Sukses

7 Hewan Ini Bisa Hidup Tanpa Kepala dalam Waktu Lama, Ada Ayam dan Kura-Kura

Kenapa hewan-hewan ini bisa hidup walapun tanpa kepala? Yuk, simak penjelasannya sebagai berikut

Liputan6.com, Jakarta Kepala merupakan anggota yang paling penting untuk tubuh, jika kepala terpisah dari badan maka makhluk hidup akan mati. Namun ternyata tak selalu demikian di dunia hewan.

Kehilangan kepala bagi hewan tidak selalu menyebabkan kematian, bahkan ada juga sejumlah di antaranya yang masih bisa hidup tanpa kepala. 

Berikut ini contoh hewan-hewan yang masih bisa bertahan hidup tanpa kepala, dilansir dari operanews.ng, Minggu (19/3/2023): 

1. Ayam

Ayam merupakan salah satu hewan peliharaan yang paling banyak dijinakkan, bahkan mereka hidup di antara manusia. Hewan ini merupakan salah satu jenis hewan yang dapat hidup setelah kepalanya dipenggal selama 1 tahun setengah. 

Kasus tersebut terjadi kepada ayam yang bernama Miracle Mike. Cerita dimulai ketika petani berencana memasak Mike untuk makan malam. Dia memotong kepala ayam dengan kapak yang menghilangkan sebagian besar kepala. 

Tak disangka dia melewatkan vena jugularis, meninggalkan satu telinga dan sebagian besar batang otak utuh. 

Si ayam tak jadi mati, masih bisa berjalan dengan kikuk, dan Olsen sang petani memutuskan untuk memeliharanya. Dia memberi makan Mike campuran susu dan air melalui pipet, dan butiran jagung kecil untuk makanan.

Miracle Mike bahkan menjadi penghasilan bagi si empunya, ia difoto untuk majalah seperti majalah Time dan Life, dan Olsen memperoleh $4.500 per bulan saat itu. Mike mati pada Maret 1947.

2. Kecoa

Kecoa adalah salah satu hewan yang terdaftar dan dapat bertahan hidup tanpa kepala selama beberapa hari hingga berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan.

Darah mereka tidak mengalir dengan cepat bahkan setelah kepalanya dipotong. Selain itu, kecoa memiliki banyak waktu untuk menutup luka yang mengakibatkan kehidupan tanpa kepala.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Ular

Ular menjadi salah satu hewan paling berbahaya yang masih bisa membahayakan meski kepalanya sudah dipotong. Setelah dipenggal, kepala ular masih bisa menggigit, menyuntikkan racun, dan menyebabkan luka. Bahkan hewan itu bisa menggigit tubuhnya sendiri.

Jauhi kepala ular saat Anda melihatnya, untuk berjaga-jaga.

4. Belalang Sembah 

Belalang sembah adalah salah satu hewan malang yang dimakan betina saat kawin dan berhubungan seks.

Keistimewaan belalang sembah adalah mereka masih bisa membuahi betinanya meski betina sudah menggigit kepalanya. Dan belalang jantan ini masih bisa kawin tanpa kepalanya.

5. Katak 

Katak masih bisa bercinta dan bergerak meski Anda membuang kepala dan kulitnya di beberapa titik. Bahkan seekor katak tanpa kepala dan tanpa kulit bisa melompat-lompat seperti katak pada umumnya.

6. Snapping Turtles

Kura-kura jenis ini adalah pejuang, jadi meskipun kepala mereka adalah satu-satunya bagian tubuh yang mereka miliki, snapping turtles tetap menyerang dan mempertahankan dirinya selama berjam-jam.

Kura-kura Snapping Turtles memiliki paruh tajam yang dapat menyebabkan luka parah, dan mereka masih dapat menyerang tanpa tubuh.

7. Lalat 

Tidak peduli bagaimana mereka kehilangan akal, lalat masih bisa berjalan dan terbang selama berhari-hari dan bahkan berminggu-minggu. Otak lalat ada di punggungnya yang berarti mereka bisa terus hidup.

Lalat menyerap oksigen melalui kulitnya, dan lalat mampu hidup berhari-hari tanpa kepala sampai mereka mati kelaparan. 

 

 

3 dari 4 halaman

Perilaku Unik 5 Hewan Akibat Siklus Bulan Purnama

Selain keunikan dari hewan-hewan yang masih hidup tanpa kepalanya, ternyata ada beberapa perilaku unik hewan lainnya yang disebabkan oleh bulan purnama. Meskipun banyak kejadian yang berhubungan dengan bulan sebagian besar masih berupa mitos, tetapi terdapat beberapa pola perilaku hewan yang aneh yang dikaitkan dengan siklus bulan.

Beberapa hewan dapat terpengaruh oleh bulan purnama dan siklus bulan. Nyatanya, Bulan Purnama memengaruhi psikologis hewan dengan kadar yang signifikan. Dampak ini dapat berupa perubahan perilaku dan emosi pada hewan peliharaan.

Beberapa contohnya, yakni anjing dan serigala yang diketahui melolong selama fase bulan purnama, sementara burung menjadi gelisah dan menjadi bingung.

Di balik fakta ini, bulan dan bumi memiliki tarikan magnet yang sangat kuat satu sama lain. Hal ini memungkinkan tarikan magnetik bulan untuk mempengaruhi badan air yang besar di bumi. Tarikan magnetik ini begitu kuat sehingga menciptakan arus laut, yang pada gilirannya menyebabkan terbentuknya pasang surut.

Baca selengkapnya disini...

4 dari 4 halaman

Hewan yang Mempunyai Cara Kawin Unik

Selain itu, setiap makhluk hidup pasti butuh yang namanya kawin, dan sejumlah hewan memiliki ritual atau kebiasaan yang aneh dalam perkawinan di alam liar. Kebiasaan aneh ini memang jarang terjadi dan tidak pernah dilakukan hewan lainnya ketika berkembang biak.

Bagi pejantan di dunia hewan, memikat betina tidak selalu mudah. Binatang telah mengembangkan banyak ritual perkawinan yang aneh dan indah, tetapi tidak semuanya romantis. 

Berikut ini adalah sembilan hewan yang diketahui memiliki ritual atau cara unik dalam urusan kawin, apa saja dan bagaimana ritualnya?

1. Ikan angler (Angler fish)

Ritual perkawinan ikan angler sama mempesona dengan perkawinan siput leopard, namun lebih ekstrem. Ikan angler jantan hidup semata-mata untuk menemukan dan kawin dengan ikan angler betina. Tubuh ikan angler jantan lebih kecil dibanding ikan angler betina, dan kesulitan menemukan makanan di laut yang lebih dalam. 

Ketika ikan angler jantan menemukan ikan angler betina, ia akan menggigit kulit ikan betina, dan melepaskan enzim pengunyah kulit dari mulut sang jantan dan masuk ke tubuh ikan betina, lalu sampai ke pembuluh darah. 

Baca selengkapnya disini... 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.