februari 2024. Acara ini kemudian digelar lagi pada 8 hingga 10 Maret.

Liputan6.com, Jakarta - Dalam upaya untuk memperluas pasar pariwisata Taiwan di Indonesia, Taiwan Tourism Information Center in Jakarta secara resmi dibuka pada tanggal 28 Februari 2024. Acara ini kemudian digelar lagi pada 8 hingga 10 Maret.

Kegiatan yang diadakan di Mall Kota Kasablanka ini menampilkan pameran unik bertema "Jelajahi Taiwan - Sekarang Waktunya! - Time for Taiwan" 

Dalam acara ini, Administrasi Pariwisata Taiwan secara khusus mengundang delapan agen perjalanan terkemuka dari Indonesia, serta bekerja sama dengan China Airlines dan EVA Air, untuk mempromosikan dan menjual produk wisata Taiwan terbaru.

Dalam wawancara yang dilakukan oleh Tim Global Liputan6.com, salah seorang dari tim agensi travel yang ikut serta dalam pameran menyatakan bahwa khusus Taiwan Muslim Tour memiliki beberapa perbedaan dengan tur pada umumnya.

"Kalau khusus Muslim Tour itu kami lebih ke arah pastinya kita ajak ke tempat wisata yang identik dengan Muslim, makanannya juga pasti halal," ujar Charisma, salah satu tim Tour and Travel yang ikut serta dalam pameran tersebut di Mall Kota Kasablanka, Jumat (8/3/2024).

"Kami juga menjamin semuanya halal, kalau biasanya restoran hanya memberikan pernyataan No Pork No Lard, kami berani memberikan garansi (makanan halal), kami juga menyesuaikan dengan jam sholat," tambahnya lagi.

Hal itu sejalan dengan harapan Taiwan Tourism Information Center in Jakarta.

"Administrasi Pariwisata Taiwan berkomitmen untuk memajukan industri pariwisata Taiwan. Sejak pandemi telah secara aktif menggarap pasar Indonesia, termasuk mengembangkan paket perjalanan khusus untuk wisatawan Muslim, serta berbagai pilihan restoran halal yang sesuai dengan preferensi pasar Indonesia yang suka berwisata selfie," ucap Direktur Taiwan Tourism Information Center in Jakarta, Abe Chou dan Juan Chen, Secretary of Press Information Division, Taipei Economic and Trade Office, Jakarta, Indonesia, dalam keterangan tertulisnya.

Mereka menyatakan bahwa Administrasi Pariwisata Taiwan berkomitmen untuk memajukan industri pariwisata di Taiwan. 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Wisata Muslim Friendly

Sementara itu, mengutip dari eng.taiwan.net.tw, pada tahun 2023, Mastercard dan Crescent Rating bersama-sama merilis “Indeks Perjalanan Muslim Global.”

Taiwan menduduki peringkat ke-3 di antara wilayah tujuan non-Organisasi Kerjasama Islam (non-OKI).

Sejak tahun 2019, Taiwan secara konsisten berada di antara 3 teratas dalam peringkat ini dan pada tahun 2022, Taiwan dianugerahi "Destinasi Non-OKI Paling Inklusif" dalam "Penghargaan Perjalanan Halal" dari Crescent Rating.

Saat ini, pusat transportasi dan tempat wisata utama Taiwan, seperti Bandara Internasional, Stasiun Utama Taipei, Stasiun Kaohsiung, Stasiun Hualien, serta Stasiun Kereta Berkecepatan Tinggi Taichung, dan tiga belas kawasan pemandangan nasional, serta kawasan layanan jalan bebas hambatan, semuanya memiliki tempat salat Muslim.

Mempertimbangkan kebutuhan makanan dan ibadah wisatawan Muslim, Taiwan telah merancang rencana perjalanan ramah Muslim untuk menciptakan lingkungan yang ramah bagi pengunjung Muslim

3 dari 4 halaman

Paketan Tur yang Ditawarkan

Pada acara ini, paket liburan ke Taiwan yang ditawarkan beragam pilihannya dengan kisaran harga mulai dari Rp12,6 juta hingga Rp17,4 juta.

Mereka menawarkan destinasi populer seperti:

  • Taoyuan
  • Sun Moon Lake
  • Chiayi
  • Alishan
  • Yilan
  • Taroko Gorge
  • Hualien
  • Yehliu

Salah satu tujuan utama pameran ini adalah untuk meningkatkan citra pariwisata Taiwan dan terus memperluas pasar pariwisata di Indonesia.

Mengutip dari siaran pers dari Taiwan Tourism Information Center in Jakarta, acara pameran ini adalah kesempatan yang sangat baik untuk menampilkan beragam pesona Taiwan dan kekayaan budayanya, serta diharapkan dapat menarik lebih banyak wisatawan Indonesia untuk menjelajahi Taiwan dan menciptakan kenangan perjalanan yang indah.

Melalui berbagai kegiatan yang beragam, diharapkan dapat menarik lebih banyak penduduk Indonesia untuk memasukkan Taiwan sebagai salah satu destinasi wisata yang harus dikunjungi. 

4 dari 4 halaman

Tempat Wisata di Taiwan Paling Populer

Mengutip taiwan.net.tw, berikut ini 12 destinasi wisata populer di Taiwan yang patut Anda kunjungi:

1. Kota Taipei

Tempat wisata di Taiwan adalah Kota Taipei. Ibu kota Taiwan ini adalah rumah bagi beberapa kekayaan budaya yang paling mengesankan, baik yang modern maupun yang bersejarah. Salah satunya adalah Museum Istana Nasional, yang menyimpan koleksi seni Tiongkok paling luar biasa di mana pun di dunia. 

2. Kampung Pelangi

Desa Pelangi adalah tempat dimana anda bisa melihat jalanan yang unik dan merupakan bagian penting dari pariwisata Taiwan. Konsep ini awalnya dimulai oleh seorang pria bernama Huang Yung-Fu, seorang mantan prajurit, dengan ketertarikan pada seni dan lukisan. Proyek ini pertama kali dimulai sebagai cara untuk menyelamatkan rumah-rumah di lingkungannya .

3. Air Terjun Shifen

Tempat wisata di Taiwan yang selanjutnya adalah Air Terjun Shifen atau yang juga dikenal sebagai air terjun Little Niagara Taiwan, air terjun Shifen merupakan bagian integral dari wisata Taiwan. Air terjun ini terletak di hutan hijau yang asri dan rimbun, dan tentunya menjadi suguhan bagi mata yang sakit. 

4. Pasar Malam FengJia

Diklaim sebagai pasar malam terbesar di Taiwan, Pasar Malam Fengjia sangat menarik untuk dikunjungi. Dirangkai dengan lampu terang dan toko-toko yang ramai hingga larut malam, kios-kios di pasar malam terkenal dengan barang-barang ramah kantong mereka.

5. Danau Sun Moon

Danau alpine terbesar di Taiwan, Danau Sun Moon terkenal akan keindahan alam dan warisan budayanya. Cuacanya menyenangkan sepanjang tahun, dan kuil serta pagoda tersebar di pedesaan sekitarnya. Pergilah ke Pagoda Chi-En untuk pemandangan yang luar biasa. 

6. Jalur Pendakian District Nangang

Tempat wisata di Taiwan yang berikutnya adalah Jalur Pendakian District Nangang. Salah satu tempat terbaik di Taiwan untuk dikunjungi adalah Gunung Gajah, yang biasa disebut sebagai Jalur Pendakian District Nangang. Jalur pendakian cukup mudah, dengan pendakian memakan waktu tidak lebih dari 30 menit untuk pemula.

7. Museum Istana Nasional

Tempat wisata di Taiwan yang selanjutnya adalah Museum Istana Nasional. National Palace Museum adalah salah satu museum terbesar di dunia. Salah satu tempat yang paling dicari untuk dikunjungi di Taiwan, Museum ini memiliki hampir 800.000 karya seni kuno yang dipajang secara permanen.

8. Taman Nasional Yushan

Bagi anda pecinta alam yang mencari tempat untuk dikunjungi di Taiwan di mana anda dapat merasakan ketenangan dan keindahan alam, menikmati trekking, hiking dan aktivitas olahraga menarik lainnya, maka Taman Nasional Yushan adalah salah satu tempat terbaik untuk dikunjungi di Taiwan. 

9. Ngarai Taroko

Terbentang di sepanjang pantai timur Jepang, Ngarai Taroko adalah ngarai sepanjang 19 meter yang mengesankan. Rumah bagi bermacam-macam flora dan fauna yang fantastis, Gorge sekarang diakui sebagai Taman Nasional.

10. Kuil Longshan

Bagi anda yang ingin wisata religi, salah satu tempat terindah untuk dikunjungi di Taiwan adalah kuil Longshan. Kuil ini memiliki suasana yang sangat spiritual dan santai dengan interior kayu asli, aroma dupa yang menenangkan, dan desain interior yang sangat Zen Buddha. 

11. Pemandian Air Panas Beitou

Salah satu tempat terbaik untuk dikunjungi di Taiwan selama bulan-bulan musim dingin adalah pemandian air panas Beitou. Diberi makan oleh mata air panas geotermal di Taman Beitou, air di mata air panas kaya akan belerang dan dikenal karena kualitasnya yang meremajakan.

12. Taman Nasional Yangmingshan

Terletak di pinggiran Kota Taipei, Yangmingshan adalah salah satu dari sembilan taman nasional Taiwan. Yangmingshan berdiri sebagai bukti kekayaan alam yang beragam. Ada banyak hal yang dapat dijelajahi mulai dari air terjun yang indah, pegunungan, danau dan bukit. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.