Sukses

Suzume Karya Makoto Shinkai Disorot Akibat Pintu Misterius, 2 Filmnya Ini Juga Populer

Makoto Shinkai baru saja comeback dengan karya terbaru berjudul Suzume. Cek karya lain sang sutradara.

Liputan6.com, Tokyo - Sutradara Makoto Shinkai kembali dengan karya terbaru berjudul Suzume. Ini adalah film pertama Makoto Shinkai yang dirilis setelah terjadinya pandemi COVID-19.

Sama seperti film-film Makoto Shinkai sebelumnya, Suzume juga memiliki anak sekolah sebagai tokoh utama, yakni seorang gadis bernama Suzume dari Pulau Kyushu.

Suzume berusaha menemukan pintu misterius untuk mencegah terjadinya bencana alam. Film ini cukup unik karena beberapa film Makoto Shinkai sebelumnya memakai latar kota Tokyo yang metropolitan. 

Makoto Shinkai sudah berkarya sejak 1990-an. Karyanya mulai terkenal secara internasional berkat film Your Name (Kimi No Nawa) yang dirilis tahun 2016. 

Berkat Your Name, karya-karya Makoto Shinkai yang sebelumnya pun jadi ikut terkenal, seperti 5 Centimeters per Second dan The Garden of Words.

Hayao Miyazaki yang Baru

Makoto Shinkai juga kerap dibandingkan media massa dengan Hayao Miyazaki yang terkenal lewat film-film Studio Ghibli.

Secara komersial mungkin popularitas Shinkai sudah setara dengan Ghibli, namun karya-karya Shinkai jelas memiliki gaya yang original.

Pada wawancara dengan The Hollywood Reporter, Shinkai juga mengaku suka dengan film Hayao Miyazaki seperti Kiki’s Delivery Service.

Bila penasaran, berikut tiga karya Makoto Shinkai yang paling laris di dunia berdasarkan penjualan tiketnya:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Kimi no Nawa

Your Name atau Kimi No Nawa berkisah tentang remaja desa yang berdoa ingin tinggal sebagai anak kota. Suatu hari, ia malah terbangun sebagai seorang remaja laki-laki di Tokyo.

Ternyata, dua remaja itu bertukar raganya. Kisah humor pun terjadi karena hal ini, kemudian mereka sadar bahwa yang terjadi bukan hanya pertukaran tubuh, sebab gadis itu ternyata sudah meninggal dunia akibat jatuhnya sebuah komet.

Cerita Your Name yang awalnya seperti cerita humor romantis lantas berubah menjadi lebih serius. Kedua remaja berusaha mengubah masa lalu dan masa depan menjelang jatuhnya komet ke desa gadis tersebut. 

Menurut situs Japan Experience, film Your Name berhasil menembus 23 miliar yen pada 2016. Penghasilan film itu nyaris mengalahkan Spirited Away karya Hayao Miyazaki.

Saat ini, Your Name masih menjadi film Makoto Shinkai yang paling laris di Jepang dan dunia.

3 dari 4 halaman

2. Tenki no Ko

Setelah kesuksesan Kimi no Nawa, Makoto Shinkai kembali merilis film bertema magis berjudul Weathering with You atau Tenki no Ko. Film itu berkisah tentang seorang gadis yang bisa mengendalikan cuaca. 

Tenki no Ko tak hanya membahas cerita magis dan cinta remaja, melainkan juga tentang bencana alam.

Ketika sang gadis cuaca perlahan kehilangan kendali atas kekuatannya, cuaca di Tokyo menjadi kacau balau, dan muncul krisis cuaca yang mirip dengan dampak perubahan iklim di dunia nyata.

Berdasarkan laporan laman Facebook dari Comix Wave Filmspenghasilan Tenki no Ko berhasil menembus 14 miliar yen di Jepang, sehingga belum bisa mengalahkan Kimi no Nawa.

Comix Wave Films adalah studio dari film-film Makoto Shinkai.

Meski belum mengalahkan Kimi no Nawa, film Tenki no Ko tetap menjadi salah satu film anime tersukses di Jepang. Visual terkait cuaca yang ditampilkan juga tak kalah hebat dengan Kimi no Nawa.

Tenki no Ko dan Kimi no Nawa juga hadir dalam bentuk novel. Keduanya sudah terbit di Indonesia. 

4 dari 4 halaman

3. Suzume

Yang terbaru tentunya film Suzume. Ada kesempatan besar film Suzume bisa menyalip popularitas Tenki no Ko.

Situs Crunchy Roll mencatat film Suzume juga sudah menembus penghasilan 14 miliar yen di Jepang, walau belum menyalip Tenki no Ko.

Film Suzume juga baru tayang di Indonesia dan berbagai negara. Penghasilan film ini pun masih akan terus bertambah, meski sebetulnya filmnya rilis di Jepang sejak November 2022. 

Makoto Shinkai juga menulis novel Suzume untuk dibaca para penggemar novel. Melalui Twitternya, Makoto Shinkai berkata novel Suzume telah menjadi hits di Korea Selatan. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.