Sukses

14 Januari 1969: Manajer Legendaris Matt Busby Pensiun dari Man United

Legenda sepak bola Sir Matt Busby mengumumkan pensiun sebagai manajer Manchester United pada akhir musim atau hari terakhir Piala FA pada 26 April 1969.

Liputan6.com, London - Legenda sepak bola Sir Matt Busby mengumumkan pensiun sebagai manajer Manchester United pada akhir musim atau hari terakhir Piala FA pada 26 April 1969.

Sir Matt, yang kala itu berusia 59 tahun mengatakan pada konferensi pers di stadion klub di Old Trafford: "Ini saatnya memberi jalan bagi pria yang lebih muda sebagai manajer".

Dia mengatakan, tekanan dalam mengelola tim kelas atas menjadi terlalu besar untuk pria seusianya dan dia sekarang akan mengambil peran sebagai manajer umum, dikutip dari BBC, Minggu (14/1/2024).

Man United bukan lagi sekedar klub sepak bola,” katanya,.

"Melainkan sebuah institusi. Saya merasa tuntutannya melebihi kebutuhan manusia."

Manajer tim yang baru belum dipilih tetapi satu orang yang kala itu dipertimbangkan untuk mengisi posisi itu adalah Wilf McGuinness -- mantan pemain sayap United, pelatih dan manajer Inggris U-23 pada tahun tersebut.

Tragedi Munich

Sir Matt adalah manajer terlama di sepak bola Inggris. Dia mengambil alih United pada tahun 1945 dan sejak itu memiliki rekor prestasi yang luar biasa.

Dengan keuntungan 1 juta Pound Sterling yang dia hasilkan untuk klub, dia membangun kembali Old Trafford, yang rusak parah akibat ledakan tersebut.

Dia telah mengelola tiga tim yang sangat sukses. Yang pertama memenangkan Final Piala FA 1948 melawan Blackpool.

Pada tahun 1958 tragedi terjadi ketika delapan pemain tewas dalam kecelakaan udara di Munich setelah berkompetisi untuk Piala Eropa melawan Red Star Belgrade di Yugoslavia.

Sir Matt terluka parah tetapi selamat, bersama dengan Charlton yang berkata tentang dia hari ini: "Kehadiran Matt Busby akan selalu ada di Manchester United. Dia adalah Manchester United."

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Matt Busby Bangun Tim Ketiganya

Setelah tragedi Munich, Sir Matt membangun tim ketiganya, termasuk transfer Denis Law dari klub Italia Torino dengan rekor biaya 116.000 Pound Sterling.

Pada Mei tahun lalu United mengalahkan tim Portugal Benfica 4-1 untuk memenangkan Piala Eropa – tim Inggris pertama yang melakukannya.

Pada bulan Juni Sir Matt dianugerahi gelar ksatria.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.