Sukses

Jauh dari Kesan Mewah, 2 Istri Pejabat Luar Negeri Ini Justru Tampil Sederhana

Berbanding terbalik dengan para istri pejabat Tanah Air yang akhir-akhir ini viral karena berpenampilan mewah, dua istri petinggi negara berikut ini justru jadi perhatian karena gaya hidupnya yang sederhana.

Liputan6.com, Jakarta - Akhir-akhir ini, kehidupan mewah nan glamor para pejabat di Indonesia tengah menjadi sorotan. 

Salah satunya dipicu oleh kasus kekerasan Mario Dandy, anak dari pejabat Direktorat Jenderal Pajak (DJP), Rafael Alun Trisambodo, yang mengakibatkan terungkapnya kekayaan pejabat DJP tersebut.

Imbas dari kasus Rafael, pejabat lainnya pun ikut terdampak. Warganet dengan gesit mengungkap gaya hidup mewah para pejabat Indonesia.

Terbaru, nama Vidya Piscarista istri Sudarman Harja Saputra, mulai naik ke permukaan. Warganet ungkap tas mewah harga ratusan juta yang dikenakannya. 

Selain Vidya, istri mantan Kapolda Sumatera Barat, Teddy Minahasa, yang kemewahan busananya diungkap secara blak-blakan oleh sebuah akun Instagram, juga ikut diperbincangkan.

Sebaliknya, istri-istri pejabat luar negeri ini justru berpenampilan lebih sederhana meski dalam sorotan publik.

Berikut ini dua istri pejabat luar negeri dengan gaya hidup sederhana yang juga menarik perhatian masyarakat dunia, dilansir dari sejumlah sumber Rabu (15/3/2023):

1. Ho Ching, Istri Perdana Menteri Singapura

Ho Ching terlihat membawa tas tangan bermotif dinosaurus biru dan putih pada upacara di White House. (AP)

Ho Ching sempat meraih peringkat 30 dalam daftar Powerful Women versi Forbes tahun 2020.

Mengutip the Asian Parent, istri Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong ini memiliki daftar prestasi sejak 2004, reputasinya tak perlu diragukan. Wanita berumur 64 tahun ini bahkan disebut sebagai panutan bagi perempuan segala umur. 

Yang menarik dari Ho Ching adalah gaya berpakaiannya yang dinilai teramat sederhana untuk sekelas istri seorang perdana menteri, yang notabene adalah pemimpin pemerintahan dengan pendapatan setara Rp 2 miliar per bulan.

Terbaru, dikutip dari situs Quartz, pakaian yang dikenakan Ho Ching saat mengunjungi White House menjadi perbincangan warganet. 

Dalam sebuah foto ia terlihat menggenggam sebuah tas tangan dengan motif dinosaurus seharga 11 dolar atau setara 170 ribu rupiah. Sejumlah warganet menilai gaya Ho Ching pada saat itu tidak sopan. 

Meskipun ia kerap mendapatkan komentar negatif terkait gaya busananya itu, Ho Ching memilih tidak peduli dan tetap menggunakan pakaian apa pun yang diinginkannya. Ia tidak membiarkan kritik dan hujatan mempengaruhi gaya hidupnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

2. Wan Azizah, Istri Perdana Menteri Malaysia

Istri Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim ini merupakan figur panutan bagi perempuan Malaysia. Akrab disapa Kak Wan, beliau tidak hanya seorang politisi, selama 14 tahun ia sempat menggeluti profesi dokter.

Wan mulai aktif di dunia politik sejak tahun 1998. Ia menjadi seorang politisi penting di Malaysia bahkan merupakan perempuan pertama yang menduduki kursi Wakil Perdana Menteri Malaysia.

Wanita berumur 70 tahun ini sering kali terlihat dengan setelan corak dan kerudung sederhana yang menjadi gaya khasnya. Melalui akun sosial media pribadinya, Wan lebih sering mengunggah aktivitas dan kesibukan berkaitan dengan pekerjaannya daripada memamerkan hal-hal mewah dan kekayaannya.

Hal tersebut yang membuat Wan semakin disenangi oleh masyarakat Malaysia. Terlihat dari komentar-komentar di unggahan sosial medianya yang jauh dari komentar negatif, sebaliknya Wan lebih sering mendapat pujian dan doa dari para penggemarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.