Sukses

Lebih Dekat dengan Rajwa Khaled, Calon Ratu Yordania yang Berasal dari Arab Saudi

Liputan6.com, Amman - Kerajaan Yordania menggelar dua hajatan besar pada tahun 2023. Pertama, adalah pernikahan Putri Iman (26), anak kedua Raja Abdullah II dan Ratu Rania.

Pernikahan Putri Iman dengan kekasihnya, Jameel Alexander Thermiotis (28), sudah berlangsung pada 12 Maret.

Acara besar kedua yang pastinya akan menyita perhatian publik Yordania, bahkan mungkin dunia, adalah pernikahan Putra Mahkota Pangeran Hussein bin Abdullah (28) dengan kekasihnya Rajwa Khaled bin Musaed bin Saif bin Abdulaziz Al Saif (28).

Setelah bertunangan pada 17 Agustus 2022, pihak kerajaan mengumumkan bahwa pernikahan Pangeran Hussein dan Rajwa akan digelar pada 1 Juni 2023.

Lalu, siapa sesungguhnya sosok Rajwa? Bagaimana latar belakang keluarga dan pendidikannya? Apa pekerjaannya?

Berikut sejumlah fakta seputar Rajwa, calon ratu Yordania, yang dikutip dari berbagai sumber, Senin (20/3).

2 dari 3 halaman

Besar di Arab Saudi dan Melanjutkan Pendidikan di AS

Rajwa adalah putri Khalid bin Musaed bin Saif bin Abdulaziz Al Saif dan Azza binti Nayef Abdulaziz Ahmed Al Sudairi. Menurut media Inggris, ayahnya adalah CEO Grup Al Saif, sebuah perusahaan swasta yang menyediakan layanan kesehatan, konstruksi, dan keamanan.

Ibu Rajwa berasal dari keluarga yang sama dengan Hussa binti Ahmed Al Sudairi, ibu dari Raja Salman, dan mendiang istri pertama Raja Salman, Sultana binti Turki Al Sudairi.

Lahir pada 28 April 1994, Rajwa merupakan bungsu dari empat bersaudara. Masing-masing saudaranya bernama Faisal, Nayef, dan Dana. Dia dibesarkan di Arab Saudi.

Melanjutkan Pendidikan di Amerika Serikat

Setelah menyelesaikan sekolah menengah atas di Arab Saudi, Rajwa pindah ke New York dan belajar arsitektur di Syracuse University.

Dia juga memegang gelar dalam Komunikasi Visual dari Fashion Institute of Design and Merchandising di Los Angeles.

Rajwa sempat bekerja di sebuah firma arsitektur di Los Angeles, sebelum akhirnya berlabuh di studio desain, Designlab Experience, di Riyadh.

3 dari 3 halaman

Dipanggil Putri Ketiga oleh Ratu Rania

Pesta pertunangan Pangeran Hussein dan Rajwa berlangsung sederhana di kediaman Al Saif di Riyadh serta dihadiri langsung oleh Raja Abdullah II dan Ratu Rania.

Putra Mahkota Arab Saudi, Pangeran Mohammed bin Salman, dilaporkan menelepon Raja Abdullah II untuk menyampaikan harapan agar Pangeran Hussein dan Rajwa hidup sukses dan berbahagia.

<p>Doa bersama pada momen pertunangan Pangeran Hussein dan Rajwa Khaled di kediaman Al Saif di Riyadh, Arab Saudi. (Dok. Instagram/@rhjco)</p>

 

Disambut Hangat oleh Ratu Rania

Publik tidak perlu penasaran tentang bagaimana penerimaan Ratu Rania terhadap Rajwa. Sehari setelah pertunangan putranya, Ratu Rania menggunggah potret dirinya bersama dengan Rajwa.

Dia menulis, "Bersemangat menyambut putri ketigaku, calon pengantin Al Hussein, Rajwa, ke dalam keluarga! Kami sangat berbahagia untuk kalian berdua."

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Queen Rania Al Abdullah (@queenrania)

Dalam momen hari ulang tahunnya, Ratu Rania kembali mengunggah potret kedekatannya dengan sang calon mantu. Dia menuliskan, "Hatiku penuh! Tidak bisa meminta cara yang lebih baik untuk merayakan dibanding dengan semua orang yang kucintai ada di sekitarku."

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Queen Rania Al Abdullah (@queenrania)

National News melaporkan bahwa Rajwa bahkan meminjam dua pasang anting milik Ratu Rania dari karya Stephen Webster untuk digunakan dalam pemotretan pertunangannya.

Mengingat Pangeran Hussein merupakan putra mahkota maka Rajwa kelak akan memiliki lebih banyak tanggung jawab publik. Pangeran Hussein sendiri saat ini mengepalai Yayasan Putra Mahkota, menjamu bangsawan lainnya selama kunjungan ke Yordania, dan kerap mendampingi kedua orang tuanya dalam kunjungan resmi.

Tidak sedikit pihak yang mencoba membanding-bandingkan Pangeran Hussein dan Rajwa dengan pasangan putra mahkota Kerajaan Inggris, Pangeran William dan Putri Catherine. Publik mencatat kemiripan gaun biru navy yang dikenakan Rajwa dan Catherine dalam foto pertunangan mereka.

<p>Potret pertunangan pasangan Pangeran Hussein dan Rajwa Khaled serta Pangeran William dan Putri Catherine. (Dok. Ist)</p>

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.