Sukses

3 Januari 2019: Wahana Antariksa China Chang'e-4 Jadi yang Pertama Mendarat di Sisi Jauh Bulan

Pada 3 Januari 2019, wahana penjelajah Chang'e-4 milik China berhasil mendarat di sisi jauh bulan, menjadikannya wahana pertama yang sukses mendarat di wilayah yang belum pernah terlihat dari Bumi.

Liputan6.com, Beijing - China menorehkan sejarah dari luar angkasa pada 3 Januari 2019, wahana penjelajah Chang'e-4 milik mereka berhasil mendarat di sisi jauh Bulan, menjadikannya wahana pertama yang sukses mendarat di wilayah yang belum pernah terlihat dari Bumi.

Wahana ini, yang terdiri dari lander dan rover, berhasil mendarat di lokasi yang telah dipilih pada 177,6 derajat bujur timur dan 45,5 derajat lintang selatan di sisi tersembunyi Bulan pada pukul 10:26 waktu Beijing (07:26 WIB), seperti yang dilaporkan oleh Administrasi Antariksa Nasional China (China National Space Administration/CNSA).

Melansir dari Xinhua, dengan menggunakan satelit relay Queqiao (Magpie Bridge) sebagai bantuan, wahana ini berhasil mengirimkan foto close-up pertama dari sisi jauh Bulan, membuka era baru dalam eksplorasi Bulan.

Setelah pusat kontrol antariksa Beijing mengirim instruksi pada pukul 10:15 pagi waktu setempat, Chang'e-4 yang diluncurkan pada 8 Desember 2018, mulai melakukan penurunan dari ketinggian 15 km di atas bulan dengan menggunakan mesin dorong variabel, seperti yang dijelaskan oleh CNSA.

Chang'e-4 melambat dari kecepatan relatifnya terhadap bulan, dari 1,7 km per detik menjadi hampir tidak bergerak, dan wahana tersebut diatur posisinya pada ketinggian sekitar 6 hingga 8 km di atas permukaan Bulan.

Pada jarak 100 meter, wahana tersebut bergerak lambat untuk mendeteksi hambatan dan mengukur kemiringan area tersebut. Setelah menghindari hambatan, wahana antariksa China tersebut memilih area yang cukup datar dan mendarat secara perlahan secara vertikal.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tonggak Penting dalam Eksplorasi Antariksa China

Wahana penjelajah tersebut kemudian mendarat di kawah Von Karman di Basin Kutub Selatan-Aitken.

"Ini adalah tonggak penting bagi eksplorasi antariksa China," ujar Wu Weiren, perancang utama program eksplorasi Bulan China.

"Ini adalah tampilan yang sempurna dari kecerdasan manusia," tutur Jia Yang, perancang utama probe Chang'e-4, dari Akademi Teknologi Antariksa China (CAST).

"Mendarat di sisi jauh Bulan lebih berisiko daripada mendarat di sisi dekat. Medan yang kasar di sisi jauh telah menimbulkan banyak masalah," ungkap Sun Zezhou, perancang utama probe Chang'e-4 dari CAST.

Sun Zezhou menambahkan, "Tetapi menyelesaikan masalah tersebut mungkin membantu membangun dasar untuk eksplorasi antariksa masa depan. Pendaratan berpresisi tinggi adalah suatu keharusan untuk lebih menjelajahi Bulan dan asteroid. Kami berharap dapat mencapai seluruh Bulan dan bahkan seluruh tata surya."

3 dari 4 halaman

Potensi Temuan Luar Biasa Melalui Eksplorasi Chang'e-4

Bulan terkunci dalam pergerakan yang selaras dengan Bumi, memutar seiring dengan orbit planet ini. Sehingga, kita hanya bisa melihat satu sisi Bulan dari Bumi, menyisakan sisi yang tersembunyi sebagai misteri sebelum era wahana antariksa.

Observasi dari berbagai orbit mengungkap perbedaan mencolok antara dua sisi Bulan, yaitu sisi yang menghadap Bumi cenderung rata, sedangkan sisi tersembunyi dipenuhi dengan kawah dari berbagai ukuran yang diakibatkan oleh dampak.

Para ilmuwan meyakini bahwa kerak Bulan di sisi tersembunyi jauh lebih tebal daripada di sisi yang terlihat. Namun, realita ini masih menjadi misteri, dan hanya dengan eksplorasi langsung di tempat maka kebenarannya bisa terungkap.

"Sisi jauh Bulan memiliki fitur unik yang belum pernah dieksplorasi di tempat sebelumnya," ujar Zou Yongliao, direktur divisi eksplorasi Bulan dan ruang dalam Akademi Ilmu Pengetahuan China (CAS).

"Eksplorasi tanah yang belum tersentuh ini oleh Chang'e-4 mungkin membawa temuan yang luar biasa," lanjutnya.

4 dari 4 halaman

Peran Vital Chang'e-4

Wahana ini akan melakukan beragam tugas, seperti observasi astronomi pada frekuensi radio rendah, survei terhadap topografi dan kondisi geologis, identifikasi komposisi mineral dan struktur permukaan Bulan, serta mengukur radiasi neutron dan atom netral untuk memahami lingkungan di sisi tersembunyi Bulan, sesuai dengan penjelasan dari CNSA.

Bagi para ilmuwan astronomi, sisi tersembunyi Bulan adalah tempat yang tenang karena keberadaannya yang terlindungi dari interferensi sinyal radio Bumi. Dari sana, mereka dapat menyelidiki asal-usul dan evolusi bintang serta galaksi, memberikan wawasan baru tentang awal kehidupan alam semesta.

Melalui pengamatan astronomi pada frekuensi radio rendah dari Chang'e-4 di sisi tersembunyi Bulan, banyak kekosongan dalam penelitian astronomi akan terisi.

Selain itu, wahana ini membawa enam jenis organisme - kapas, canola, kentang, arabidopsis, lalat buah, dan ragi - ke lingkungan tak bernyawa untuk menciptakan lingkungan kecil yang dapat mendukung kehidupan, yang diharapkan dapat menghasilkan pertumbuhan tumbuhan pertama di Bulan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.