Sukses

4 Tips Agar Rumah Tetap Aman Saat Cuaca Ekstrem

Pada situasi ini, cuaca ekstrem harus disiasati dengan persiapan agar rumah kita tetap aman.

Liputan6.com, Jakarta - Tiga bibit siklon tropis terdeteksi oleh Badan Meteorologi Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) di sekitar wilayah Indonesia. Laporan ini kemudian berpotensi menyebabkan cuaca ekstrem di sejumlah daerah dari 6 hingga 12 Februari 2023.

Cuaca esktrem bisa menyebabkan banyak kerugian, baik secara materil dan imateril. Selain itu, cuaca ekstrem dapat memicu terjadinya bencana hidrometeorologi.

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengatakan, bibit-bibit siklon tropis dideteksi di Samudra Hindia. Ada tiga bibit sklon tropis yakni 94S, 95S, dan 97S, masing-masing terdeteksi di Samudra Hindia dengan titik berbeda.

"Kemunculan tiga bibit siklon tropis ini mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan, kecepatan angin, dan ketinggian gelombang laut di sekitar wilayah siklon tropis," ungkap Dwikorita dalam konferensi pers di Jakarta, Minggu 5 Februari 2023.

Pada situasi ini, cuaca ekstrem harus disiasati dengan persiapan agar rumah kita tetap aman. Dikutip dari laman New York Times, Senin (6/2/2023), berikut 4 tips agar rumah aman saat cuaca buruk:

1. Pastikan Pasokan Energi Ekstra Jika Terjadi Pemadaman Listrik

Siapkan senter, baterai ekstra, dan selimut ekstra, obat ekstra, persediaan P3K, dan alat pemadam api, menurut National Oceanic and Atmospheric Administration, sebuah badan pemerintah AS.

Selain itu, persediaan makanan yang tidak mudah busuk, seperti sereal kering, kacang-kacangan, dan protein batangan. Layanan Cuaca Nasional merekomendasikan setidaknya satu galon air per orang sehari selama tiga hari.

2. Andalkan Generator

Jika listrik padam, dan Anda bisa mengandalkan generator, pastikan untuk menggunakannya hanya di luar ruangan, berjarak lebih dari 20 kaki dari rumah Anda.

Sangat penting untuk memiliki monitor karbon monoksida yang berfungsi di setiap lantai rumah.

Jangan panaskan rumah Anda dengan kompor, oven, atau alat pembakar arang. Jangan pernah menjalankan mesin mobil dengan pintu garasi tertutup.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Pastikan Pipa Air Tidak Tersumbat

Lindungi pipa rumah Anda, sebuah inisiatif yang didanai oleh utilitas air dan air limbah di Washington, D.C., Maryland, dan Virginia, yang merekomendasikan untuk memastikan termostat Anda disetel ke 55 derajat Fahrenheit atau lebih tinggi selama cuaca dingin.

Jika dalam kondisi tertentu dan pipa tersumbat, maka pastikan itu tidak akan terjadi sebelumnya.

4. Lindungi Hewan Peliharaan

Dalam cuaca yang sangat dingin, jaga agar hewan peliharaan tetap hangat, kering, dan di dalam ruangan jika memungkinkan, dan pastikan mereka minum banyak air.

Pasalnya, dehidrasi bisa menimbulkan risiko tambahan di musim dingin. Saat Anda pergi ke luar, pastikan untuk memakai sarung tangan, yang lebih hangat dari sarung tangan, dan topi menurut Layanan Cuaca.

3 dari 3 halaman

Cara Membuka Fitur Cuaca di 4 Merek Handphone

Jika ingin mendapatkan cara praktis, maka kita bisa membuka ponsel dan melihat perkiraan cuaca. Namun, tiap ponsel punya cara berbeda-beda. Berikut selengkapnya, dikutip dari sumber berbeda, Senin (6/2/2023):

Iphone:

 

Jika Anda ingin fitur Cuaca Iphone Anda selalu memiliki status cuaca terkini di mana pun Anda berada, Anda harus mengaktifkan Layanan Lokasi:

  • Buka Pengaturan dan ketuk privasi.
  • Pilih layanan lokasi dan alihkan layanan lokasi ke aktif.
  • Ini memungkinkan iPhone Anda mengetahui di mana Anda berada saat ini.
  • Anda dapat memilih aplikasi mana yang dapat mengakses lokasi.
  • Anda juga harus memberikan akses aplikasi Cuaca.
  • Ketuk ikon aplikasi cuaca.
  • Lalu ketuk kata (always). Ini akan memungkinkan layanan lokasi untuk selalu aktif pada Cuaca, bahkan saat Anda tidak menggunakan aplikasi.
  • Jika Anda memilih pilihan While Using atau hanya saat menggunakan fitur, maka aplikasi Cuaca akan aktif saat Anda membuka aplikasi.
  • Jika Anda memilih Never atau jangan pernah, aplikasi Cuaca hanya akan menampilkan cuaca untuk lokasi yang telah Anda tambahkan ke aplikasi. Jika Anda ingin melihat cuaca di lokasi Anda saat ini, Anda harus menambahkannya. 

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.