Sukses

Pengalaman Perdana Tur Kapal Angkatan Laut Prancis, Liputan Ditemani Suara Ombak dan Angin Laut

Berbeda dari tempat liputan biasanya, kali ini saya berkesempatan untuk liputan di atas kapal angkatan laut Prancis. Pertama kalinya masuk ke dalam kapal militer, ternyata begini isinya!

Liputan6.com, Jakarta - Pada tanggal 28 Maret 2023, Kedutaan Prancis dan kelompok pelatihan angkatan laut "Jeanne d’Arc" mengundang rekan media untuk datang dan mengikuti konferensi pers dan tur keliling kapal.

Saya bersama dua orang mentor Liputan6.com, menjadi perwakilan untuk menghadiri undangan tersebut.

Acara dimulai pada pukul 12 siang di pelabuhan Jakarta. Saya bersama 'mas ojek online' memasuki kawasan Jakarta International Container Terminal 2 (JICT2), dari jauh sudah terlihat sebuah kapal besar bertengger di dekat dermaga.

Setelah turun dari motor ojek online, saya segera melakukan pengecekan identitas terlebih dahulu dengan mengisi presensi dan menitipkan KTP. 

Barulah saya bisa lebih mendekati kapal dan menemui dua mentor saya. 

Di dekat kapal angkatan laut Prancis itu banyak tentara-tentara berkeliaran, sibuk dengan aktivitas mereka, dan sekelompok wartawan yang sudah tidak sabar untuk masuk dan menjelajahi kapal, saya tentu ada di kelompok kedua.

Ini adalah kali pertama saya melakukan liputan di atas kapal, terlebih kapal Prancis yang hanya singgah selama lima hari di pelabuhan Jakarta, yaitu dari tanggal 25 sampai 29 Maret lalu.

Saya ditugaskan untuk membuat video tur kapal. Ini merupakan kegiatan yang saya senangi, fokus mengambil video dan mencari spot-spot menarik.

Tur keliling kapal angkatan laut Prancis di pelabuhan Jakarta. (Liputan6.com/Yasmina Shofa)

Pertama-tama kelompok wartawan dibawa ke bagian bawah kapal. Di sana terlihat beberapa mobil dengan corak khas militer terparkir, dan tak hanya mobil, kapal berukuran lumayan besar juga terparkir rapi di sana.

Walaupun udara di bawah sana cukup pengap, saya tetap semangat mengambil beberapa footage, mobil, kapal, interior ruangan, dan seorang anggota angkatan laut Prancis yang sibuk menjawab pertanyaan dari wartawan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tur Keliling Kapal Dimulai

Setelah puas bertanya dan berkeliling di bagian bawah kapal, kami diajak untuk menuju ke bagian kapal lainnya.

Di sana, lebih banyak lagi mobil terparkir, tetapi kali ini tak hanya mobil loreng, beberapa terlihat polos berwarna cokelat.

Tur keliling kapal angkatan laut Prancis di pelabuhan Jakarta. (Liputan6.com/Yasmina Shofa)

Terdapat pula beberapa alat olahraga, salah satunya yaitu treadmil. Menjaga kebugaran sepertinya menjadi pertanda tetap penting walaupun berada di atas lautan.

Setiap memasuki ruangan di sana, saya terus menerus merasa takjub, maklum, ini kali pertama saya memasuki kapal militer. 

Dari luar memang sudah terlihat sangat besar, tetapi begitu masuk ke dalam, ruangannya terasa berkali-kali lipat lebih besar.

Setelah diajak berkeliling di dua ruangan tertutup, kali ini kami memasuki ruangan yang sedikit terbuka.

Kali ini, tiga helikopter terparkir gagah di sana, benar-benar menjadi pusat perhatian para wartawan yang mengikuti tur kapal.

Tak hanya helikopter, terdapat satu benda yang juga menarik perhatian saya. Awalnya saya pikir itu miniatur helikopter, ternyata benda kecil dan canggih itu adalah drone militer.

Pilot drone angkatan laut Prancis sedang menjelaskan beberapa hal kepada wartawan. (Liputan6.com/Yasmina Shofa)

Sang pilot drone juga sempat menjelaskan beberapa hal tentang 'mainannya' itu. Saya sih berharapnya dikasih kesempatan nerbangin drone. Namun sayang tak kesampaian.

3 dari 4 halaman

Fasilitas Lengkap dan Memadai

Setelah puas mengambil gambar dan video di ruangan tersebut, kami kembali diarahkan untuk menuju ruangan selanjutnya yaitu rumah sakit kapal.

Saya sebenarnya agak penasaran, ada berapa banyak ruangan di kapal besar ini, di perjalanan untuk berpindah ruangan, ada banyak pintu-pintu yang kami lewati, yang artinya masih banyak spot lain yang tidak kami kunjungi.

Rumah sakit di kapal itu mungkin lebih cocok disebut klinik mini. Ruangannya tidak begitu besar, tetapi bisa dilihat bahwa peralatan yang disediakan cukup lengkap. Terdapat pula beberapa ruangan kecil untuk melakukan tindakan-tindakan khusus.

“Kami mengikuti pelatihan militer, juga kedokteran,” ucap salah satu dokter, menjawab pertanyaan para wartawan.

Dalam hati saya berpikir, pasti berat menjadi seorang dokter militer, tidak hanya harus bernyali, mereka juga harus cepat tanggap. Tanpa mereka, tentara-tentara ini tentu akan kesulitan.

Bagian selanjutnya adalah bagian paling menarik dan menyenangkan, tak hanya bagi saya, wartawan lainnya pun terlihat bersemangat.

4 dari 4 halaman

Tur Kapal Selesai, Para Tamu Pulang dengan Hati Senang

Tur kapal militer Prancis ditutup dengan mengunjungi bagian atas kapal. Dari sana bisa terlihat hampir seluruh bagian pelabuhan. 

Saya cepat-cepat mengambil footage di beberapa spot menarik di sana, setelah itu saya segera mewawancarai beberapa anggota angkatan laut.

Namanya Samuel dan Maxime, dua pria itu dengan senang hati menjawab pertanyaan-pertanyaan yang saya ajukan. Walaupun, lagi-lagi, dengan kemampuan berbahasa Inggris saya yang tidak seberapa ini, sang narasumber sempat tidak memahami pertanyaan saya.

Saya berjanji, setelah ini saya akan lebih serius belajar bahasa Inggris.

Akhirnya, selesailah tur kami siang itu. Dua jam kami berkeliling, rasanya sudah sangat cukup dan puas.

Pemandu dari pihak kapal mengucapkan terima kasih kepada kami sebagai penutup kegiatan.

Tak hanya saya yang terlihat menikmati kegiatan itu, wartawan lainnya pun juga terlihat senang, mungkin bagi kami ini terasa seperti hiburan di tengah-tengah padatnya minggu pertama setelah mulai berpuasa.

Kami sangat menikmati berkeliling kapal, berbincang bersama para awak, juga bersenda gurau dengan mereka.

Saya berharap ini bukan terakhir kalinya saya liputan di atas kapal. 

Pengalaman baru sekaligus suasana baru, yang biasanya liputan di gedung, kedutaan, hotel, atau mall, kali ini saya liputan ditemani suara ombak dan angin laut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.