Sukses

Pengunjung Mabuk Ganja Rusak Pagar Kandang, Sembilan Monyet Berbahaya Kabur dari Kebun Binatang

Sembilan kera jambul melarikan diri dari kebun binatang di Czechia setelah seorang pria, yang diduga mabuk ganja, merusak pagar listriknya.

Liputan6.com, Děčín - Pada Senin 12 Juni 2023 lalu, monyet-monyet berbahaya dilaporkan kabur berkeliaran keluar kandangnya gara-gara seorang pria yang disebut mabuk ganja merusak pagar listrik tempat tinggal primata-primata tersebut.

Primata-primata itu merupakan spesies yang terancam punah, yakni crested macaques atau kera jambul.

Ada sembilan kera jambul yang melarikan diri dari kebun binatang di Děčín, Czechia tanggal 12 Juni. Namun media Mirror yang dikutip Sabtu (24/6/2023) menyebut bahwa tujuh di antaranya telah ditangkap kembali, sementara dua di antaranya masih kabur.

Berdasarkan laporan polisi, pria itu membuat kabur satwa karena mabuk akibat obat-obatan terlarang. Dia mencoba menjabat tangan si satwa, dan menerima sengatan listrik dari pagar.

Pria itu marah dalam proses menjabat tangan si primata, lalu merusak pagar dan mengakibatkan monyet yang memiliki gigitan kuat dan berat hingga 10 kg melarikan diri dari kandang.

Kebun Binatang Děčín terpaksa ditutup setelah insiden tersebut, tetapi dibuka kembali dua hari setelah kejadian - ketika enam monyet masih hilang.

Sejak itu, lebih banyak monyet yang ditangkap, dipancing ke dalam kandang yang berisi makanan.

Perangkap itu ditempatkan di dekat kebun binatang karena pihak berwenang berharap monyet akan berusaha untuk kembali ke rumah.

Mereka berhasil menangkap jantan yang merupakan pemimpin, betina dan bayinya, dan monyet jantan yang lebih kecil.

Pihak kebun binatang menyalahkan "pengunjung tak diundang" karena merusak pagar.

Dalam pernyataan yang dikeluarkan di situs web kebun binatang, mereka mengatakan, “Seluruh pasukan kera jambul melarikan diri karena kesalahan pengunjung tak diundang yang merusak pagar listrik di salah satu kandang."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Informasi Penangkapan Dua Monyet Lain

Situs web kebun binatang itu juga mencantumkan beberapa informasi lain mengenai penangkapan satwanya.

"Beberapa monyet tetap berada di area kebun binatang, tetapi yang lain sudah berpindah-pindah. Jika Anda melihat monyet, dalam keadaan apa pun jangan mencoba menangkap mereka sendiri dan segera beri tahu kami."

Dua monyet yang berkeliaran terlihat di taman hutan di Pastýřská stěna tetapi ketika didekati mereka melarikan diri.

The Times melaporkan bahwa monyet-monyet tersebut sedang menuju ke daerah pegunungan di perbatasan dengan Jerman.

Di sini mereka akan lebih sulit ditangkap mengingat kecerdasan dan ketangkasan mereka.

3 dari 4 halaman

Penyebab Monyet Kabur

Juru bicara kebun binatang, Alena Houšková, mengatakan kepada media lokal, "Kami benar-benar membutuhkan kedamaian bagi monyet untuk kembali, kami percaya bahwa kami juga dapat menangkap tiga kera lainnya. Dua kera sedang duduk di atas kandang ketika kami mendekatinya, tetapi tentu saja mereka langsung kabur."

Pria berusia 42 tahun, yang tidak disebutkan namanya, dikatakan sebagai yang bertanggung jawab atas perusakan pagar listrik monyet itu.

Dalam laporan, diketahui bahwa dia berusaha untuk menjabat tangan monyet saat sedang mabuk ganja, kemudian terkena sengatan listrik.

Karena marah, dia merusak pagarnya. Ia sempat ditahan sebentar oleh polisi.

Sore hari setelah kejadian, polisi menemukan tersangka dan menangkapnya. Pengujian lebih lanjut mengarah pada penemuan obat-obatan terlarang di sistem tubuhnya.

4 dari 4 halaman

Zebra Kabur dari Kebun Binatang

Pada bulan Maret lalu, seekor zebra jantan di ibu kota Korea Selatan, Seoul dilaporkan kabur dari kebun binatang, tepatnya Kamis 23 Maret 2023.

Zebra bernama Sero itu terlihat berlari di jalan-jalan yang sibuk dan gang-gang kecil selama berjam-jam sebelum dibius dan dikembalikan ke salah satu kebun binatang di Korea Selatan.

Video di media sosial menunjukkan Sero yang berusia 3 tahun berlari kencang melalui Distrik Gwangjin, Seoul di tengah lalu lintas yang padat, berjalan menyusuri gang-gang sempit di lingkungan perumahan, serta melewati zebra cross saat berlari di sekitar kota.

Petugas pemadam kebakaran yang dikirim ke tempat kejadian kemudian menggiring mamalia itu ke sebuah gang, di mana Sero akhirnya ditenangkan dan dibawa kembali ke Children’s Grand Park, rumahnya di timur Seoul.

Menurut stasiun pemadam kebakaran Gwangjin-gu, petugas menerima laporan pertama pada pukul 15.43 waktu setempat tentang zebra berkeliaran bebas di sekitar kantor polisi, demikian dilansir dari CNN, Jumat (24/3/2023).

Untuk membaca artikel lengkapnya, klik di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.