Sukses

Polisi China Gagalkan Upaya Pembunuhan Massal 1.000 Ekor Kucing yang Semula Akan Dijadikan Sosis

Polisi di China berhasil menyelamatkan sekitar 1.000 kucing dari sebuah truk yang menuju ke rumah jagal, yang akan diperdagangkan sebagai daging babi dan kambing.

Liputan6.com, Hong Kong - Polisi di China berhasil menyelamatkan sekitar 1.000 kucing dari sebuah truk yang menuju ke rumah jagal. Laporan media pemerintah mengungkapkan bahwa tindakan penyelamatan tersebut berhasil menghentikan perdagangan gelap yang menjual daging kucing sebagai daging babi atau kambing.

Kejadian tersebut juga memicu kekhawatiran baru terkait keamanan pangan.

Berdasarkan informasi dari aktivis hewan awal bulan ini, petugas dari Zhangjiagang, di provinsi Jiangsu, China timur, berhasil menghentikan kendaraan yang digunakan untuk mengangkut kucing yang ditangkap. Sumber berita yang terhubung dengan pemerintah China, The Paper, melaporkan kejadian ini.

Melansir dari CNN, Kamis (26/10/2023), menurut laporan tersebut, jika tidak ada campur tangan, kelompok kucing tersebut kemungkinan besar akan diolah dan dikirim ke wilayah selatan untuk dihidangkan sebagai sate babi dan domba, juga sebagai sosis.

Setelah intervensi berhasil dilakukan, polisi dan otoritas pertanian segera mengirim kucing-kucing tersebut ke tempat penampungan terdekat. Tindakan itu berhasil menggagalkan rencana bisnis gelap yang bisa menghasilkan hingga US$ 20.500 (sekitar Rp326 juta).

Laporan tersebut tidak memberikan detail apakah ada penangkapan yang telah dilakukan, atau apakah kucing-kucing ini adalah kucing liar atau hewan peliharaan. CNN telah mencoba menghubungi polisi Zhangjiagang dan tempat penampungan hewan untuk mendapatkan komentar lebih lanjut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Aktivis Hewan Berjuang Hentikan Perdagangan Gelap Daging Kucing di Tiongkok

Menurut laporan dari The Paper, aktivis hewan pertama kali menemukan sejumlah besar kotak kayu berpaku yang berisi banyak kucing di dekat sebuah kuburan.

Mereka melakukan patroli di jalan-jalan selama enam hari, ketika truk mulai mengangkut kucing-kucing menuju rumah jagal, mereka segera turun tangan dan menghubungi polisi, seperti yang dilaporkan.

Foto-foto yang dipublikasikan oleh The Paper menunjukkan kucing-kucing yang telah diselamatkan, sedang beristirahat di dalam kandang yang lebih besar di tempat penampungan.

Salah satu aktivis yang diwawancarai oleh media tersebut menyatakan bahwa operasi ilegal tersebut mungkin menjual daging kucing dengan harga sekitar $4 (Rp63 ribu) per pon, dengan mengklaim bahwa itu adalah daging kambing atau babi. Setiap kucing diperkirakan memiliki berat sekitar empat hingga lima pon (1,8 hingga 2,4 kg) setelah diproses.

"Beberapa orang akan melakukan apa pun karena ini menguntungkan," ujar Gong Jian, seorang aktivis yang membangun tempat perlindungan bagi kucing liar di Jiangsu, mengatakan kepada The Paper.

3 dari 4 halaman

Melawan Perdagangan Gelap, Keamanan Pangan, dan Perlindungan Hewan

Seorang aktivis lain bernama Han Jiali, yang mengaku turut serta dalam menghentikan truk tersebut, memberitahu media China bahwa hal tersebut bukanlah pengalaman pertamanya. Dia sebelumnya juga telah berhasil menggagalkan perdagangan gelap serupa di Guangdong, sebuah provinsi di selatan China.

Laporan tersebut telah menimbulkan kekhawatiran serius terkait hak-hak hewan dan keamanan pangan di platform media sosial China. Banyak yang mendesak otoritas untuk menerapkan pengawasan yang lebih ketat.

China telah menghadapi sejarah panjang skandal pangan dan masalah keamanan sebelumnya. Salah satu contoh terbaru adalah insiden kepala tikus yang ditemukan dalam makanan di perguruan tinggi.

Awalnya, pejabat setempat bersikeras bahwa itu hanyalah sebuah penipuan, tetapi setelah adanya kekhawatiran bahwa penyelidik provinsi akan menyembunyikan kasus tersebut, mereka akhirnya mengakui kebenarannya.

Walaupun China memiliki peraturan yang mengatur dan melindungi hewan ternak dan hewan yang terancam punah, belum ada undang-undang umum yang secara khusus melarang kekejaman terhadap hewan peliharaan, termasuk anjing dan kucing liar.

4 dari 4 halaman

Perjuangan untuk Hak-hak Hewan di China

Selama beberapa waktu, kelompok-kelompok yang memperjuangkan hak-hak hewan dan lingkungan telah gencar berusaha melawan praktik penggunaan bagian tubuh hewan, bahkan dari spesies yang terancam punah, untuk pengobatan tradisional.

Selain itu, ada peningkatan penolakan terhadap festival tahunan penggunaan daging anjing di Yulin, yang berlokasi di wilayah otonom barat Guangxi.

Salah satu dari banyak peserta dalam diskusi terbaru menyatakan, "Hewan tidak memiliki hak dan tidak ada jaminan keamanan pangan."

Pada hari Minggu saja, topik ini telah dilihat lima juta kali.

Pada tahun 2021, otoritas setempat mendapat kritik tajam karena beberapa hewan peliharaan di-eutanasia setelah pemiliknya dinyatakan positif Covid. Salah satu kejadian melibatkan seorang petugas kesehatan yang memukuli seekor corgi hingga mati dengan sekop, yang mengakibatkan reaksi marah dari masyarakat.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.