Sukses

Jokowi Direncanakan Bertemu Joe Biden pada 13 November 2023 di Amerika Serikat

Presiden Amerika Serikat Joe Biden akan menerima Presiden RI Joko Widodo dalam pertemuan bilateral di Gedung Putih pada tanggal 13 November 2023.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Amerika Serikat Joe Biden akan menerima Presiden RI Joko Widodo dalam pertemuan bilateral di Gedung Putih pada tanggal 13 November 2023.

Dalam kunjungan tersebut, Presiden Biden akan menegaskan kembali komitmen AS untuk memperdalam kemitraan yang telah berusia hampir 75 tahun antara AS dan Indonesia sebagai negara demokrasi terbesar kedua dan ketiga di dunia.

"Kedua pemimpin akan menjajaki peluang untuk meningkatkan kerja sama dalam transisi energi bersih, memajukan kesejahteraan ekonomi, meningkatkan perdamaian dan stabilitas kawasan, serta memperkuat hubungan antar masyarakat," demikian disebutkan dalam keterangan tertulis Kedubes AS di Jakarta yang dikutip Liputan6.com, Rabu (8/11/2023).

"Kedua presiden juga akan berkoordinasi dalam upaya memperkuat sentralitas ASEAN dan menegakkan hukum internasional serta mendorong kawasan Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka."

Sebelumnya Joe Biden sempat menyampaikan ucapan selamat kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) atas hari ulang tahun (HUT) ke-78 Indonesia.

"Atas nama rakyat Amerika Serikat, saya menyampaikan ucapan selamat dengan tulus kepada Anda dan rakyat Indonesia dalam rangka perayaan kemerdekaan yang ke-78," kata Biden dalam pernyataan pers yang diterima Liputan6.com, Rabu (16/8). 

Dalam pesannya, Biden juga mengajak Jokowi untuk mengeratkan kerja sama antara Amerika Serikat dengan Indonesia, terutama dalam menghadapi tantangan global yang semakin pelik. 

"Kemitraan strategis antara Amerika Serikat dan Indonesia memajukan prinsip demokrasi yang sama-sama kita anut dan keamanan serta kemakmuran rakyat kita," tambahnya. "Kita bekerja sama untuk mengatasi tantangan global seperti perubahan iklim dan perlindungan lingkungan."

Presiden ke-46 AS itu juga menggarisbawahi dukungannya untuk keketuaan Indonesia di ASEAN. 

"Amerika Serikat juga memuji kepemimpinan Indonesia sebagai Ketua ASEAN dan mendukung tema ASEAN 2023, ASEAN Matters: Epicentrum of Growth," imbuh Biden. 

Biden juga mendorong kedua negara untuk menciptakan masa depan yang cerah dan tangguh di kawasan Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pesan Lengkap Joe Biden

Berikut adalah pesan lengkap yang disampaikan Joe Biden kepada Jokowi dalam rangka ucapan selamat HUT ke-78 RI:

 

Bapak Presiden Yang Terhormat,

Atas nama rakyat Amerika Serikat, saya menyampaikan ucapan selamat dengan tulus kepada Anda dan rakyat Indonesia dalam rangka perayaan kemerdekaan yang ke-78. Kemitraan strategis antara Amerika Serikat dan Indonesia memajukan prinsip demokrasi yang sama-sama kita anut dan keamanan serta kemakmuran rakyat kita.

Bersama-sama, negara kita mendorong masa depan yang cerah dan tangguh di Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka. Kita bekerja sama untuk mengatasi tantangan global seperti perubahan iklim dan perlindungan lingkungan. Kita memperkuat hubungan antarmasyarakat yang mendasari kemitraan kita bersama.

Amerika Serikat juga memuji kepemimpinan Indonesia sebagai Ketua ASEAN dan mendukung tema ASEAN 2023, “ASEAN Matters: Epicentrum of Growth.” Saya berharap dapat semakin memperdalam dan memperluas kerja sama dan persahabatan kita di tahun mendatang. Selamat atas hari kemerdekaan Indonesia yang menggembirakan ini.

Salam,

Joseph R. Biden Jr.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.