Sukses

Sopran dan Paduan Suara Indonesia Digandeng Meriahkan Tribute to Maria Callas, Ikon dan Legenda Musik Opera Italia

Konser opera eksklusif "Tribute to Maria Callas" akan digelar di Jakarta pada 7 Oktober 2023, akan menghadirkan keajaiban Bel Canto Italia dalam perayaan seratus tahun kehidupan Maria Callas, ikon soprano abad ke-20.

Liputan6.com, Jakarta - Dalam rangka merayakan 100 tahun Maria Callas, penyanyi sopran terkenal abad ke-20, pihak Kedutaan Besar Italia, Institut Kebudayaan Italia Jakarta, dan Ciputra Artpreneur akan mengadakan konser opera istimewa yang diberi judul "Tribute to Maria Callas.”

Acara ini akan menampilkan para penyanyi opera dari Italia dan Indonesia bersama dengan Jakarta Concert Orchestra dan Batavia Madrigal Singers -- Indonesia Choir, paduan suara berkelas Internasional yang  telah meraih berbagai prestasi baik dalam dan luar negeri.

Konser ini akan berlangsung pada tanggal 7 Oktober 2023 di Teater Ciputra Artpreneur, Jakarta.

Maria Battaglia, Direktur Institut Kebudayaan Italia Jakarta menyatakan bahwa Maria Callas merupakan sosok ikonik yang sangat berpengaruh bagi dunia opera.

"Maria Callas tidak hanya mewakili lagu opera di Italia, tetapi juga di seluruh dunia. Callas telah menapaki panggung-panggung teater internasional yang bergengsi dari Milan ke New York hingga London, menjadi ikon dan legenda musik opera yang sesungguhnya. Kemampuan bernyanyi dan interpretasinya begitu luar biasa sehingga tidak tertandingi oleh penyanyi sopran lainnya,” ujar Battaglia.

Konser opera sebagai tribute untuk Maria Callas baru akan pertama kali diselenggarakan di Indonesia. Melalui konser opera ini, Battaglia berharap masyarakat Indonesia dapat menyaksikan dan mengenali budaya dari Italia.

"Kami ingin mempersembahkan Bel Canto, yang merupakan bagian dari tradisi Italia ke Jakarta, agar masyarakat Indonesia dapat menyaksikan kemampuan para musisi dan paduan suara dan melihat bagaimana mereka menginterprestasikannya serta yang terpenting adalah mengenang karakter hebat sepanjang abad, yaitu Maria Callas," ujar Battaglia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Menyelami Kedalaman Emosional dalam Tribute untuk Maria Callas

Sebagai bagian dari persiapan menuju acara puncak pada 7 Oktober, diadakan meet and greet eksklusif pada 3 Oktober 2023 di Jakarta. Liputan6.com berkesempatan untuk mewawancarai beberapa pihak terlibat yang akan menunjukkan penampilannya pada konser ini.

Salah satu penyanyi sopran utama yang turut tampil adalah Felicia Bongiovanni, seorang sopran dari Italia yang telah banyak memukau penonton di panggung internasional. Dia telah menerima banyak hadiah, penghargaan dan merekam berbagai CD.

Sopran -- penyanyi suara tertinggi dalam klasifikasi vokal di dalam budaya musik klasik barat. Istilah ini berasal dari bahasa Italia 'sopra' -- dari Italia yang akan bernyanyi di konser tribute untuk Maria Callas ini menyampaikan pada Liputan6.com mengenai kedalaman emosional yang ia rasakan dari nyanyian Maria Callas.

"Callas adalah panutan untuk saya dan saya mempelajari cara menyanyi Callas. Namun, saat saya bernyanyi, saya melakukannya dengan perasaan, semangat, dan interpretasi dari kisah hidup saya,” ujar Bongiovanni.

Bongiovanni turut menyebutkan bahwa ia merasa sangat dekat dengan Maria Callas

“Callas bukan hanya inspirasi bagi saya, tetapi saya juga melihatnya sebagai wanita yang sangat bersemangat. Saya merasa seperti Callas ketika saya bisa mengekspresikan perasaan saya melalui aria yang saya nyanyikan,” lanjutnya.

3 dari 4 halaman

Penyanyi Indonesia Terlibat dalam Tribute untuk Maria Callas Berbagi Pengalaman

Dario Ricchizzi, seorang penyanyi tenor dari Italia yang akan tampil dalam konser opera ini, berbagi cerita tentang persiapannya dengan Liputan6.com.

"Pertama-tama, ini adalah penghormatan yang luar biasa, para musisi berkolaborasi untuk menyiapkan sebuah tribute untuk sosok ikonik yang luar biasa. Jadi kami harus menyatukan perasaan dan emosi agar dapat menampilkan yang terbaik untuk konser ini," ujar Ricchizzi.

Ricchizzi juga bercerita mengenai teknik vokal yang ia pelajari dalam menafsirkan musik Maria Callas.

"“Maria Callas mulai belajar menyanyi dengan teknik Bel Canto, dengan kekuatan vokal, dinamis, range, yang luar biasa, Callas dapat menyanyikan banyak lagu dengan kemampuan luar biasa yang ia miliki. Saya pikir saya harus mencobanya untuk memberikan tribute kepada sosok luar biasa seperti Callas," jelas Ricchizzi.

Regina Handoko, sopran asal Indonesia yang akan turut tampil dalam konser ini berbicara kepada Liputan6.com bahwa ia sangat antusias dengan keterlibatannya di konser ini.

"Excited bukan main, ini adalah suatu kesempatan yang luar biasa dan sebuah penghormatan bahwa saya bisa tampil dengan beberapa musisi handal dari Italia," ujar Regina.

Melalui konser opera ini, Regina juga berharap bahwa masyarakat Indonesia menjadi lebih paham dan terbuka tentang lagu-lagu klasik.

"Sekarang animonya sudah cukup banyak, banyak orkestra di Indonesia yang mengadakan konser, harapan saya semoga lagu-lagu klasik ini dapat semakin dinikmati oleh masyarakat Indonesia," ujar Regina.

 

4 dari 4 halaman

Konser Opera Tribute to Maria Callas

Sebuah konser megah yang dipersembahkan khusus untuk sang diva akan membawa kita dalam perjalanan memukau melalui karya-karya opera pilihan tercinta dari Callas, termasuk gubahan Rossini, Bellini, Verdi, Puccini, dan Mascagni.

Kehadiran penyanyi sopran Felicia Bongiovanni dari Italia dan Regina Handoko dari Indonesia, bersama dengan tenor Darioo Ricchizzi dari Italia, turut memeriahkan orkestra yang dipimpin oleh Maestro Massimiliano Sinceri dan Choir Director Maestro Avip Priatna.

Ini adalah kali pertama penyanyi opera dari Italia dan Indonesia berkolaborasi bersama dengan 65 musisi dari Jakarta Concert Orchestra dan 60 penyanyi dari Batavia Madrigal Singers serta Choir Director, menghasilkan perpaduan musik yang luar biasa.

Tiket tersedia dalam 5 kategori. Mulai dari Bronze (Rp.300.000), Silver (Rp.475.000), Gold (Rp. 750.000), Platinum (Rp.1.100.000), dan VIP (Rp.1.475.000). Tiket dapat dibeli di loket.com.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.