Sukses

Sekutu Jacinda Ardern hingga Arsitek Penanganan COVID-19, Begini Profil Calon PM Selandia Baru Chris Hipkins

Chris Hipkins akan memimpin Partai Buruh dan menjadi perdana menteri ke-41 Selandia Baru.

Liputan6.com, Wellington - Chris Hipkins telah dinominasikan oleh kaukus Partai Buruh untuk menggantikan Jacinda Ardern sebagai Perdana Menteri Selandia Baru. Keduanya adalah sekutu dekat.

Kaukus Partai Buruh akan secara resmi mendukung pemilihannya pada Minggu (22/1). Jika itu berjalan lancar maka Hipkins akan memimpin Partai Buruh dan kemudian menjadi perdana menteri ke-41 Selandia Baru pada 7 Februari.

"Memegang jabatan perdana menteri akan menjadi tanggung jawab dan keistimewaan terbesar dalam hidup saya," ungkap Hipkins pada Sabtu (21/1/2023), seperti dilansir The Guardian.

Hipkins, yang berusia 44 tahun, menempuh pendidikan politik dan kriminologi di Victoria University of Wellington dan sempat menjadi presiden mahasiswa pada tahun 2000 dan 2001.

Pada September 1997, sebagai mahasiswa tahun pertama, Hipkins menjadi salah satu dari sejumlah mahasiswa yang ditangkap saat memprotes sebuah RUU di parlemen. Namun, 10 tahun kemudian muncul permintaan maaf dan ganti rugi atas penangkapan itu setelah hakim memutuskan unjuk rasa berlangsung damai, beda dengan klaim polisi.

Sebelum terjun ke politik, ia sempat bekerja sebagai penasihat kebijakan untuk Industry Training Federation, training manager untuk Todd Energy di Taranaki, serta penasihat anggota parlemen Trevor Mallard dan Helen Clark.

Pada tahun 2008 hingga saat ini, Hipkins terpilih sebagai anggota parlemen mewakili Rimutaka.

Jabatan pertama Hipkins di pemerintahan adalah sebagai menteri kesehatan, yaitu pada 2 Juli 2020-6 November 2020. Segera setelahnya, ia ditunjuk sebagai menteri penanganan COVID-19, jabatan yang diembannya hingga Juni 2022.

Karier Hipkins di pemerintahan terus berlanjut, pada Juni 2022, ia ditunjuk sebagai menteri kepolisian kemudian ia juga memegang jabatan menteri untuk urusan layanan publik dan menteri pendidikan hingga hari ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Arsitek Penanganan Pandemi COVID-19

Hipkins dilabeli sebagai arsitek penanganan COVID-19, di mana ia muncul secara reguler dalam konferensi pers harian bersama dengan Jacinda. Untuk isu ini ia dinilai berhasil.

"Kita tercatat sebagai salah satu negara dengan tingkat kematian terendah akibat COVID-19 di dunia dan kita memberlakukan lockdown paling sedikit dibanding negara-negara lain... Itu adalah rekam jejak yang menurut saya harus dibanggakan oleh rakyat Selandia baru," kata dia pada Sabtu seperti dikutip dari The Guardian.

"Ya, ada minoritas vokal yang ingin menulis ulang sejarah, tapi menurut saya Selandia Baru sebagai negara harus bangga dengan apa yang telah kita capai melalui COVID-19," imbuhnya.

3 dari 3 halaman

Bertolak Belakang dari Jacinda

Setelah pemilihan pengganti Jacinda berjalan mulus maka "pekerjaan rumah" berikutnya, terutama bagi Hipkins adalah mendongkrak kembali popularitas Partai Buruh yang merosot selama berbulan-bulan terakhir. Periode pandemi tekanan tinggi, penampilan di muka media yang konstan, dan pengawasan publik yang intens dinilai bakal banyak membantu Hipkins menjalankan perannya kelak sebagai perdana menteri.

Hipkins, yang punya nama panggilan Chippy, dikenal sebagai sosok humoris, sarkastik, dan rendah hati. Ketiganya disebut sebagai atribut yang cenderung disukai warga Selandia Baru.

Ketika diminta oleh wartawan untuk memperkenalkan dirinya secara resmi, Hipkins mengatakan, "Mungkin saya paling tidak punya selera fesyen di parlemen - merujuk pada wawancaranya di televisi pada Kamis di mana ia tampil mengenakan topi baseball, hodie, dan kacamata."

Secara kepribadian, Hipkins digambarkan sangat berbeda dengan Jacinda. Bila Jacinda cenderung menghindari gulat politik dan tampil dengan "politik kebaikan" dan "kepositifan tanpa henti" maka Hipkins disebut sosok yang "kejam", terutama di ruang debat.

"Saya anak laki-laki dari Hutt Valley - wilayah di luar Wellinton dengan tingkat kemiskinan lebih tinggi. Orang tua saya berangkat dari kesederhanaan dan bekerja sangat keras untuk memberikan kehidupan yang baik bagi saya dan saudara saya. Komitmen dan politik saya adalah untuk memastikan bahwa kita memberikan kesempatan bagi semua orang yang ingin bekerja keras untuk dapat bekerja keras dan maju serta memberikan kehidupan yang lebih baik bagi diri dan keluarga mereka," tegas Hipkins.

Hipkins telah menikah dengan Jade sejak tahun 2020 dan dikaruniai dua orang anak. Ketika berterima kasih kepada keluarga dan timnya atas dukungan mereka, ia mengatakan merasa sangat terhormat untuk bisa menduduki kursi perdana menteri.

"Ini adalah hari besar bagi seorang anak laki-laki dari Hutt," imbuhnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.