Sukses

17 April 2002: Tidak Ada Perintah, Pilot Jet Tempur AS Malah Jatuhkan Bom dan Bunuh 4 Tentara Kanada

Latihan malam pada tanggal 17 April 2002 berakhir tragis bagi tentara Kanada. Sudah diperintahkan untuk menunggu, pilot AS malah jatuhkan bom.

Liputan6.com, Kandahar - Pilot pesawat tempur AS “tanpa sengaja” menjatuhkan bom dan membunuh empat orang tentara Kanada dan melukai delapan lainnya. Tanggal 17 April 2002 diingat sebagai hari penuh duka.

Fatal, ini menjadi kematian pertama tentara Kanada di wilayah Afganistan, juga kematian pertama di zona pertempuran sejak Perang Korea tahun 1950-1953.

Melansir Radio Canada International, Senin (17/4/2023), malam hari 17 April, anggota Infanteri Ringan Kanada (PPCLI) 3 Miliar Putri Patricia sedang melakukan latihan menembak di tempat yang dikenal sebagai “Peternakan Tarnak”. 

Tempat itu adalah bekas koperasi pertanian bertembok seluas 100 hektar. Beberapa bangunan bata lumpur satu dan dua lantai berdiri di sana. Terletak sekitar 15 kilometer dari lapangan terbang dan pangkalan Kandahar, Afghanistan Selatan.

Peternakan Tarnak adalah area pelatihan yang dikenal sebagai tempat dimana semua pasukan koalisi berlatih.

Informasi mengenai latihan malam yang akan dilaksanakan pada hari itu juga telah disebarluaskan kepada anggota koalisi lainnya.

Saat latihan sedang berlangsung di malam itu, dua pilot F-16 Amerika terbang untuk kembali ke Kuwait setelah enam jam mengudara di atas Afganistan Utara.

Di ketinggian 23.000 kaki (7.000 m), pilot jet tempur itu melihat kilatan dari arena latihan di bawah mereka dan mengiranya sebagai tembakan dari darat ke udara.

Salah satunya memutuskan untuk terbang lebih rendah untuk melihat lebih dekat, ia juga bertanya kepada pengawas AWACS, apakah ia bisa menyisir area tersebut dengan tembakan meriam 20mm.

Pengawas memintanya menunggu, begitu juga dengan rekan pilotnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bom Tetap Dijatuhkan, 4 Tentara Kanada Tewas

Pilot tersebut mengatakan bahwa semakin banyak tembakan darat yang terlihat dan ia bersaksi melihat seseorang di bawah sana, “Sepertinya artileri menembaki kami.”

Meskipun sudah diminta menunggu, mantan instruktur “top gun” yang juga dipanggil “psiko” itu memutuskan terjun dan melepaskan bom yang dipandu laser dalam serangan langsung ke tentara Kanada di bawahnya.

Beberapa detik kemudian pengawas memerintahkan pilot untuk pergi, menginformasikan bahwa pasukan yang terlihat menembakinya itu adalah kawan.

Bom jatuh dan menewaskan empat tentara Kanada serta melukai delapan lainnya.

Tragedi itu membawa amarah dan kesedihan teramat besar bagi Kanada.

Perdana Menteri Liberal, Jean Chretien, berkata, 

“Saat seperti ini, kami menerima kata-kata hiburan itu, tetapi itu hanyalah kata-kata.”

“Tidak ada keadilan pada rasa sakit dan kehilangan yang dirasakan pagi ini,” tambahnya.

Nama dari dua pilot yang berbasis di Illinois itu baru terungkap beberapa lama kemudian.

 

 

3 dari 4 halaman

Kanada Berduka, Pilot F-16 Sibuk Mencari Alasan

Pilot Pengawal Nasional Udara Mayor Harry Schmidt bersama dengan pilot lain Mayor William Umbach, memberikan kesaksian. Mereka menyebut bahwa pada saat itu komunikasi putus antara pasukan darat dan operasi udara AS.

Mereka juga menyalahkan penggunaan amfetamin yang biasanya tidak dikonsumsi ketika pilot sedang melakukan misi panjang.

Mesti digaris bawahi, meskipun para tentara Kanada membidik ke udara selama latihan, mereka tidak pernah dan tidak berniat mengenai pesawat para pilot tersebut.

Lima pilot F-16 AS lainnya juga memberikan kesaksian, kelimanya mengatakan bahwa tindakan Schmidt bukanlah hal yang tidak masuk akal.

Meskipun diketahui bahwa salah satunya merasa bahwa tindakan yang masuk akal adalah meninggalkan area untuk sementara jika merasa ditembaki.

Ada juga yang merasa bahwa tindakan Schmidt untuk terbang turun dan melambat adalah tidak masuk akal jika diserang.

Awalnya kedua pilot tersebut didakwa dengan empat dakwaan pembunuhan karena kelalaian, delapan dakwaan penyerangan yang diperparah, dan satu dakwaan melalaikan tugas.

4 dari 4 halaman

Menyisakan Kesedihan Mendalam Bagi Kanada

Pada tahun 2003, dakwaan terhadap Mayor Umbauch dibatalkan dan dia diizinkan pensiun hanya dengan teguran atas kegagalan kepemimpinan. 

Kemudian, dakwaan untuk Maj Schimdt juga dibatalkan, kecuali dakwaan melalaikan tugas, yang mengakibatkan teguran keras karena mengabaikan perintah langsung secara terang-terangan dan sama sekali tidak memiliki disiplin penerbangan dasar. 

Schimdt juga mendapat potongan gaji selama dua bulan, sekitar 5.700 dolar karena melalaikan tugas. Lalu ia memutuskan untuk pensiun.

Teguran kepada Jenderal B Carlson juga diakhiri dengan pernyataan, “Anda berbohong tentang alasan mengapa menyerang target setelah diarahkan untuk menahan tembakan dan kemudian berusaha menyalahkan orang lain. 

“Anda memiliki hak untuk tetap diam, tetapi bukan hak untuk berbohong.” 

Singkatnya, korban terakhir dari pertunangan di Kandahar pada 17 April 2002 adalah integritas Anda.

Kabut juga diklaim sebagai salah satu penyebab tragedi tersebut.

Apa pun alasannya, tragedi itu tidak seharusnya terjadi dan hari itu menjadi momen yang menyisakan kesedihan mendalam. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.