Sukses

Potret Warga Jepang Ikut Lomba 17 Agustus di KBRI Tokyo

Warga Jepang juga ikut lomba 17 Agustus pada acara yang digelar KBRI Tokyo pada beberapa waktu lalu.

Liputan6.com, Tokyo - KBRI Tokyo beserta puluhan warga Jepang turut memeriahkan acara 17 Agustus dengan lomba-lomba meriah, termasuk balap karung. Aktivitas ini merupakan bagian dari acara Rumah Budaya Indonesia (RBI) di Balai Indonesia, Sekolah Republik Indonesia Tokyo (SRIT) pada Sabtu, 26 Agustus 2023.

RBI, merupakan program promosi seni dan budaya KBRI Tokyo yang rutin memperkenalkan keragaman budaya Indonesia, termasuk bahasa dan kuliner kepada masyarakat Jepang.

Berdasarkan rilis resmi KBRI Tokyo, Senin (28/8/2023), Acara dimeriahkan dengan aneka lomba yang diikuti oleh seluruh warga Jepang yang hadir. Mereka larut dalam kegembiraan dengan aneka lomba yang diikuti seperti lomba makan krupuk, balap karung dan membawa kelereng dengan sendok.

<p>Suasana lomba 17 Agustus tahun 2023 yang digelar KBRI Tokyo. Peserta sedang lomba makan kerupuk. Dok: KBRI Tokyo</p>

Kegiatan yang dihadiri 60 warga Jepang ini juga merupakan rangkaian perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia di Tokyo dengan tema "Lomba Tradisional dan Festival Soto plus Es".

Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Tokyo Yusli Wardiatno berharap melalui acara pengenalan ragam kuliner dan berbagai kemeriahan lomba peringatan kemerdekaan dapat semakin menjadi perekat antar masyarakat Indonesia dan Jepang. Hadirin juga bisa menyantap kuliner khas Indonesia. 

"Saya berharap kerja sama antar kelompok masyarakat Indonesia Jepang di tengah peringatan 65 tahun hubungan diplomatik kedua negara semakin meningkat,” ujar Yusli Wardiatno.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kuliner Nusantara

 

Imelda Coutrier, diaspora pegiat budaya Indonesia yang membantu KBRI Tokyo dalam penyelenggaraan RBI memaparkan kepada warga Jepang yang hadir berbagai jenis Soto dan minuman es yang menyegarkan dari berbagai daerah di Indonesia.

Imelda juga mengenalkan ragam perlombaan masyarakat dalam memeriahkan peringatan kemerdekaan Indonesia.

"Tahun ini kami merasa penting RBI mengenalkan kepada warga Jepang kebiasaan masyarakat Indonesia memeriahkan momen peringatan kemerdekaan Indonesia dengan aneka lomba. Kami juga gelar festival soto dan es. Kami ingin menularkan kegembiraan momen kemerdekaan Indonesia," ujar Imelda.

Warga Jepang pun senang dengan kuliner yang tersaji.

“Senang sekali. Seru. Baru kali ini saya ikut lomba seperti ini, dan nikmat ya Soto Semarang yang disajikan. Terima kasih sekali," kata Nana salah seorang warga Jepang yang hadir di acara ini.

Wisata kuliner Jepang ke Indonesia pun diharapkan semakin meningkat.

“Soto Semarang dan Es Cendol yang disajikan hanya sebagian kecil dari ratusan bahkan ribuan jenis kuliner Indonesia yang khas dan lezat. Termasuk pula pengenalan lomba. Saya ingin mengajak warga Jepang yang hadir untuk datang ke Indonesia untuk berwisata kuliner," ucap Yusli Wardiatno.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.