Sukses

Kapal di India Tenggelam Saat Hendak Piknik, 12 Siswa dan 2 Guru Tewas

Penyebab insiden kapal terbalik tersebut masih belum diketahui.

Liputan6.com, New Delhi - Sedikitnya 12 siswa dan dua guru diperkirakan tewas di Danau Harni, Gujarat, India, setelah sebuah kapal yang membawa mereka saat sedang melakukan piknik sekolah terbalik pada Kamis (18/1/2024).

Sementara pihak berwenang menyebut kapal tersebut mengangkut 27 orang.

Dilansir BBC, Jumat (19/1/2024), polisi setempat mengonfirmasi jumlah korban tewas dan menyebut bahwa operasi penyelamatan masih berlangsung.

Sementara itu, penyebab kecelakaan kapal masih belum diketahui

Komisaris Polisi Anupam Singh Gehlot mengatakan kepada BBC bahwa tujuh orang telah berhasil diselamatkan dan sedang menjalani perawatan di rumah sakit terdekat.

Dia juga mengatakan bahwa para korban tidak diberikan jaket pelampung selama perjalanan dengan perahu.

Dalam sebuah pernyataan di X, sebelumnya Twitter, Perdana Menteri India Narendra Modi mengatakan, "Pikiran saya bersama keluarga yang berduka di saat ini".

Ketua Menteri Gujarat Bhupendra Patel mengatakan pemerintah negara bagian akan memberikan 400.000 rupee atau sekitar Rp75 juta kepada keluarga korban meninggal dan 50.000 rupee atau Rp9,3 juta kepada keluarga korban luka-luka.

Kecelakaan kapal sering terjadi di India, dimana kapal sering kali terisi hingga penuh sesak, tidak dirawat dengan baik, dan tidak memiliki peralatan keselamatan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Insiden Kapal Terbalik Lainnya di India

Sebelumnya, sedikitnya 22 orang tewas setelah sebuah kapal wisata penuh muatan terbalik di lepas pantai di Negara Bagian Kerala, India. Jumlah korban tewas diperkirakan dapat meningkat menyusul upaya penyelamatan yang terus dilakukan pada Senin (8/5/2023), sementara kapal ditarik dari perairan berlumpur.

Inspektur polisi Distrik Malappuram Abdul Nazar mengatakan bahwa kelebihan kapasitas memicu kapal dua tingkat itu terbalik.

Kapal itu dilaporkan membawa sekitar 50 orang atau dua kali lipat dari kapasitasnya ketika terbalik pada Minggu (7/5) malam.

"Setidaknya empat orang yang dibawa ke rumah sakit dalam kondisi kritis," kata Menteri Olahraga dan Perikanan Kerala V Abdurahiman seperti dilansir BBC, Senin.

Korban kapal terbalik termasuk perempuan dan anak-anak yang sedang menikmati masa liburan sekolah.

3 dari 3 halaman

Kapal Terbalik di Sungai Godavari India

Pada tahun 2019, kecelakaan kapal terjadi di Sungai Godavari India, Minggu 15 September. 

Insiden itu terjadi setelah kapal turis yang membawa sekitar 60 penumpang terbalik di Sungai Godavari, distrik Andra Pradesh, India.

Selengkapnya di sini...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.