Sukses

800 Lebih Anggota Pemuja Setan Berkumpul di Boston AS, Pertemuan Terbesar dalam Sejarahnya

Ratusan anggota The Satanic Temple berkumpul untuk 'pertemuan para pemuja setan terbesar dalam sejarah'.

Liputan6.com, Boston - 'SatanCon' yang sangat dinanti-nantikan para pengikutnya berlangsung di Boston, Amerika Serikat (AS). Ratusan anggota The Satanic Temple berkumpul untuk 'pertemuan para pemuja setan terbesar dalam sejarah'.

Pengunjuk rasa yang berapi-api gagal menghentikan pertemuan, sementara auditorium yang penuh dengan pemuja iblis melihat para hadirin merobek Alkitab dan melakukan Unbaptism yang berlawanan dengan baptis.

Peristiwa mengerikan itu didedikasikan untuk Wali Kota Boston Michelle Wu, setelah dia menolak untuk mengizinkan organisasi tersebut menyampaikan doa para pemuja setan di Boston City Hall (Balai Kota Boston).

Ketika festival tiga hari dimulai pada Jumat 28 April, para hadirin dihadapkan dengan pengunjuk rasa yang menentang pengabdian acara tersebut kepada setan.

Anggota The Satanic Temple mengklaim kelompok mereka menganjurkan pemisahan gereja dan negara, sementara, tidak seperti kelompok serupa lainnya, tidak harus percaya pada iblis.

Acara tersebut mendapat kecaman dalam beberapa minggu terakhir setelah mengiklankan dirinya sebagai 'akhir pekan penghujatan' untuk merayakan 'pertemuan setan terbesar dalam sejarah'.

Menandai hari jadinya yang ke-10 di Marriott Copley Place di Boston, lebih dari 800 peserta yang mengenakan masker menikmati kisah-kisah yang mendalam sambil menikmati khotbah dari para pembicara.

'Salam Setan!' teriak salah satu pembicara, Chalice Blythe, yang mengulangi seruan itu sambil merobek sebuah Alkitab dan bendera advokasi polisi 'garis biru tipis' selama upacara pembukaan.

Di salah satu momen yang lebih aneh, pembicara lain yang mengenakan baju merah besar menghancurkan keyboard komputer sambil menyatakan: 'Bagi kita yang bisa, kita harus membela mereka yang tidak bisa'.

Pasar setan juga tampil di acara tersebut, di mana orang dapat membeli berbagai suvenir yang terinspirasi dari Lucifer.

Lucifer adalah nama yang sering kali diberikan kepada Iblis dalam keyakinan Kristen karena penafsiran tertentu atas sebuah ayat dalam Kitab Yesaya. Secara lebih khusus, diyakini bahwa inilah nama Iblis sebelum ia diusir dari surga.

Bantal satir 'Live Laugh Love' dan boneka kepala kambing setan dipajang di pasar, di samping t-shirt, lilin, perhiasan, dan literatur setan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

The Satanic Temple Picu Protes, Pengunjuk Rasa Berkumpul

Kelompok The Satanic Temple menjadi berita utama dalam beberapa tahun terakhir setelah berkampanye untuk memperkenalkan patung idola kepala kambing seberat satu ton di sebelah monumen yang memperingati 10 Commandments.

Anggotanya mengaku tidak memandang Setan sebagai kejahatan, melainkan melihat karakter tersebut sebagai simbol untuk mempertanyakan otoritas.

Konferensi tersebut memicu pengunjuk rasa berkumpul di luar, termasuk anggota  The American Society for the Defense of Tradition yang memegang papan bertuliskan 'Satan Has No Rights' (Setan Tidak Memiliki Hak).

'Kami mendapat ancaman', kata seorang peserta kepada Freedom News. 'Ada pengunjuk rasa, beberapa dari mereka berada di luar. Kami tidak masalah mereka protes, itu hak mereka.'

Setelah membuka markas resmi pertamanya di Salem, Oregon, pada tahun 2016, para aktivis telah berusaha untuk memimpin dalam mengadvokasi pemisahan gereja dan negara.

Sementara Wali Kota Wu mendapati dirinya sebagai subjek konferensi tahun ini, The Satanic Temple sebelumnya mendedikasikan acara lain untuk tokoh masyarakat yang menentangnya.

Sebelum acara di Scottsdale, Arizona, mantan Wali Kota Republik Jim Lane dan mantan Anggota Dewan Republik Suzanne Klapp juga mengadakan pertemuan yang didedikasikan untuk mereka setelah juga menolak permintaan doa setan pada pertemuan Dewan Kota.

3 dari 4 halaman

Memicu Kemarahan Publik

Advokasi kelompok setanisme itu sempat memicu kemarahan bulan lalu setelah sebuah sekolah dasar California mulai mengadakan 'After School Satan Club'.

Salah satu orang tua, berbicara kepada KBAK, mengecam keputusan mengizinkan klub sebagai 'menjijikkan', sementara yang lain mengatakan itu 'salah'.

SatanCon tidak menghindar dari kontroversi, bagaimanapun, dengan plakat yang terlihat di stan 'Education with Satan' (Pendidikan dengan Setan) di konferensi membandingkannya dengan 'Good News Club', sebuah kelompok agama yang diizinkan di sekolah.

Kelompok tersebut mengklaim kelas setelah sekolahnya, tidak seperti Good News Club, 'mempromosikan pandangan dunia yang rasional, berbasis sains, dan non-takhayul'.

 

4 dari 4 halaman

Klaim Ajaran The Satanic Temple

Kelompok The Satanic Temple mengklaim berusaha untuk menjauhkan diri dari kelompok setan lainnya, dan menegaskan tujuan utamanya adalah pemisahan gereja dan negara, dan mengajarkan empati.

"Ini tentang mendukung hak asasi manusia. Ini tentang mendukung otonomi tubuh perempuan. Ini tentang kebebasan beragama, kebebasan dari agama," kata peserta SatanCon Richard-Lael Lillard kepada WBZ-TV.

"Kebanyakan tidak percaya pada Setan, bukan Setan secara harfiah. Ini bukan film horor tahun 1980-an."

Peserta lain, Suzanna Plum, menambahkan: 'Saya memahami kebingungan, ketakutan. Saya benar-benar melakukannya, tetapi pada saat yang sama, kami adalah kelompok yang sangat disalahpahami.'

"Kami sama seperti orang lain. Kami membayar pajak, ingin komunitas kami meningkat dan berbuat lebih baik. Kami mencintai anak-anak kami sama seperti orang lain. Kami hanya orang biasa, kami hanya memiliki kepercayaan yang sedikit berbeda," ungkap Plum.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini