Sukses

Diaspora Berperan Penting dalam Hubungan Indonesia-Jepang

Menparekraf RI Sandiaga Uno dan Dubes RI untuk Jepang Heri Akhmadi menggarisbawahi peran diaspora Indonesia dalam mempromosikan pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia.

Liputan6.com, Tokyo - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf RI) Sandiaga Uno mengapresiasi peran serta diaspora Indonesia di Jepang dalam mempromosikan pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia.

"Kreativitas dan kolaborasi akan mengangkat pariwisata dan ekonomi kreatif kita. Tidak hanya Bali tetapi juga destinasi wisata prioritas lainnnya. Saya yakin hubungan Indonesia - Jepang bisa semakin kuat," tutur Menparekraf Sandiaga seperti dikutip dari pernyataan tertulis KBRI Tokyo, Rabu (6/3/2024).

Hal tersebut disampaikan Sandiaga dalam pertemuan dengan perwakilan diaspora Indonesia di Jepang, di Wisma Duta, pada Senin (4/3).

Sementara itu, Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) untuk Jepang Heri Akhmadi menyatakan diaspora Indonesia di Jepang berperan penting dalam penguatan kerja sama Indonesia-Jepang di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

"Pertemuan ini menjadi kesempatan berharga untuk berbagi gagasan, pengalaman, dan inisiatif yang dapat memajukan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia di Jepang," ujar Dubes Heri yang didampingi Ibu Nuning Akhmadi, Koordinator Fungsi Penerangan Sosial Budaya Meinarti Fauzie dan sejumlah pejabat KBRI Tokyo.

"Saya meyakini kolaborasi antara pemerintah, perwakilan diaspora, dan pelaku bisnis akan menjadi kunci kesuksesan dalam memperluas pasar dan meningkatkan promosi pariwisata Indonesia di Jepang. Saat ini KBRI Tokyo tengah mendorong didirikannya entitas Sertifikasi Halal Indonesia di Jepang. Ini juga untuk mendukung promosi produk kuliner halal Indonesia di Jepang bekerja sama dengan berbagai elemen masyarakat Indonesia di Jepang."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dihadiri Berbagai Kalangan

Pertemuan dengan perwakilan diaspora Indonesia di Jepang berlangsung hangat, diawali dengan makan malam dan diakhiri foto bersama. Dialog antara perwakilan diaspora Indonesia dengan Menparekraf Sandiaga dan Dubes Heri juga berlangsung santai dan interaktif.

"Terima kasih atas undangan dari KBRI Tokyo melalui acara dialog dengan Menparekraf. Kami berharap terus mendapat dukungan dalam promosi budaya Indonesia karena kami kerap terlibat aktif dalam berbagai festival di Jepang di antaranya di sekolah Jepang. Kesempatan itu kami gunakan untuk ajang promosi Indonesia," ujar Wakil Ketua Umum PPI Jepang Prima Gandi.

Perwakilan diaspora Indonesia di Jepang yang hadir terdiri dari kelompok agama, profesi, perempuan dan komunitas lainnya di antaranya adalah Keluarga Masyarakat Islam Indonesia (KMII), Keluarga Masyarakat Kristen Indonesia (KMKI), Asosiasi Pengusaha Indonesia di Jepang (APIJ), Indonesia Community in Japan (ICJ) serta Persatuan Pelajar Indonesia Jepang (PPIJ). Hadir pula perwakilan dari BUMN Indonesia seperti BNI Tokyo, Pertamina, dan Garuda Indonesia di Tokyo.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.