Sukses

Potret Makkah dari Ruang Angkasa Saat Ibadah Haji, Astronaut Uni Emirat Arab Kirim Pesan Hari Raya Idul Adha

Astronaut Uni Emirat Arab Sultan Al Neyadi tengah dalam misi enam bulan di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS).

Liputan6.com, Jakarta - Sultan Al Neyadi, salah satu dari dua astronaut pertama Uni Emirat Arab, tahun ini merayakan Hari Raya Idul Adha di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS). Dan bertepatan dengan Hari Arafah, Al Neyadi pun mengunggah sebuah pesan melalui akun media sosialnya.

"Hari ini adalah Hari Arafah, hari penting selama pelaksanaan ibadah haji, yang mengingatkan kita bahwa iman bukan hanya tentang keyakinan, tapi juga tindakan dan refleksi. Semoga ini menginspirasi kita semua untuk memperjuangkan belas kasih, kerendahan hati, dan persatuan," tulis Al Neyadi seperti dikutip dari unggahannya.

Tidak lupa, astronaut berusia 42 tahun itu juga memuat potret Makkah yang diabadikannya sendiri.

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Sultan Al Neyadi (@astro_alneyadi)

Setelahnya, Al Neyadi juga mengucapkan selamat Hari Raya Idul Adha.

"Selamat Hari Raya Idul Adha kepada para pemimpin yang terhormat dan Anda semua. Semoga kesempatan yang baik ini membawa kebaikan dan keberkahan yang melimpah bagi kita semua," tulisnya.

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Sultan Al Neyadi (@astro_alneyadi)

The National News melaporkan pada awal Juni 2023, Al Neyadi telah menjalani setengah perjalanan dari misi enam bulannya di ISS. Dia tiba di sana pada 3 Maret dalam misi luar angkasa jangka panjang pertama di dunia Arab.

Selama tiga bulan bertugas di luar angkasa, Al Neyadi tercatat sebagai orang Arab pertama yang melakukan spacewalk, yaitu kegiatan di luar pesawat atau stasiun antariksa. Dalam misinya, dia berpartisipasi pada lebih dari 200 eksperimen sains yang ditugaskan kepadanya dan rekan-rekannya.

Di sela-sela menjalankan misi, Al Neyadi yang merupakan insinyur teknologi informasi, itu juga berkomunikasi dengan anak-anak dan para penggemar ruang angkasa.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Al Neyadi: Selamat Hari Kemerdekaan Amerika Serikat

Bertepatan dengan 4 Juli, yang merupakan Hari Kemerdekaan Amerika Serikat (AS), Al Neyadi mengunggah potret Great Salt Lake di Utah and San Francisco Bay Salt Ponds.

"Selamat tanggal 4 Juli bagi seluruh teman-teman AS saya!," tulisnya.

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Sultan Al Neyadi (@astro_alneyadi)

3 dari 3 halaman

Rayakan Idul Fitri dan Ulang Tahun Juga di Luar Angkasa

Momen istimewa lainnya yang dirayakan Al Neyadi di luar angkasa adalah ulang tahunnya ke-42, di mana dia diberi kejutan oleh rekan-rekannya.

"Merayakan ulang tahun pertama saya di luar angkasa bersama rekan-rekan yang telah menjadi keluarga," twit Al Neyadi pada 23 Mei.

"Sorotan hari ini? Kue top maple muffin dari kru AS, roti kayu manis dengan yoghurt dan buah-buahan kering dari kru Rusia, diakhiri dengan ucapan dalam bahasa Arab."

"Benar-benar perayaan yang melawan gravitasi!"

Mengingat rentang waktu misinya, Al Neyadi tentu juga merayakan Hari Raya Idul Fitri tahun ini di luar angkasa. Dia mengunggah sebuah video yang memperlihatkan dirinya mengenakan pakaian gamis putih, lengkap dengan sorban putih.

"Biasanya, saya Idul Fitri bersama keluarga dan anak-anak saya, namun hari ini bersama teman saya Suhail dan Kashkhin Kashkha Al-Eid di ISS," twit Al Neyadi pada 21 April.

Al Neyadi akan kembali ke Bumi pada Agustus 2023.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini