Sukses

Wawancara Khusus Profesor Andrew F. Cooper: Menyibak Peran Indonesia Bagi Strategi Indo-Pasifik Kanada

Profesor Ilmu Politik di Universitas Waterloo Profesor Andrew F. Cooper angkat bicara dari kaca matanya soal Strategi Indo-Pasifik Kanada termasuk peran Indonesia bagi kebijakan tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - Profesor Ilmu Politik di Universitas Waterloo Profesor Andrew F. Cooper angkat bicara dari kaca matanya soal Strategi Indo-Pasifik Kanada. Baik perihal dampaknya di ASEAN hingga menyorot isu rivalitas Amerika Serikat dan China di kawasan Indo Pasifik.

Ia tak luput mengungkap soal korelasi negara kelahirannya dengan Indonesia, Profesor Andrew Cooper menyinggung soal hubungan sejarah panjang yang dimiliki oleh Indonesia dan Kanada. Lalu mengaitkannya dengan kebijakan Strategi Indo-Pasifik Kanada.

Profesor Andrew Cooper menekankan bahwa hubungan antar manusia menjadi prioritas utama dari Strategi Indo-Pasifik Kanada.

"Menurut saya, yang paling penting adalah membangun hubungan antar manusia. Dalam banyak hal, meskipun orang Kanada dan orang Indonesia berada dalam iklim dan sejarah yang sangat berbeda, Kanada adalah bagian dari NATO, merupakan negara barat yang sangat beragam."

"Sementara itu, Indonesia memiliki tradisi panjang dalam ranah global sebagai negara di dunia selatan yang termasuk dalam kategori negara berkembang."

Andrew Cooper menilai bahwa Indonesia adalah mitra baik Kanada. Bukan tanpa alasan, ia menyebut bahwa Kanada tidak hanya memiliki kedutaan besar di Jakarta, tetapi juga lantaran ada tingkat penerimaan dan dukungan yang Kanada tunjukkan di Jakarta.

"Menurut saya, hal ini menunjukkan bahwa kami menerima serta menghormati peran penting Indonesia dalam urusan internasional," kata Andrew Cooper.

"Kita perlu bekerja keras di Indonesia untuk memahami negara-negara lain karena generasi muda memiliki beragam perspektif yang penting. Di beberapa negara seperti Bhutan dan Myanmar, ada rasa kecewa terhadap aspek pemerintahan dan sejenisnya," ujar Andrew.

Selain itu, berikut ini penjelasan selengkapnya soal Strategi Indo-Pasifik Kanada dan peran penting Indonesia dalam kebijakan tersebut, dalam sesi Wawancara Khusus program kanal Global Liputan6.com:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.