Sukses

Guinness World Records Nobatkan Bobi Sebagai Anjing Tertua di Dunia

Per 1 Februari, Bobi berusia 30 tahun 226 hari, dan dikatakan baik-baik saja untuk usianya.

Liputan6.com, Lisbon - Seekor anjing Portugis berusia 30 tahun dinobatkan sebagai yang tertua di dunia oleh Guinness World Records. Bobi adalah ras Rafeiro do Alentejo - ras yang memiliki harapan hidup rata-rata 12 hingga 14 tahun.

Anjing tertua sebelumnya adalah Bluey Australia, yang mati pada tahun 1939 pada usia 29 tahun dan lima bulan.

Per 1 Februari, Bobi berusia 30 tahun 226 hari, dan dikatakan baik-baik saja untuk usianya.

Menurut Guinness World Records, usia tuanya telah divalidasi oleh database hewan peliharaan pemerintah Portugal, yang dikelola oleh Persatuan Dokter Hewan Nasional. Demikian seperti dikutip dari BBC, Sabtu (4/2/2023).

Dia telah menjalani seluruh hidupnya dengan keluarga Costa di Desa Conqueiros, dekat pantai barat Portugal, setelah lahir dengan tiga saudara kandung.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tidak Pilih-Pilih Makan

Leonel Costa, yang saat itu berusia delapan tahun, mengatakan bahwa orang tuanya memiliki terlalu banyak hewan dan harus merelakan beberapa anak anjing, tetapi Bobi melarikan diri.

Leonel dan saudara laki-lakinya merahasiakan keberadaan anjing itu dari orang tua mereka sampai dia akhirnya ditemukan dan menjadi bagian dari keluarga, yang memberinya makanan yang sama dengan yang mereka makan.

"Antara sekaleng makanan hewan atau sepotong daging, Bobi tidak ragu dan memilih makanan kami," kata Costa, yang selalu merendam makanan dalam air untuk menghilangkan sebagian besar bumbu.

Terlepas dari ketakutan pada tahun 2018 ketika dia dirawat di rumah sakit setelah tiba-tiba pingsan karena kesulitan bernapas, Costa mengatakan Bobi telah menikmati kehidupan yang relatif bebas masalah dan percaya bahwa rahasia umur panjangnya adalah "lingkungan yang tenang dan damai" tempat dia tinggal.

Umur panjang boleh jadi juga memang ada dalam darah Bobi, mengingat ibunya hidup sampai usia 18 tahun.

Namun, tidak dipungkiri bahwa faktor usia memengaruhi fisik Bobi. Kini, Bobi kesulitan berjalan dan penglihatannya memburuk.

Penobatan Bobi sebagai anjing tertua terjadi hanya dua minggu setelah Guinness World Records menamai anjing lain, Spike the Chihuahua, sebagai anjing tertua yang masih hidup - pada usia 23 tahun.

Guinness sejak itu memperbarui catatannya, mengumumkan Bobi sebagai anjing tertua yang masih hidup dan anjing tertua yang pernah ada.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.