Sukses

5 Ciri-Ciri Orang yang Tidak Menyukai Keramaian, Apa Penyebabnya?

Introvert adalah orang yang lebih menyukai lingkungan yang tenang untuk mengisi ulang dan mendapatkan energi dengan introspeksi.

Liputan6.com, Jakarta - Introvert adalah orang yang lebih menyukai lingkungan yang tenang untuk mengisi ulang dan mendapatkan energi dengan introspeksi.

Berdasarkan definisi ini, Anda sudah dapat menebak bahwa kerumunan besar orang mungkin bukanlah habitat alami para introvert.

Tapi, apa saja alasan yang lebih tepat mengapa introvert sangat alergi terhadap keramaian dan apa ciri-cirinya?

Dikutip dari laman infjmalepsychology, Selasa (8/8/2023) berikut 5 ciri-ciri dan alasan introvert membenci keramaian:

1. Terlihat Khawatir

Interaksi sosial bisa menjadi sesuatu yang membuat banyak introvert merasa sedikit khawatir.

Ini mungkin ada hubungannya dengan keterampilan sosial mereka yang umumnya kurang berkembang jika dibandingkan dengan ekstrovert.

Bukan untuk mengatakan bahwa introvert tidak dapat memiliki keterampilan sosial yang sangat berkembang.

Namun, dibandingkan dengan standar keterampilan sosial ekstrovert, standar keterampilan sosial introvert lebih cenderung kurang canggih.

2. Terlihat Stres

Overstimulasi benar-benar membuat stres para introvert dan membuat mereka kehabisan energi mental dan fisik.

Ketika mereka telah mencapai titik stimulasi berlebihan, mereka perlu mundur ke tempat yang tenang (seperti kamar tidur atau kamar mandi) dan memulihkan diri.

Bergantung pada seberapa parah stimulasi berlebihan itu, proses pemulihan ini mungkin memakan waktu beberapa jam atau bahkan sisa hari itu.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Diam Tapi Memperhatikan

Introvert memiliki bakat unik dalam hal introspeksi.

Seperti yang mungkin Anda ketahui, introspeksi adalah kemampuan untuk memeriksa atau mengamati proses mental dan emosional diri sendiri.

Ini adalah kemampuan yang kuat karena mengarah pada wawasan dan pemahaman yang lebih dalam tentang kepribadian dan dunia batin seseorang.

Banyak introvert sangat bangga dengan kemampuan ini. Karena introvert sering kali memiliki kemampuan introspeksi yang lebih berkembang, mereka cenderung memiliki kesadaran di atas rata-rata tentang dunia batin mereka.

 

3 dari 4 halaman

4. Merasa Terjebak di Dalamnya

Salah satu cara introvert yang sangat penting untuk mencoba mencegah dan mengelola rangsangan berlebihan adalah dengan memiliki pilihan untuk melarikan diri dari lingkungan dan situasi yang luar biasa pada waktu tertentu.

Misalnya, selama pertemuan yang menegangkan di tempat kerja, introvert mungkin mundur ke kamar mandi sebentar untuk menenangkan diri.

Atau ketika sebuah kereta terlihat terlalu ramai untuk kenyamanan seorang introvert, mereka mungkin memilih untuk tetap menunggu di peron untuk kereta berikutnya yang kurang padat sehingga mereka dapat melakukan perjalanan yang lebih tenang.

 

4 dari 4 halaman

5. Tidak Suka Obrolan Ringan

Meskipun introvert menyukai percakapan yang sedikit lebih dalam dari sekadar permukaan, faktanya adalah introvert dan orang asing yang tidak cukup mengenal satu sama lain sulit untuk berbicara lebih intim.

Jadi obrolan ringan adalah cara yang logis untuk memulai sesuatu, tetapi intinya adalah bahwa introvert cenderung tidak menyukai obrolan ringan.

Introvert cenderung membenci keramaian, karena keramaian mengekspos diri ke banyak situasi obrolan ringan yang tidak beralasan yang sulit dicegah atau dihindari.

Jadi hal yang paling logis untuk seorang introvert adalah menghindari keramaian sama sekali.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.