Sukses

Mumi Tertua Sedunia Berusia 4.300 Tahun Ditemukan di Mesir, Berlapis Emas

Mumi tertua di dunia telah ditemukan di Mesir dalam kondisi nyaris lengkap dan berusia 4.300 tahun.

Liputan6.com, Kairo - Arkeolog Mesir telah menemukan sebuah makam Firaun di dekat ibu kota, Kairo, yang berisi mumi tertua dan "terlengkap" yang belum pernah ditemukan di negara tersebut.

Dilansir Al Jazeera, Selasa (31/1/2023), mumi berusia 4.300 tahun itu ditemukan di dasar lubang sepanjang 15 meter (49 kaki) dari sekelompok makam yang baru ditemukan. 

"Temuan tersebut berasal dari Dinasti Kelima dan Keenam Kerajaan Lama di dekat Piramida Bertingkat di Saqqara," ujar direktur tim, Zahi Hawass.

Mumi yang disebut sebagai seorang pria bernama Hekashepes, dengan "penutup lapisan emas" dan berada di sarkofagus batu kapur yang telah disegel dalam mortar.

“Saya memasukkan kepala saya ke dalam untuk melihat apa yang ada di dalam sarkofagus: mumi cantik dari seorang pria yang seluruhnya tertutup lapisan emas,” kata Hawass. 

“Mumi ini mungkin merupakan mumi tertua dan terlengkap yang ditemukan di Mesir hingga saat ini.”

Di antara makam lain yang ditemukan adalah milik Khnumdjedef, seorang inspektur pejabat, pengawas bangsawan dan pendeta pada masa pemerintahan Unas, firaun terakhir dari Dinasti Kelima.

menampilkan "penutup daun emas" dan berada di sarkofagus batu kapur yang telah disegel dalam mortar. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Temuan Makam Lain

Makam lain yang ditemukan adalah milik Meri, yang merupakan "penjaga rahasia dan asisten pemimpin besar istana".

Gelar pendeta "penjaga rahasia" dipegang oleh seorang pejabat istana senior yang memberikan kekuasaan dan wewenang untuk melakukan ritual keagamaan khusus.

Sementara makam ketiga milik seorang pendeta di kompleks piramida Firaun Pepi I, dan yang keempat milik seorang hakim dan penulis bernama Fetek.

3 dari 3 halaman

Temuan Patung Terbesar

Temuan Makam Fetek termasuk koleksi "patung terbesar" yang pernah ditemukan di daerah itu, kata Mostafa Waziri, kepala Dewan Purbakala Mesir.

Banyak patung ditemukan di antara makam, termasuk satu yang mewakili seorang pria dan istrinya serta beberapa pelayan.

Situs pemakaman yang luas di ibu kota Mesir kuno, Memphis, Situs Warisan Dunia UNESCO, adalah rumah bagi lebih dari selusin piramida, kuburan hewan, dan biara-biara Kristen Koptik kuno.

Dalam pengumuman terpisah awal pekan ini, sekelompok ilmuwan dari Universitas Kairo mengungkapkan detail yang sebelumnya tidak diketahui tentang mumi remaja laki-laki yang berasal dari sekitar 300 SM.

Dengan menggunakan CT scan, tim ilmuwan memberi penerangan baru pada status sosial tinggi anak laki-laki tersebut dengan menegaskan detail rumit dari jimat yang dimasukkan ke dalam tubuh mumi dan jenis penguburan yang diterimanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.