Sukses

Menlu Retno Marsudi Dapat Penghargaan Replika Mimbar Masjid Al Aqsa dari Aliansi Rakyat Indonesia Bela Palestina

Menlu Retno Marsudi mendapat apresiasi berupa cinderamata replika mimbar Masjid Al Aqsa pada aksi bela Palestina dari Aliansi Rakyat Indonesia Bela Palestina.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Luar Negeri (Menlu) Indonesia, Retno L.P Marsudi, turut serta dalam acara aksi bela Palestina di kawasan Monas pada Minggu 5 November 2023. Pantauan Liputan6.com di lokasi, ia mendapat sambutan meriah dari massa.

Hal itu selaras dengan komentar netizen Twitter di akun @ismailfahmi. "Bu Menlu @Menlu_RI menjadi salah satu bintang dalam aksi ini. Sebagai Srikandi Indonesia yang lantang menyuarakan dukungan kepada Palestina di forum PBB," tulisnya dalam utas pada Minggu (5/1/2023).

Selain itu, diketahui pula bahwa Menlu Retno Marsudi mendapat apresiasi berupa cinderamata pada aksi bela Palestina tersebut.

"Atas nama presiden Indonesia, mewakili presiden, pemerintah Indonesia, kita serahkan ke ibu menteri replika mimbar Masjidil Aqsa dari Aliansi Rakyat Indonesia Bela Palestina," ujar pembawa acara Aksi Indonesia Bela Palestina.

Pembawa acara juga menyebutkan bahwa penghargaan tersebut merupakan replika mimbar Masjidil Aqsa. Disebutkan bahwa benda tersebut merupakan buatan anak bangsa.

"Salah satu pembuat mimbarnya adalah anak Indonesia," ujar pembawa acara.

Sebelumnya, pada momen tersebut, Menlu Retno membacakan sebuah puisi yang yang ia tulis untuk warga Palestina, korban perang di Jalur Gaza.

"Semalam saya menulis puisi, judulnya 'Palestina Saudaraku'," ujar Menlu Retno Marsudi dalam Aksi Indonesia Bela Palestina yang digelar di Monas.

Pantauan Liputan6.com, puisi Menlu Retno tersebut berisi dukungan Indonesia bagi Palestina. Setiap bait yang ia bacakan berhasil menyentuh hati massa yang menghadiri aksi tersebut --yang terlihat sedih ketika mendengarnya.

Menlu Retno terlihat memakai outfit serba putih termasuk turban yang juga pernah dikenakannya dalam beberapa kesempatan. Selain itu ia melengkapinya dengan syal bergambar bendera Palestina.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Isi Lengkap Puisi Menyentuh Menlu Retno untuk Warga Palestina di Gaza: Indonesia Terus Bersamamu

Hatiku miris, karena bocah itu menangis

Dia terluka, dia tidak bisa berkata, dia tidak tahu di mana bapak ibunya

Setiap 10 menit 1 anak wafat di Gaza

Ribuan orang tua kehilangan anak

Tak terbilang betapa ribu anak kehilangan orang tuanya

Setiap tangan tertulis nama mereka tidak ingin mati tanpa penanda

Rumah mereka hanya langit

Kasur mereka hanya Bumi

Kapan kekejaman ini akan berhenti?

Kapan keadilan ini akan menghampiri?

Aku dan Indonesia ku pantang mundur akan terus membantu

Aku dan Indonesia ku akan terus bersamamu sampai penjajah itu enyah dari rumahmu

Palestina, kau adalah saudara ku dan aku Indonesia ku akan selalu bersamamu

 

3 dari 4 halaman

Menlu Retno Tegaskan Dukungan Indonesia Atas Perjuangan Bangsa Palestina

Sekitar 2 juta massa diperkirakan hadir di acara aksi bela Palestina di Monas Jakarta hari ini, Minggu (5/11/2023). Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno L.P Marsudi turut hadir pada momen tersebut.

Tepuk tangan meriah dari massa menyambut kehadiran Menlu Retno Marsudi di atas panggung acara aksi bela Palestina itu.

Pada kesempatan tersebut, Menlu Retno kembali menegaskan dukungan pemerintah RI terhadap Palestina yang kini tengah terdampak perang Israel-Hamas.

"Ibu bapak yang saya hormati, atas nama pemerintah Indonesia kami ingin menegaskan dukungan Indonesia terhadap perjuangan bangsa Palestina," ucap Menlu Retno dalam pidatonya.

"Ibu-bapak kita berkumpul di sini bersatu dari yang Bhineka untuk menunjukan solidaritas kita terhadap kemanusiaan," imbuh ibu Menlu RI.

4 dari 4 halaman

Menlu Retno: Bantuan Pertama Indonesia Telah Diberangkatkan, Selanjutnya Dipersiapkan

Pada kesempatan tersebut, ia menyampaikan kepada publik bahwa Indonesia telah mengirimkan bantuan pertama kepada Palestina yang tengah terdampak perang Israel-Hamas.

"Bantuan pertama sudah diberangkatkan langsung oleh Presiden Jokowi," ujar Menlu Retno dalam Aksi Aliansi Rakyat Indonesia Bela Palestina di Monas, Minggu (5/11/2023).

Selanjutnya, kata Menlu Retno Marsudi, bantuan untuk Palestina kloter berikutnya sedang dalam proses. "Untuk bantuan selanjutnya akan dipersiapkan."

Menlu Retno pun mengapresiasi bantuan dari Tanah Air, dari rakyat Indonesia yang telah peduli dan turut memberikan bantuan kepada warga Palestina korban perang di Jalur Gaza.

"Ini bukan hanya bantuan pemerintah, tetapi seluruh masyarakat Indonesia yang disalurkan melalui lembaga-lembaga kemanusiaan. Terima kasih kepada seluruh rakyat Indonesia," ujar Menlu Retno.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini