Sukses

Anak Kim Jong Un Bikin Iri Rakyat Korea Utara: Rakyat Kelaparan, Dia Makan dengan Baik

Anak Kim Jong Un menjadi perhatian karena sangat sehat dan tembam, sementara rakyat kelaparan.

Liputan6.com, Pyongyang - Korea Utara sedang kembali menghadapi masalah pangan. Baru-baru ini, pemerintahan Kim Jong Un juga melaksanakan sebuah pertemuan besar untuk menangani problem tersebut. 

Namun, perhatian rakyat Korea Utara teralihkan oleh anak perempuan Kim Jong Un, yakni Kim Ju Ae. Gadis kecil itu tampil di depan kamera menemani ayahnya di acara-acara resmi. 

Kehadiran Kim Ju Ae membuatnya diprediksi sebagai calon penerus kekuasaan keluarga Kim. 

Berdasarkan laporan Radio Free Asia (RFA), Rabu (1/3/2023), usia Kim Ju Ae diperkirakan masih sembilan tahun. Selain ada spekulasi bahwa gadis itu akan menjadi calon pemimpin, para pakar juga menilai kehadiran gadis itu merupakan bagian propaganda untuk melembutkan citra ayahnya. 

Di luar isu kekuasaan, kehadiran Kim Ju Ae ternyata memicu kekesalan bagi sejumlah rakyat Korea Utara. Gadis itu terlihat sehat, pipinya tembam, dan pakaiannya juga bagus. Kondisi Ju Ae dinilai berbeda dari rakyat kebanyakan. 

"Ini membuat saya marah bahwa situasi saya sangat susah ditanggung, dan Kim Ju Ae, yang kita tahu makan dan hidup enak, seringkali tampil di TV dengan memakai baju-baju mahal," ujar seorang warga Provinsi Pyongan Utara kepada RFA.

"Orang-orang bilang, 'Gadis itu pasti makan dengan baik, wajahnya amat putih dan tembam seperti bulan'," lanjut warga Korea Utara itu. "Mayoritas masyarakat tidak bisa makan dengan layak, sehingga tulang pipi mereka terlihat di wajah mereka ketimbang sebelumnya."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Anak-Anak Lain Kurus

Warga-warga lain dari Provinsi Pyongan Selatan juga membandingkan penampilan Kim Ju Ae dengan anak-anak lain yang kurus.

"Mereka marah melihat wajah putih tembam dari Anak Tercinta seringkali muncul di propaganda," ujar sumber kedua.

Anak Tercinta adalah gelar resmi bagi Kim Ju Ae.

"Mereka bilang gadis itu terlihat amat berbeda dari anak-anak orang biasa, yang bahkan tak bisa makan tiga kali sehari karena kurangnya makanan," ungkapnya.

Berdasarkan laporan AP, pakar di Korea Selatan menyebut Korea Utara akan kekurangan 1 juta ton gandum tahun ini.

Pakaian dari Kim Ju Ae juga menyorot perhatian. Sebab, Korea Utara bukan negara kapitalis, tetapi pakaian Kim Ju Ae terlihat mewah. Anak-anak sekolah lain di Korut bisa dihukum jika dituding mengikuti budaya kapitalis.

"Pakaian Kim Ju Ae dan penampilannya sungguh berbeda dari apa yang bisa dikenakan remaja gadis biasa," ujar sumber kedua itu.

3 dari 4 halaman

Kim Jong Un Gelar Rapat Akibat Masalah Krisis Pangan di Korea Utara

Sebelumnya dilaporkan, Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un membuka konferensi politik besar yang didedikasikan untuk pertanian di tengah penilaian luar yang menunjukkan negara itu menghadapi krisis pangan yang serius, menurut laporan media pemerintah setempat pada Senin (27/2).

Pakar Korea Selatan memperkirakan Korea Utara kekurangan sekitar 1 juta ton biji-bijian, 20 persen dari permintaan tahunannya, setelah pandemi mengganggu pertanian dan impor dari China.

Selama pertemuan tingkat tinggi Partai Buruh yang berkuasa yang dimulai Minggu (26/2/2023), pejabat senior partai meninjau pekerjaan tahun lalu pada tujuan negara untuk mencapai "revolusi pedesaan di era baru," lapor Kantor Berita Pusat Korea atau Korean Central News Agency (KCNA).

Laporan itu mengatakan bahwa pertemuan Komite Pusat partai akan mengidentifikasi tugas-tugas penting tersebut dengan segera pada masalah pertanian dan "tugas-tugas mendesak yang muncul pada tahap pembangunan ekonomi nasional saat ini."

KCNA tidak mengatakan apakah Kim berbicara selama pertemuan atau berapa lama itu akan berlangsung. Pejabat senior seperti Perdana Menteri Kabinet Kim Tok Hun dan Jo Yong Won juga hadir, mereka adalah ajudan terdekat Kim yang menangani urusan organisasi Komite Sentral, dikutip dari AP.

Pertemuan tersebut merupakan kali pertama partai mengadakan sidang paripurna hanya untuk membahas pertanian. Laporan hari Senin itu tidak merinci agendanya, tetapi Politbiro mengatakan awal bulan ini bahwa "titik balik diperlukan untuk secara dinamis mempromosikan perubahan radikal dalam pembangunan pertanian."

4 dari 4 halaman

Krisis Pangan Korea Utara Memburuk

Sebagian besar analis situasi pangan Korea Utara saat ini sama sekali tidak mendekati ekstrem pada 1990-an, ketika ratusan ribu orang tewas dalam kelaparan.

Namun, beberapa ahli mengatakan kerawanan pangannya kemungkinan paling buruk sejak Kim mengambil alih kekuasaan pada 2011, setelah pembatasan COVID-19 semakin mengejutkan ekonomi yang terpukul oleh kesalahan manajemen selama beberapa dekade. Ditambah sanksi pimpinan Amerika Serikat (AS) yang melumpuhkan yang dijatuhkan atas program nuklir Kim.

Pada awal 2020, Korea Utara mencoba melindungi penduduknya dari virus COVID-19 dengan memberlakukan kontrol perbatasan yang ketat yang menghambat perdagangan dengan China, sekutu utamanya dan jalur ekonomi.

Kemudian, perang Rusia di Ukraina pada Februari 2022 hingga saat ini, mungkin memperburuk situasi dengan menaikkan harga pangan, energi, dan pupuk global, yang sangat bergantung pada produksi pertanian Korea Utara.

Korea Utara pun membuka kembali lalu lintas kereta barang dengan China dan Rusia tahun lalu. Lebih dari 90 persen perdagangan eksternal resmi Korea Utara melewati perbatasannya dengan China.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.