Sukses

12 Negara dengan Tradisi Unik Hari Valentine, Mulai Kado Bentuk Babi hingga Nikah Massal

Perayaan Hari Valentine tidak sekadar memberi bunga atau cokelat. Di berbagai negara, terdapat banyak tradisi unik saat Hari Valentine. Berikut adalah 12 tradisi unik itu.

Liputan6.com, Jakarta - Setiap tahun, tepatnya pada 14 Februari, orang-orang dari berbagai negara di dunia merayakan Hari Valentine.

Saat Hari Valentine tiba, banyak orang mengungkapkan perasaan dan rasa cinta kepada orang terkasih, entah itu kekasih, teman, orang tua, saudara, teman kerja, dan sebagainya.

Momen Hari Valentine pun identik dengan bertukar hadiah, mengirimkan kartu ucapan Happy Valentine's Day, memberi cokelat atau bunga.

Beragam pernak-pernik berbentuk hati dengan warna merah dan pink juga terlihat mendominasi. Namun, ciri khas Hari Valentine ternyata bukan cuman seputar itu saja!

Di beberapa negara, mereka mempunyai tradisi-tradisi unik selama perayaan Hari Valentine. Penasaran?

Berikut ini 12 negara yang memiliki tradisi unik perayaan Hari Valentine, dilansir dari Today, Senin (13/2/2023):

1. Republik Ceko

Hari Valentine semakin populer selama bertahun-tahun di Republik Ceko, meskipun dirayakan sebagai "Hari Cinta" pada 1 Mei, bukan 14 Februari.

Sudah menjadi tradisi bagi pasangan untuk mengunjungi patung penyair Ceko Karel Hynek Macha yang lokasinya disekitari oleh hutan pohon ceri.

Seakan perayaan puisi ini kurang romantis, terkadang sepasang kekasih berciuman di bawah dahan pohon sakura untuk mendapatkan keberuntungan.

2. Denmark

Pasangan bukan satu-satunya yang ikut serta dalam perayaan Hari Valentine di Denmark dan Norwegia.

Teman dan keluarga bertukar "kartu kekasih", yang beisu luapan perasaan menyentuh hingga lucu.

Beberapa bahkan mungkin mengirim surat lelucon tanpa nama, tanda tangannya hanya ditulis menggunakan titik (gaekkebrev). Surat itu menampilkan potongan kertas yang rumit dan puisi atau pesan pendek.

Jika penerima, gaekkebrev mampu menebak identitas pengirimnya, si pengirim berhutang telur saat Hari Paskah. Begitu juga sebaliknya, jika tebakannya salah, mereka harus memberikan telur Paskah kepada pengirimnya. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Inggris

Ada berbagai cara untuk merayakan Hari Valentine di Inggris, tetapi salah satu cara yang paling populer adalah dengan terhibur oleh suara merdu nyanyian anak-anak.

Pada gilirannya, penyanyi kecil mendapatkan permen, buah, atau uang.

Beberapa bahkan mungkin memperdagangkan roti Valentine, juga dikenal sebagai plum shuttles, yang dipanggang dengan kismis, prem, atau biji jintan untuk memperingati panen yang melimpah.

4. Prancis

Prancis, terutama ibu kotanya Paris, telah lama dianggap sebagai salah satu tujuan paling romantis di planet ini, terlepas dari hari apa tahun itu.

Namun, ketika 14 Februari tiba, banyak sepasang kekasih bertukar surat atau kartu dan memberikan hadiah, seperti yang mereka lakukan pada umumnya di Amerika Serikat (AS).

5. Jerman

Apabila kamu sudah muak dengan pernak-pernik berbentuk hati di Hari Valentine, dapatkan inspirasi dari Jerman yang bertukar kado berbentuk babi.

Rupanya babi adalah simbol cinta dan nafsu, sehingga tidak jarang memberi dan menerima patung babi, boneka binatang, dan lainnya.

Bunga dan cokelat juga dibagikan, serta kue jahe yang menampilkan ungkapan cinta dalam icing (lapisan gula).

6. Meksiko

Kamu tidak harus berada dalam hubungan romantis untuk menikmati festival cinta Hari Valentine di Meksiko.

Sebab, 14 Februari adalah El Día del Amor y Amistad, yang diterjemahkan menjadi "Hari Cinta dan Persahabatan," setiap orang terlepas dari status hubungan mereka dapat merayakannya dengan bunga, kartu, boneka binatang, dan banyak lagi.

3 dari 4 halaman

7. Filipina

Pemerintah di Filipina mengizinkan dan menyelenggarakan upacara pernikahan besar-besaran secara massal untuk para ratusan pasangan yang ingin menikah menjelang atau saat Hari Valentine.

8. Jepang

Cokelat adalah cara untuk merayakan Hari Valentine di Jepang.

Di Jepang pula, mereka mempunyai jenis-jenis cokelat yang dibagikan secara khusus untuk orang-orang tersayang.

Bila seseorang benar-benar menyukai kamu, kamu akan mendapatkan honmei choco (cokelat cinta sejati).

Namun, jika kamu adalah teman atau saudara, kamu akan menikmati giri choco (cokelat wajib).

9. Afrika Selatan

Kamu tidak akan menemukan banyak pengagum rahasia pada Hari Valentine di Afrika Selatan, yang sebenarnya dirayakan pada 15 Februari untuk menghormati festival Romawi Lupercalia.

Sebab, beberapa perempuan benar-benar akan memakai lambang hati di lengan baju mereka, atau lebih tepatnya mereka akan menulis nama orang yang mereka sayang di secarik kertas dan menyematkannya ke lengan baju mereka.

Namun, mereka juga kerap menghujani orang tersayang dengan bunga atau hadiah kecil.

4 dari 4 halaman

10. Korea Selatan

Bunga dan hadiah berlimpah di Korea Selatan, begitu juga cokelat.

Untuk Hari Valentine, perempuan menghadiahkan cokelat kepada pria yang mereka suka. Kemudian, para pria akan menanggapi balik sebulan kemudian di White Day atau Hari Putih.

Namun, para lajang juga ada hari khususnya yakni pada 14 April. Ini dikenal sebagai Black Day atau Hari Hitam, ketika orang-orang yang tidak berpasangan merenungkan status lajang mereka dengan semangkuk jajangmyeon (mi dalam saus kacang hitam).

11. Taiwan

Mengatakan bahwa orang Taiwan menyukai bunga sebagai tanda cinta adalah pernyataan yang meremehkan.

Pria akan memberikan karangan bunga besar untuk kekasih mereka pada 14 Februari dan lagi pada 7 Juli.

Jika kamu berada di Taiwan dan menerima karangan bunga tepatnya 108 mawar, seseorang meminta kamu untuk menikahi mereka.

12. Italia

Orang Italia merayakan La Festa Degli Innamorati untuk memperingati Juno, Dewi Wanita dan Pernikahan.

Tradisi sekolah lama mengatakan bahwa pria pertama yang dilihat seorang perempuan lajang pada 14 Februari akan menjadi suaminya.

Kemudian, hal yang umum untuk menghadiahkan pasangan romantis dengan cokelat Perugina Baci, permen cokelat lezat dengan bagian tengah hazelnut atau ceri manis yang dibungkus oleh pembungkus yang menampilkan sentimen puitis.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.