Sukses

KBRI: Hingga Saat Ini Belum Ada Info WNI Korban Ledakan Besar di Paris Prancis

Pihak KBRI Paris bergerak cepat untuk memastikan apakah ada warga negara Indonesia (WNI) menjadi korban dalam peristiwa tersebut.

Liputan6.com, Paris - Ledakan besar menguncang pusat Kota Paris, Prancis.

Ledakan terjadi di sebuah gedung yang menampung sekolah desain dan pusat sistem pendidikan Katolik di Rue Saint-Jacques. Dua orang setidaknya dianggap hilang dan petugas darurat dilaporkan masih melakukan pencarian di antara reruntuhan dengan bantuan anjing pelacak.

Menurut laporan awal BBC, 37 orang terluka, dengan empat di antaranya menderita luka serius.

Mengetahui kabar tersebut, pihak KBRI Paris bergerak cepat untuk memastikan apakah ada warga negara Indonesia (WNI) menjadi korban dalam peristiwa tersebut.

"KBRI Paris telah berkoordinasi dengan Kepolisian Paris. Hingga saat ini Kepolisian Paris masih melakukan identifikasi 37 korban di mana 5 orang dalam kondisi kritis," demikian update dari pihak KBRI seperti disampaikan Direktur PWNI dan BHI Kemlu RI dalam keterangan tertulisnya pada Kamis (22/6/2023).

Secara paralel, sambung Joedha, KBRI juga menghubungi simpul komunitas Indonesia di Paris. "Hingga saat ini belum ada informasi dari masyarakat Indonesia mengenai adanya korban WNI."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tercium Bau Gas

Daerah di mana ledakan terjadi membentang ke selatan dari Latin Quarter di daerah Left Bank Paris yang populer di kalangan turis dan terkenal dengan populasi pelajarnya.

Seorang siswa di Ecole des Mines di Boulevard Saint-Michel mengatakan kepada Le Parisien, "Saya berada di depan Val de Grace, saya mendengar ledakan besar dan melihat bola api setinggi 20 atau 30m. Dan bangunan itu runtuh dengan ledakan besar. Saya mencium bau gas."

Saksi lain, Antoine Brouchot, mengatakan kepada BBC bahwa dia berada di rumah ketika mendengar "ledakan besar".

"Saya menjulurkan kepala ke luar jendela dan melihat ke arah (rumah sakit) Cochin, lalu saya melihat kepulan asap besar dan saat saya mendekat, ada sebuah bangunan yang runtuh dan untuk saat ini, ada api."

3 dari 3 halaman

Daerah Lokasi Ledakan Ditutup

Jaksa Paris Laure Beccuau mengatakan setelah tiba di tempat kejadian bahwa pemeriksaan awal rekaman kamera menunjukkan ledakan terjadi di dalam gedung, yang berada di sebelah Gereja Val de Grace.

Namun, pihak berwenang mengatakan penyebab ledakan yang memicu kebakaran itu belum ditentukan.

"Bangunan itu awalnya dilalap api, tetapi kobaran api kemudian dapat dikendalikan," kata kepala polisi Paris Laurent Nunez seperti dilansir BBC.

Daerah tersebut telah ditutup dan Menteri Dalam Negeri Gerald Darmanin telah berada di tempat kejadian.

Dia mengatakan anjing pelacak telah mengidentifikasi di mana korban lebih lanjut dapat ditemukan di bawah reruntuhan. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini