Sukses

Syabda Perkasa Belawa, Atlet Muda Penentu Kemenangan Tim Thomas Indonesia

Dunia olahraga dikejutkan dengan kepergian atlet muda berbakat Syabda Perkasa Belawa yang meninggal dunia karena kecelakaan.

Liputan6.com, Jakarta - Dunia olahraga dikejutkan dengan kepergian atlet muda berbakat Syabda Perkasa Belawa yang meninggal dunia karena kecelakaan.

Kabar duka tersebut dibagikan oleh mantan pemain badminton Indonesia Yuni Kartika di akun media sosialnya.

"Telah Meninggal Dunia, Syabda Perkasa Belawa 🙏🙏🙏 Syabda meninggal dunia dalam perjalanan ke Sragen utk berziarah krn neneknya meninggal dunia 😩😩😩," cuit Yuni, Senin, 20 Maret 2023, pukul 09.06 WIB.

"Selamat Jalan Syabda, You will be missed 🤗🤗🤗," lanjut Yuni.

Kepergian Syabda Perkasa Belawa untuk selama-lamanya ini mengingatkan kita pada kemunculannya yang mencuri perhatian banyak pecinta bulutangkis Tanah Air.

Mei 2022, Syabda Perkasa Belawa ikut serta membela tim Thomas Indonesia. Kala itu, di babak penyisihan Indonesia harus melawan tim Thomas Korea Selatan.

Syabda Perkasa Belawa terjun di partai terakhir dan sukses membawa Indonesia menjadi jawara grup, sampai akhirnya Indonesia bisa menuju ke babak final melawan India.

Sementara itu, pihak PP PBSI pun mengucapkan belasungkawa atas kepergian Syabda Perkasa.

"Keluarga besar PP PBSI mengucapkan belasungkawa yang sedalam-dalamnya atas berpulangnya salah satu atlet muda Indonesia, Syabda Perkasa Belawa (21 tahun) dalam kecelakaan di tol Pemalang (Jawa Tengah), Senin (20/3/2023) dini hari," tulis keterangan PBSI.

"Mohon doa semoga arwahnya husnul khatimah dan diterima di tempat terbaik di sisi Allah. Perginya Syabda Perkasa Belawa meninggalkan duka yang mendalam bagi keluarga, rekan-rekan, dan seluruh masyarakat olahraga Indonesia. Selamat jalan, atlet tangguh. Prestasi, dan pengorbananmu akan selalu dikenang."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jonatan Christie dan Christian Adinata Unggah Foto Syabda Perkasa Belawa di Instagram

Kabar Syabda Perkasa Belawa kecelakaan hingga meninggal dunia membuat warganet kaget dan turut berduka cita. Tidak terkecuali juga rekan satu tim, yakni atlet badminton Jonatan Christie alias Jojo dan Christian Adinata.

Melalui akun media sosial Instagramnya, Jonatan Christie @jonatanchristieofficial mengucapkan duka cita mendalamnya untuk Syabda Perkasa Belawa meninggal dunia. Bahkan, atlet badminton tunggal putra yang kini menduduki peringkat ke-2 dunia itu menyebut Syabda Perkasa Belawa merupakan adiknya.

Jojo mengunggah foto kebersamaannya dengan Syabda Perkasa Belawa ketika keduanya tengah mengikuti sesi latihan sepak bola di GBK Senayan, 2022 lalu.

Dalam unggahannya, Jonatan menyebut ia bakal merindukan Syabda yang sudah dianggapnya sebagai adik.

"Akan merindukanmu Da! Meskipun kita belum lama bersama-sama, saya sudah menganggap kamu sebagai adik saya. Kamu akan selalu kami kenang," tulis Jonatan, disertai simbol hati berwarna hitam.

Baik Jonatan Christie maupun Syabda Perkasa Belawa memang sama-sama merupakan atlet badminton Indonesia yang berada di Pelatnas PBSI dan memperkuat sektor tunggal putra badminton Indonesia. Tidak heran kalau memiliki kedekatan yang seperti saudara.

3 dari 4 halaman

Menangis Kehilangan Syabda Perkasa Belawa

Selain Jonatan Christie, pebulu tangkis tunggal putra lainnya, Christian Adinata, juga mengunggah Instagram Stories untuk mengungkapkan kehilangannya atas kepergian Syabda Perkasa Belawa, sang sahabat.

Lewat akun @christianadinata16, Christian Adinata mengunggah kebersamaannya dengan Syabda Perkasa Belawa. Christian memang berusia sepantaran dengan Syabda Perkasa Belawa, membuatnya begitu dekat dengan Syabda.

"Tidak menyangka bakal secepat ini, rest in peace bestfriend ever @syabdaperkasa," tulis Christian di Instagram Stories-nya.

Tidak hanya satu, Christian mengunggah enam fotonya bersama dengan Syabda Perkasa Belawa di IG Stories. Foto terakhir bahkan dilengkapi emoji menangis, memperlihatkan rasa kehilangannya atas kepergian sahabat.

4 dari 4 halaman

Kronologi Kecelakaan Syabda Perkasa Belawa, Atlet Badminton Berusia 21 Tahun

Atlet badminton muda Indonesia Syabda Perkasa Belawa meninggal dunia di usia 21 tahun akibat kecelakaan mobil. Berdasarkan laporan kecalakaan lalu lintas yang diterima Liputan6.com, Senin (20/3/2023), kecelakaan yang dialami Syabda Perkasa Belawa terjadi di wilayah Satlantas Polres Pemalang, Jawa tengah.

Dalam laporan tersebut tertulis kejadian kecelakaan terjadi pada Senin, 20 Maret 2023 sekitar pukul 04.40 WIB. Lokasi tepat kecelakaan terjadi di jalan tol KM 315 + 200 di Desa Petanjungan Kecamatan Petarukan, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah.

Kecelakaan berat ini melibatkan Toyota Camry B 1824 KBN dengan kendaraan truk Colt Diesel AG 8711 V.

Dalam kecelakaan ini, dilaporkan ada dua korban meninggal dunia. Salah satu korban meninggal dunia di tempat, yang dilaporkan sebagai ibu Syabda Perkasa Belawa. Sementara itu, atlet badminton binaan PBSI Syabda Perkasa Belawa meninggal dunia usai mendapatkan perawatan di rumah sakit.

Syabda Perkasa Belawa meninggal dunia, diketahui menumpang mobil Toyota Camry bersama keluarganya, dalam perjalanan berziarah ke makam sang nenek di Sragen, Jawa Tengah.

Berdasarkan kronologi yang dilaporkan, kecelakaan terjadi saat Toyota Camry yang dikendarai keluarga Syabda Perkasa Belawa melaju dari arah barat ke timur di lajur kiri. Kendaraan yang ditumpangi lima orang ini dilaporkan melaju dengan kecepatan di atas rata-rata.

Pengemudi Toyota Camry, kendaraan yang ditumpangi keluarga atlet badminton Indonesia Syabda Perkasa Belawa, diduga dalam kondisi mengantuk, hingga akhirnya membentur truk yang melaju searah di depannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.