Sukses

18 November 2016: WHO Akhiri Status Darurat Global Penyebaran Virus Zika

WHO mengumumkan berakhirnya darurat kesehatan global terkait penyebaran virus Zika pada Jumat, 18 November 2016, menyebabkan kekecewaan bagi sebagian pakar kesehatan publik yang menghadapi wabah tersebut.

Liputan6.com, Brasília - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengumumkan berakhirnya darurat kesehatan global terkait penyebaran Virus Zika pada Jumat, 18 November 2016, menyebabkan kekecewaan bagi sebagian pakar kesehatan publik yang menghadapi wabah tersebut.

Melansir dari The New York Times, komite penasihat lembaga tersebut menyatakan bahwa mereka mengakhiri darurat tersebut, yang secara resmi dikenal sebagai Darurat Kesehatan Masyarakat yang Menjadi Perhatian Internasional (Public Health Emergency of International Concern), karena virus Zika kini terbukti sebagai penyakit yang ditularkan melalui nyamuk yang berbahaya, seperti malaria atau demam kuning, dan seharusnya dilihat sebagai ancaman yang berlangsung seperti penyakit lainnya, kadang-kadang dengan bantuan dari WHO.

Anggota komite tersebut secara berulang kali menekankan bahwa mereka tidak menganggap krisis Zika telah berakhir.

"Kami tidak mengurangi pentingnya Zika," kata Dr. Peter Salama, direktur eksekutif program darurat kesehatan WHO. "Kami ingin menyampaikan pesan bahwa Zika akan tetap ada dan respons WHO akan tetap ada."

Seperti semua penyakit yang ditularkan melalui nyamuk, Zika bersifat musiman dan dapat kembali berkembang di negara-negara dengan nyamuk Aedes Aegypti yang membawanya, tambah Dr. Salama.

Negara-negara yang baru menghadapi penyebaran Zika yang serius, masih bisa menyatakan darurat lokal, kata Dr. David L. Heymann, ketua komite penasihat.

Namun, beberapa pakar khawatir bahwa deklarasi WHO bisa melambatkan respons internasional terhadap wabah yang masih menyebar, dan membuat orang yang berisiko merasa aman.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Dianggap Terlalu Dini untuk Akhiri Status Darurat

Dr. Anthony S. Fauci, direktur Institut Alergi dan Penyakit Menular Nasional yang membiayai upaya untuk menemukan vaksin Zika, menyarankan bahwa terlalu dini untuk mengakhiri status darurat saat itu, mengingat musim panas baru saja dimulai di belahan bumi selatan.

"Apakah kita akan melihat peningkatan kembali di Brasil, Kolombia, dan tempat lainnya?" tanyanya.

"Jika mereka mengurangi status darurat, mereka harus dapat mengembalikannya. Mengapa tidak menunggu beberapa bulan untuk melihat apa yang terjadi?"

Lembaganya tidak akan melambatkan upaya vaksinnya, katanya.

Sejak WHO pertama kali menyatakan status darurat pada 1 Februari 2018, virus Zika telah menyebar ke hampir setiap negara di belahan Bumi Barat kecuali Kanada.

Ribuan bayi mengalami kecacatan akibat infeksi ini, dan diperkirakan akan ada lebih banyak lagi.

Wabah terbaru dan cacat lahir terkait juga telah terdeteksi di Asia Tenggara, meskipun ilmuwan percaya bahwa virus Zika telah beredar di sana selama beberapa dekade.

Kecacatan yang paling parah adalah mikrosefali, kepala yang kecil dengan otak yang sangat tidak berkembang; tetapi janin juga telah terbunuh oleh virus ini, dan bayi yang terinfeksi lahir buta, tuli, dengan kaki bengkok, dan kekakuan permanen pada anggota tubuhnya.

Ilmuwan juga khawatir bahwa banyak bayi yang terinfeksi yang saat ini terlihat normal mungkin akan mengalami defisit intelektual atau gangguan mental di kemudian hari.

 

3 dari 4 halaman

Lembaga Kesehatan Tetap Jalankan Tugas

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit tidak mengeluarkan pendapat tentang keputusan WHO, tetapi mencatat bahwa "ini tidak mengubah kebutuhan mendesak untuk melanjutkan pekerjaan kami."

Lembaga tersebut juga mengulangi peringatan yang dikeluarkan pada Januari bahwa wanita hamil sebaiknya menghindari bepergian ke daerah-daerah di mana virus ini ditularkan.

Pakar lain, seperti Dr. Fauci, lebih kritis. Keputusan WHO adalah "tidak bijaksana," kata Dr. Lawrence O. Gostin, direktur O'Neill Institute for National and Global Health Law di Georgetown University.

Meskipun virus ini tidak membunuh atau menyebabkan cacat pada sebanyak bayi seperti yang awalnya diharapkan, "respons internasional telah lambat," kata Dr. Gostin.

"Tindakan WHO untuk mengakhiri darurat global memberikan alasan bagi pemerintah dan donor untuk mundur lebih jauh," katanya.

Meskipun wabah ini tidak lagi memenuhi definisi teknis darurat dalam peraturan kesehatan internasional tahun 2005, ada komponen psikologis yang penting dalam mendeklarasikan darurat.

Judul-judul yang menyiratkan krisis telah berakhir mungkin membuat orang mengambil lebih sedikit langkah pencegahan terhadap penularan melalui hubungan seksual dan nyamuk, kata para ahli.

"Kita masih belum lepas dari masalah," kata Scott C. Weaver, seorang virolog di University of Texas Medical Branch di Galveston yang termasuk dalam yang pertama memperingatkan bahwa virus ini mengancam Amerika.

Bencana di timur laut Brasil, di mana lebih dari 2.000 bayi lahir dengan mikrosefali, mungkin tidak akan terulang, kata Mr. Weaver.

Dan ia "tidak akan terkejut jika penyakit ini telah berakhir di Amerika Tengah dan Karibia."

Tetapi, katanya, "Saya pikir yang terburuk masih akan terjadi di selatan Brasil — tempat-tempat seperti São Paulo. Dan beberapa tempat di Amazon belum melihat virus sama sekali."

 

4 dari 4 halaman

Teliti Hubungan Virus Zika dengan Beberapa Wilayah

Ketika sebagian besar populasi telah terinfeksi virus dan pulih, "kekebalan kelompok" biasanya mengakhiri penyebaran virus selama beberapa tahun, sampai cukup banyak korban yang rentan lahir.

Dr. Albert I. Ko, seorang epidemiologis dari Yale yang telah bekerja di timur laut Brasil selama bertahun-tahun, mengatakan bahwa ia memahami alasan WHO tetapi merasa lembaga tersebut bertindak terlalu cepat.

Luasnya kerusakan di Amerika Latin belum diketahui, katanya, karena masih banyak bayi yang terinfeksi yang belum lahir.

Selain itu, pemerintah-pemerintah di Asia baru saja menyadari bahwa mereka menghadapi krisis, tambahnya, dan sekarang mungkin mengambil langkah-langkah pencegahan yang lebih sedikit.

Saat WHO menyatakan darurat pada Februari, ini sebagian bertujuan untuk mendorong ilmuwan untuk meneliti hubungan Zika-mikrosefali dan membuat negara-negara bekerja sama dalam memerangi wabah tersebut.

Pada saat itu, tidak diketahui apakah lonjakan bayi mikrosefali di Brasil disebabkan oleh virus Zika, yang ditemukan pada tahun 1947 dan dianggap sebagai penyakit ringan.

Kemudian, pejabat WHO menyatakan diri mereka puas bahwa Zika adalah penyebab utama dari wabah mikrosefali.

Dalam pertemuan selanjutnya, pejabat-pejabat tersebut memutuskan bahwa risikonya tidak cukup untuk membenarkan pembatalan Olimpiade di Rio de Janeiro, tetapi cukup tinggi sehingga wanita hamil sebaiknya menghindari bepergian ke daerah tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini