Sukses

Invasi Rakun di Jepang Bikin Pemerintah Repot, Awalnya Akibat Pengaruh Anime

Sebuah anime populer diduga menyebabkan infestasi rakun di Jepang, membuat pemerintah kebingungan.

Liputan6.com, Tokyo - Dulu, ada anime populer di Jepang yang berjudul Rascal the Raccoon. Anime itu berasal dari novel berjudul Rascal, A Memoir of a Better Era yang ditulis oleh Sterling North.

Namun tidak disangka, anime ini diduga menyebabkan infestasi rakun di Jepang. Rakun itu menginvasi kehidupan spesies-spesies lain di Jepang.

Dilaporkan media Oddity Central, Rabu (17/5/2023), dalam beberapa dekade terakhir, hewan rakun telah dinaturalisasi di 44 dari 47 prefektur negara itu, padahal hewan itu bukan asli dari Jepang. Hal ini akhirnya menyebabkan bermacam masalah bagi manusia dan spesies hewan lainnya.

Bermula pada tahun 1963, penulis Amerika Sterling North meluncurkan bukunya yang paling populer, Rascal: A Memoir of a Better Era. Novel itu menceritakan kisah seorang anak laki-laki bernama Sterling yang bertualang dengan sahabat rakunnya Rascal, dan itu menjadi hit besar sehingga Disney memutuskan untuk membuat versi film live-action.

Sementara di Jepang, petualangan Rascal dibuat menjadi serial anime 52 episode berjudul Araiguma Rasakaru (Rascal the Raccoon), yang tayang selama setahun pada tahun 1977 dan menjadikan rakun sebagai hewan peliharaan yang paling dicari di negara tersebut.

Namun ada satu masalah, tidak ada rakun di Jepang. Alhasil, orang-orang mulai mengimpornya dari Amerika Serikat dengan jumlah sekitar 1.500 rakun per bulan.

Akan tetapi, sebenarnya novel tulisan North itu sudah menyebut bahwa rakun tidak cocok dipelihara. Jika orang-orang yang ingin memelihara rakun membaca bagian akhir dari buku Sterling North atau menonton seluruh serial anime, mereka akan menyadari bahwa rakun dewasa bukanlah hewan yang cocok untuk dipelihara.

Dalam buku tersebut, Sterling menyadari bahwa Rascal adalah hewan liar yang dimaksudkan untuk hidup di alam, jadi dia melepaskannya. Namun, banyak keluarga yang cukup ceroboh untuk mengadopsi bayi rakun sebagai hewan peliharaan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Dampak Infestasi Rakun

Pada saat pihak berwenang menyadari apa yang sedang terjadi dan mulai mencegah orang agar tidak melepaskan rakun peliharaan mereka di alam liar, semuanya sudah terlambat.

Mamalia yang banyak akal ini telah mengusir spesies liar lainnya, menghancurkan tanaman, serta kuil dan rumah kayu tradisional, dan tidak banyak yang bisa dilakukan untuk menghentikannya.

Ada puluhan ribu jumlah mereka, dan semuanya berkembang biak dengan kecepatan yang tidak terkendali.

Di kota-kota, mereka mulai mengkuak sampah untuk mencari makanan, bahkan menyerang orang-orang yang berada di antara mereka dan sampah mereka.

Sebenarnya, Jepang memiliki spesies rakunnya sendiri, seperti tanuki (anjing rakun) tetapi mereka tidak dapat bersaing dengan rakun umum dalam kemampuan beradaptasi, sehingga mereka terancam kehilangan wilayahnya.

Sumber daya yang dicari pun sama, tetapi rakun asal Amerika jauh lebih ahli dalam mengamankannya.

Dengan puluhan ribu rakun yang diimpor dalam hitungan bulan, dan tanpa adanya pemangsa alami, hanya sedikit yang dapat dilakukan pemerintah Jepang untuk mengendalikan keadaan.

3 dari 4 halaman

Upaya Jepang

Dalam upaya untuk mencegah rakun merusak tanaman pertanian, kuil kayu tradisional, dan rumah, beberapa prefektur Jepang telah mengambil keputusan kontroversial untuk memusnahkan hewan tersebut.

Hal ini telah menarik kemarahan para aktivis hak-hak binatang, dan ini tidak membantu mengendalikan jumlah rakun yang sudah terlalu banyak.

Meskipun infestasi rakun saat ini melanda Jepang, anime yang memulai semuanya masih sangat populer di Jepang, dan orang-orang masih menyukai Rascal si rakun.

4 dari 4 halaman

Anjing Rakun Diprediksi Akan Menjadi Hama Berikutnya di Inggris

Anjing rakun jenis eksotis dari keluarga rubah asli Jepang, China dan Siberia, adalah salah satu spesies invasif paling merusak yang berisiko menjadi mapan di Inggris. Mereka lucu dan berbulu, dan bisa menjadi hama utama berikutnya di Inggris.

Sebuah studi "pemindaian cakrawala" yang didanai oleh Departemen Lingkungan, Makanan, dan Urusan Pedesaan mengidentifikasi anjing rakun sebagai satu-satunya mamalia dalam daftar 20 spesies invasif yang kemungkinan mencapai pantai Inggris dan menghancurkan satwa liar asli atau membawa penyakit.

Melansir The Guardian, anjing rakun diperkenalkan ke Uni Soviet lama pada pertengahan abad ke-20, termasuk di negara-negara Baltik seperti Latvia. 

Secara historis diternakkan untuk diambil bulunya, anjing rakun melarikan diri dan telah menyebar dengan cepat melalui benua Eropa dalam beberapa tahun terakhir, menjajah negara-negara Eropa utara seperti Finlandia, Swedia dan Denmark, meskipun ada upaya pemberantasan, dan terlihat di Prancis, Jerman, Polandia dan Belanda.

Untuk baca selengkapnya klik di sini

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini