Sukses

Asal-Usul Nagoya Disebut Kota Paling Membosankan di Jepang, Faktanya Mengejutkan

Hanya sedikit wisatawan internasional yang mengunjungi Jepang datang ke Nagoya, mungkin karena tidak memiliki daya tarik internasional seperti Tokyo, Kyoto, atau Osaka. Tetapi jelas tidak pantas mendapat julukan Japan’s most boring city atau kota paling membosankan di Jepang. Menurut Anda?

Liputan6.com, Nagoya - Nagoya merupakan pusat kekuatan industri dari sekitar 2,3 juta orang di pusat kota metropolitan, berpenduduk sekitar 10 juta di Jepang tengah, kota ini sekitar dua pertiga jarak antara kota Tokyo dan Osaka yang lebih terkenal.

Namun hanya sedikit wisatawan internasional yang mengunjungi Jepang datang ke Nagoya, mungkin karena tidak memiliki daya tarik internasional seperti Tokyo, Kyoto, atau Osaka, tetapi jelas tidak pantas mendapat julukan Japan’s most boring city atau kota paling membosankan di Jepang.

Mengutip dari cnn.com, Sabtu (13/5/2023), faktanya kota dan kawasan sekitar Nagoya yang dikenal sebagai Chukyo sejatinya dipenuhi dengan banyak atraksi. Termasuk kastil bersejarah, makanan lezat, perjalanan kereta api yang indah, taman hiburan yang menarik, bar lokal yang berkembang pesat, dan beberapa museum terbaik Jepang.

Jadi mengapa beberapa penduduk Jepang terutama di Kota Nagoya memiliki reputasi membosankan?

Semuanya dimulai pada tahun 2016, menurut Japan Times, ketika Nagoya menjadi yang terakhir dalam survei yang meminta penduduk di delapan kota untuk memilih mana yang paling menarik sebagai tujuan wisata.

Bertahun-tahun kemudian, kota ini telah membuktikan sebaliknya, menurut warga Nagoya Lena Yamaguchi dan Elisabeth Llopis. Pada tahun 2020, pasangan ini mendirikan Nagoya Is not boring, sebuah perusahaan wisata lokal yang bertujuan untuk berbagi kecintaan mereka terhadap kota ini kepada para pengunjung.

"Wisatawan dapat menikmati nuansa tradisional dan modern dalam ukuran yang ringkas, dan tidak hanya pada siang hari, di mana Anda dapat menjelajahi banyak kastil dan kuil di area tersebut," kata Llopis. Pada malam hari, dia menyarankan untuk mengunjungi bar izakaya lokal untuk melihat lebih dekat budaya lokal kota. 

Salah satu wisata jajanan kaki lima di Nagoya yang tidak membosankan yaitu menikmati sake sambil jalan-jalan malam untuk melihat kota. Bagi wisatawan yang lebih suka menjelajah sendiri, kota ini mudah dinavigasi dengan aplikasi peta dan kartu pintar transit – hampir setiap jenis kartu di Jepang dapat ditukar, tetapi yang lokal disebut Manaca dan Toica.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Nagoya Kota Modern yang Ramai

Jika Anda pernah bepergian dengan kereta Shinkansen antara Tokyo dan Osaka, Anda telah melewati Nagoya, dan bahkan mungkin mengingat distrik pencakar langit di sekitar pusat stasiun kereta.

Di sini Anda akan melihat Jepang yang modern persis seperti yang orang inginkan, termasuk department store Takashimaya, outlet Kamera BIC untuk barang elektronik, atau toko kerajinan dan lifestyle, Uniqlo untuk mode terbaru Jepang, serta beberapa hotel. 

Jika pergi ke Jepang dan ingin menginap di hotel bisnis, ada Toyoko Inn chain dengan harga yang murah serta pelayanan yang bersih, semuanya dapat dicapai dengan berjalan kaki dari stasiun. 

Nagoya juga merupakan tempat yang bagus untuk berbelanja secara royal, salah satunya mungkin di Nagoya Marriott Associa merupakan gedung pencakar langit, yang tepat di atas stasiun kereta api utama, yang menawarkan pemandangan kota yang luar biasa.

Bagi pecinta kereta api, pemandangan tinggi di atas rel Shinkansen dan local lines memberikan perasaan diorama kereta kehidupan nyata.

Jika Anda tidak ingin berbelanja mewah mungkin Nagoya Marriott Associa bisa jadi pilihan. Terletak di salah satu gedung pencakar langit tepat di atas stasiun kereta api utama, yang menawarkan pemandangan kota yang luar biasa. Bagi pecinta kereta api, pemandangan tinggi di atas rel Shinkansen dan jalur lokal akan memberikan momen diorama kereta api yang nyata.

Bagi penggemar Starbucks bisa mengunjungi di kompleks JR Towers yang berada di kawasan sama.

Tiga gedung pencakar langit ini menampilkan satu set lantai restoran yang saling terkait di lantai 12 dan 13, dengan 75 restoran untuk setiap selera dan anggaran, yang merupakan pengalaman perkenalan atau eksplorasi yang luar biasa.

Dua gedung pencakar langit memiliki kafe dan restoran dengan pemandangan panorama yang luar biasa di lantai 51 atau 52.

3 dari 4 halaman

Makanan Khas Lokal yang Lezat

Makanan lokal Nagoya yang terkenal yaitu Nagoya-meshi, makanan ini melambangkan lokasi bersejarah kota, baik sebagai pelabuhan maupun sebagai bagian dari jalan Tokaido yang menghubungkan ibu kota Kyoto dan Edo (nama lama Tokyo).

Makanannya sangat bervariasi, mulai dari sayap ayam dan spageti fusion Italia, hingga hidangan yang lebih berani seperti sashimi ayam mentah.

Lima gaya khas Nagoya berakar pada miso merah lokal (belut hitsumabushi, daging babi miso katsu, miso nikomi udon mie), jenis ayam kochin lokal (sayap ayam tebasaki dan sashimi ayam mentah toriwasa), perpaduan Italia (teppan dan ankake spageti), perpaduan Asia (seperti kishimen, sugakiya, dan ramen ala Taiwan), dan menu kedai kopi (seperti roti panggang selai kacang ogura).

Selain itu ada juga restoran-restoran kecil yang terletak di pusat perbelanjaan bawah tanah Esca, yang tersembunyi di bawah sisi barat stasiun. 

Hanya beberapa ratus meter dari stasiun, terutama di sisi barat, pengunjung dengan cepat pergi dari gedung pencakar langit setinggi 50 lantai ke lingkungan biasa dengan rumah khas Jepang dan apartemen bertingkat rendah.

Berkeliling di sekitar area ini memberi Anda perasaan nyata tentang bagaimana kehidupan sehari-hari warga di sana, dengan toko-toko kecil dan restoran lokal.

4 dari 4 halaman

Sejarah dan Tradisi Asli Jepang

Dari semua istana indah Jepang, sebagian besar merupakan replika, dibangun dalam bentuk tradisional dengan material modern setelah Perang Dunia II.

Kastil Nagoya adalah salah satu contoh terbaiknya, dengan benteng utamanya yang besar dibangun kembali dengan beton pada tahun 1950-an dan sekarang menjadi bagian dari kompleks museum yang juga mencakup Museum Nishinomaru Okura, yang dibuka pada tahun 2021.

Kota ini sedang dalam proses pembangunan kembali menara luar dari bahan asli dan terus mengembangkan kawasan kastil dengan mempertimbangkan warisan budaya dan artefak.

Hanya 12 kastil di seluruh Jepang yang tetap berdiri dalam bentuk aslinya, salah satunya adalah Kastil Inuyama di kota dengan nama yang sama di pinggiran utara Nagoya, terletak di kaki pegunungan Alpen Jepang.

Hanya 45 menit dari Stasiun Nagoya dengan jalur kereta pribadi (non-JR) Meitetsu, area antara stasiun Inuyama dan kastilnya telah dipugar dengan simpatik dalam beberapa tahun terakhir.

Tempat menariknya adalah jalan perbelanjaan Honmachi-Dori, didesain ulang untuk mencerminkan sejarahnya di era Showa (1926-1989, masa pemerintahan kaisar Showa, yang dikenal di Barat dengan nama lahirnya, Hirohito). Nikmati semuanya mulai dari manisan tradisional hingga persewaan kimono dalam perjalanan Anda dari kastil.

Pengunjung yang lebih muda juga akan menikmati Japan Monkey Park di dekatnya, taman hiburan bergaya Jepang yang sangat khas, dengan wahana dan memiliki bagian taman air.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.