Sukses

Daftar 4 Bioskop Paling Menyenangkan di Asia, dari India hingga Korea Selatan

Liputan6.com, Seoul - Tempat terbaik untuk menyaksikan film adalah bioskop, karena ketika menonton di tempat ini Anda akan merayakan euforia bersama orang-orang di sekitar. Suasana bioskop bisa dirayakan dengan memakan popcorn, duduk di kursi yang empuk, dan mendengarkan suara yang begitu keras, seolah-olah suara tersebut dimasukan ke dalam saluran telinga Anda, membuat pengalaman ini akan semakin menarik.

Namun ternyata di beberapa negara di Asia, ada bioskop yang paling menyenangkan untuk menyaksikan film-film terbaik. Ditambah dengan kondisi dan suasana yang mendukung. Berikut Liputan6.com rangkum yang dilansir dari cnn.com, Jumat (17/3/2023). 

1. Teater Rajmandir, Jaipur, India

Untuk pengalaman nonton bioskop yang menyenangkan, pergilah ke Rajmandir untuk menikmati pengalaman Bollywood terbaik. Untuk awal pembukaan film, di bioskop ini akan diputarkan lagu kebangsaan, selain itu pilihlah tempat duduk yang mahal dan lebih murah, setelah itu muncul film-film Hindi yang berdurasi tiga jam yang diselingi dengan bertepuk tangan bersama penduduk setempat setiap kali sang tokoh muncul di layar.

Dengan eksterior merah muda yang terinspirasi Art Deco yang terdiri dari gelombang dan bentuk asimetris, Raj Mandir adalah simbol Jaipur, yaitu sebuah kota yang ditata dengan indah sejak didirikan pada abad ke-18.

Bioskop ini dibuka pada tahun 1976, kursi yang tersedia sekitar 1.200 dan biasanya terisi penuh.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. 4DX, Seoul, Korea Selatan

4DX bioskop yang ada di Korea Selatan, menyebut dirinya sebagai bioskop 4D pertama di dunia yang menayangkan rilisan studio, membawa film 3D ke level berikutnya dengan memperkenalkan gerakan dan aroma, serta efek angin dan air yang ada di bioskop.

Bioskop ini mempunyai tempat duduk dengan efek taman hiburan. Mungkin tidak cocok untuk semua orang, terutama orang yang mempunyai penyakit jantung, sakit punggung, wanita hamil, dan anak-anak di bawah satu meter tidak disarankan untuk masuk.

4DX bertujuan untuk "membebaskan" penonton yang terhubung dengan karakter di layar, menempatkan mereka pada posisi protagonis dengan merasakan apa yang dirasakan dalam film itu. Bioskop 4DX kini menjadi bagian dari 14 lokasi CGV di seluruh Korea.

3. Uplink X, Tokyo, Jepang

Uplink X menyebut dirinya sebagai bioskop terkecil di Jepang, dengan hanya menyediakan 40 kursi. Bioskop itu bertempat di gedung serbaguna yang dikelola oleh Uplink Co, bersama Pabrik Uplink, ruang teater serbaguna dan kafe Tabela Uplink.

Fitur menonjol dari bioskop ini adalah "tempat duduk sosial", ada 10 jenis kursi yang berbeda tidak disekrup ke lantai, tetapi dapat dipindahkan di dalam ruang, menjadikan pengalaman menonton film lebih interaktif dan sosial.

4. Cine de Chef, Seoul, Korea Selatan

Perusahaan bioskop Korea CGV mengklaim tempat lain dalam daftar ini dengan teater Cine de Chef yang memberikan sentuhan mewah pada konsep "dinner and a movie”.

Banyak bioskop lain juga menyediakan pilihan makanan dan minuman untuk penonton bioskop, tetapi Cine de Chef menonjol dengan masakan Prancis Italia kelas atas, milik mantan koki Park Hyatt.

Setelah makan malam, pelanggan dapat bersantai selama pemutaran film di kursi berkelas buatan Quinette Gallay, yang dirancang khusus untuk Cine de Chef. Kursi tersebut dibuat oleh orang yang sama yang membuat kursi bioskop pribadi untuk royalti di Uni Emirat Arab.

3 dari 4 halaman

Cara Kirim Film ke Bioskop

Terlepas dari bioskop yang paling menyenangkan di Asia, apakah Anda pernah terpikir bagaimana negara-negara di dunia mendistribusikan film ke berbagai bioskop di negara-negara lain? Ternyata Pendistribusian film di bioskop saat ini masih menggunakan kurir khusus untuk mengirimkannya. Adapun satu file film berbentuk boks fisik tersebut disebut dengan Digital Cinema Package (DCP).

Dalam boks tersebut berisi file film yang harus dibawa kurir dengan hati-hati dan mengirimkan DCP tersebut dari film distributor kepada lokasi bioskop tujuan. Ketika tiba, di bioskop DCP nantinya akan dihubungkan dengan TMS atau Theatre Management System yang merupakan sebuah perangkat agar film tersebut ditayangkan ketika jadwalnya tiba.

Jika film tersebut sudah selesai tayang di bioskop, maka kurir masih harus bekerja dalam mengembalikan boks DCP tersebut kepada film distributor. Tentunya tidak banyak yang mengetahui proses ini karena mungkin banyak yang berpikir pengirimannya digital dan menggunakan flashdisk.

Pendistribusian film ke bioskop ini bisa dibilang mempunyai proses yang panjang. Namun, hal tersebutlah yang menjadi salah satu meminimalisasi film di bioskop bisa bocor ke publik. 

Baca selengkapnya disini... 

4 dari 4 halaman

Film yang Tayang Pada Bulan Maret 2023

Selain itu, sejumlah film seru dan menarik perhatian dijadwalkan tayang pada Maret 2023. Film bioskop tersebut siap meredakan kepenatan di tengah sibuknya aktivitas.

Menonton film bukan hanya sebagai sarana untuk hiburan, ada pesan yang ingin disampaikan lewat karya seni film ini. Berbagai genre seperti horor, komedi, drama romantis hingga aksi akan ramai tayang bergantian di bioskop pada bulan ini.

Namun, film horor Indonesia akan lebih mendominasi pada Maret 2023. Supaya kamu tidak lagi pensaran, yuk simak jadwal tayang masing-masing filmnya.

Berikut ini adalah daftar film yang akan tayang di bioskop bulan ini, berikut sinopsis dan tanggal perilisannya:

Tulah 6/13

Film "Tulah 6/13" ini adalah film bergenre horor yang akan tayang di bioskop tanggal 30 Maret 2023. Film ini menceritakan tentang 5 remaja yang sedang berlibur dan berakhir nahas.

Mereka mengalami kecelakaan yang mengakibatkan empat orang dari mereka menghilang.

Hantu Baru

Aktor dan aktris popular, mulai dari Acha Septriasa, Rezky Adhitya, Calvin Jeremy, Electra Lesie, hingga aktor cilik M Adhiyat ikut membintangi film yang satu ini. Film ini akan tayang pada 23 Maret 2023.

 

Baca selengkapnya disini... 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.