Sukses

Video Viral Dua Perempuan Telanjang Diarak di Manipur India Tuai Kemarahan

Sebuah video yang memperlihatkan dua perempuan diarak telanjang oleh massa picu kemarahan di India.

Liputan6.com, Manipur - Sebuah video yang memperlihatkan dua perempuan diarak telanjang oleh massa di negara bagian timur laut Manipur yang dilanda kekerasan telah memicu kemarahan di India.

Polisi mengatakan mereka telah membuka kasus pemerkosaan beramai-ramai dan menangkap seorang pria, menambahkan bahwa yang lainnya akan segera ditahan.

Pada Kamis (20/7/2023), sesi parlemen terganggu karena anggota parlemen menuntut diskusi tentang masalah dua perempuan telanjang diarak massa.

Perdana Menteri Narendra Modi juga mengatakan insiden itu telah "mempermalukan India" dan "tidak ada kesalahan yang akan terhindar".

"Saya meyakinkan bangsa, hukum akan mengambil jalannya dengan sekuat tenaga. Apa yang terjadi dengan putri Manipur tidak akan pernah bisa dimaafkan," katanya, akhirnya memecah kesunyian di Manipur lebih dari dua bulan setelah kekerasan dimulai.

Mahkamah Agung juga menyatakan keprihatinannya atas penyerangan tersebut. Ketua Mahkamah Agung India DY Chandrachud mengatakan pengadilan "sangat terganggu dengan video tersebut" dan meminta pemerintah untuk mengambil tindakan.

Polisi mengatakan penyerangan terhadap wanita itu terjadi pada 4 Mei tetapi menjadi berita utama nasional pada Kamis 5 Mei, setelah videonya mulai viral di media sosial. Pemerintah federal telah meminta semua perusahaan media sosial untuk menghapus video dari platform mereka.

Sedikitnya 130 orang tewas dan 60.000 orang mengungsi sejak bentrokan etnis dimulai antara komunitas Meitei dan Kuki pada Mei di Manipur.

Video mengerikan kedua wanita itu dibagikan secara luas di media sosial pada hari Rabu. Itu menunjukkan mereka diseret dan diraba-raba oleh segerombolan pria yang kemudian mendorong mereka ke lapangan.

Indigenous Tribal Leaders' Forum (ITLF) atau Forum Pemimpin Suku Adat mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa kekejaman telah dilakukan di sebuah desa di distrik Kangpokpi, terhadap perempuan dari komunitas suku Kuki-Zo. Ia juga menuduh bahwa para wanita telah diperkosa beramai-ramai.

"Perkosaan beramai-ramai terhadap perempuan terjadi setelah desa dibakar dan dua laki-laki - satu paruh baya dan satu remaja - dipukuli sampai mati oleh massa," kata ITLF.

Polisi mengatakan bahwa insiden itu terjadi pada 4 Mei dan kasus penculikan serta pemerkosaan dan pembunuhan telah didaftarkan di Distrik Thoubal.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Picu Reaksi Keras

Insiden tersebut telah memicu reaksi keras dari politikus di seluruh spektrum.

Menteri Federal Smriti Irani, menyebut insiden itu "terkutuk dan benar-benar tidak manusiawi".

Beberapa pemimpin oposisi juga mengkritik pemerintah Partai Bharatiya Janata karena tidak berbuat banyak untuk memadamkan kekerasan di negara bagian Manipur.

Pemimpin partai Kongres Priyanka Gandhi Vadhra mengatakan bahwa "gambaran kekerasan seksual terhadap perempuan dari Manipur sangat memilukan".

Ketua Menteri Delhi Arvind Kejriwal juga mengutuk insiden itu. "Tindakan keji semacam ini tidak dapat ditoleransi dalam masyarakat India," katanya.

3 dari 4 halaman

PM Modi: Serangan Itu Tidak Dapat Dimaafkan

Menteri Rime Narendra Modi memecah kesunyian publik selama lebih dari dua bulan atas bentrokan etnis yang mematikan di timur laut India, dengan mengatakan pada Kamis bahwa serangan terhadap dua wanita saat mereka diarak telanjang oleh massa di negara bagian Manipur tidak dapat dimaafkan.

Sebuah video yang menunjukkan serangan itu memicu kemarahan besar-besaran dan dibagikan secara luas di media sosial pada Rabu malam meskipun sebagian besar internet diblokir dan jurnalis tak dapat masuk ke negara bagian terpencil itu. Rekaman tersebut menunjukkan dua perempuan telanjang dikelilingi oleh puluhan pria muda yang meraba-raba kemaluan mereka dan menyeret mereka ke lapangan.

“Yang bersalah tidak akan terhindar. Apa yang terjadi pada anak perempuan Manipur tidak akan pernah bisa dimaafkan,” kata Modi kepada wartawan menjelang sesi parlemen dalam komentar publik pertamanya terkait konflik Manipur seperti dikutip dari Associated Press.

4 dari 4 halaman

Satu Orang Ditangkap

Polisi mengatakan penyerangan terhadap kedua wanita itu terjadi pada 4 Mei, sehari setelah kekerasan dimulai di negara bagian itu. Menurut pengaduan polisi yang diajukan pada 18 Mei, kedua wanita itu adalah bagian dari sebuah keluarga yang diserang oleh massa yang membunuh dua anggota keluarga laki-lakinya.

Pengaduan tersebut menuduh pemerkosaan dan pembunuhan oleh "penjahat tak dikenal".

Polisi negara bagian telah melakukan penangkapan pertama dalam kasus tersebut, kata Ketua Menteri Manipur Biren Singh di Twitter, tanpa menyebutkan jumlah orang yang ditangkap. Demikian mengutip Associated Press.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini